Tiba-tiba saja saya ingin sekali makan bakwan atau dikenal juga dengan nama bala-bala. Setelah mengecek isi kulkas dan ehem…meng-sms mama, akhirnya dimulailah eksperimen kuliner saya berikutnya :D . Hasilnya? Aromanya sangat mengundang selera menimpuki makan dan bentuknya juga cukup berantakan manis terlihat. Apa saja bahan-bahannya? Ini dia…

Bahan-bahan:

250 gr tepung terigu

3 lembar daun kol iris tipis

1 wortel iris tipis

2 batang daun bawang iris tipis

1 butir telur

Air secukupnya

4 siung bawang putih tumbuk halus

Garam dan merica secukupnya

Minyak untuk menggoreng

Cara membuat:

1. Campur tepung terigu dengan tumbukan bawang putih, garam dan merica

2. Masukkan telur, aduk perlahan

3. Masukkan air sedikit demi sedikit

4. Masukkan irisan kol, wortel dan daun bawang

5. Jika dirasa cukup kekentalannya, adonan siap digoreng

6. Gunakan api kecil agar matang sampai ketengah

7. Bakwan siap dihidangkan dan disantap untuk berbuka

Saat tulisan ini diposting, saya hanya bisa mencium aroma gurih bakwan ini karena bedug maghrib belum lagi berbunyi :mrgreen: jadi saya duduk manis di dapur, mengetik postingan ini sambil menunggu waktu berbuka. Selamat mencoba resep ini :D

Update:

Saya sudah berbuka dan rasa bakwan ini enakkkkkkkkkkkkkkkk!!!!!!!!!!!!!!! :mrgreen: ayo tebak saya habis berapa potong?

About these ads

About 1nd1r4

Kuhabiskan masa kecil hingga dewasa di Bali, the Island of Paradise....hidup dengan mengikuti alir yang ditentukan yang Maha Kuasa...what I want is just TO BE HAPPY!

29 responses »

  1. hedi says:

    dari bentuknya enak banget, wah… tanya mama lagi ? mau dong bala-balanya ….. di abisin sendiri ? tau aja kesukaan saya :smile:

    –> emang enakkkkk… :D

  2. pinky says:

    wuaahhhh jadi pengen nyomottttttt :D

    –> silahkan dicomot gratisssssssssss :D

  3. trendy says:

    sepertinya resep kita sama tuh!
    tapi saya yakin buatan saya lebih enak!
    wkeekkeekekek!

    –> enakan ini yeeeeeeeeeee *ga mau kalah mode ON*

  4. mikekono says:

    melihat wajah si bakwan yg seger itu
    jadi tak sabar menunggu waktu
    berbuka puasa……..

    –> kalau dah buka comot aja bang…hehehe :mrgreen:

  5. Dino says:

    Saya paling suka kalo dibikinin bakwan sama istri untuk menu buka..

    –> buatan istri memang paling enak yah :) semoga suami saya nanti juga suka bakwan, karena saya demen banget ma makanan yg satu ini *berdoa biar dapet suami yg demen bakwan juga* amien :D

  6. Eru says:

    Di bali gag ada yang juwal bala-bala *sob*

    adanya tahu goreng >_<

    –> ada ruuuu!!!! aduh dirimu klo jalan2 kemana aja sih. Di renon banyak penjual gorengan bala2, kalau ga mampir aja kerumah…bala2 buatan mamaku uenakkkkkkk :)

  7. mastal says:

    wah ueeennnnaaakkk banget tuh bala bala nya … jadi pengen …. sambil ditemenin ama teh hangat

    –> masih banyak kok, ambil aja mas :D

  8. someone says:

    alhamdulilah akhirnya gadisku ini belajar masak, hari ini blog tentang masakan ? * semoga doa nya terkabul , karena aku suka banget bakwan * amien ….. , met menikmati dan selamat berbuka puasa HONEY

    –> ngaku2 yaaaa suka bakwan biar jadi suamiku..hehehehe :mrgreen:

  9. FaNZ says:

    Cie cie
    Siapakah someone di atas?
    Saya suka bakwan n goreng2an kek gt
    Tp g brarti saya blg gt spya mbak jadi istri saya
    Nyahahaha
    :dijitak:

    –> ah Fanz mau tau aje….hehehe…walaupun aq suka brownies, but u r too young to be my hubby :D

  10. utami says:

    Aku tahuu…aku tahuuu… Para pemirsaaa… saya tahu berapa banyak bakwan yang disikat oleh iin waktu buka puasa tadiiii!!!

    –> AMIIIIIIIIIIIIIII!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!! penghuni North road dilarang berpartisipasi menjawab! :evil:

  11. wah, menu yang bikin selera makan saya jadi berlipat-lipat, mbak indira. saya kok ndak nolak seandainya dikirim bala2nya, haks.

  12. emfajar says:

    jadi pengen nyobain nih buat sahur :D

    –> mari..mari…dicoba…masih banyak silahkan dicomot….

  13. yulism says:

    Mbak Indira terimakasih untuk inspirasi dan resepnya aku juga mau bikin ah untuk hari ini. thanks and take care

    –> sama2 mbak, selamat mencoba. Jangan lupa diposting diblog hasilnya :)

  14. sonyssk says:

    Kalau aku ada disitu, tujuh menit habis tuh sepiring. Bukan rakus, masalahnya enak sih…….
    kalau cinta bukan dari makanan datangnya ah, kalau memang dari makanan…… kenama ada juga juru masak (yang masakannya enak-enak) belum kawin juga alias tidak laku…. knapa ya????????????????????????????

    –> wah 7 menit, selamat! mas sudah memecahkan rekorku :mrgreen:

  15. easy says:

    mbak, harumnya terasa sampai kesini..
    attach dong bakwannya via email :D

    –> wah telat, dah abis lies…nanti kalo bikin lagi diattach deh di email :D

  16. hedi says:

    kayanya 7 bala-bala ………. :smile:

    –> huwaaaa…!!!!!! kok…..sedikit amat..wakakaka :lol:

  17. baca says:

    wik… jadi ngences nih …

    –> heheeh…buruan ambil tissue… :D

  18. sadam7 says:

    “….saya makan berapa potong?….”

    Daffa tau Nte Ndira, denger baik-baik yo!…
    waktu gorengan pertama masak dan diangkat, setelah gorengan ronde kedua masuk wajan… Tante “ndira nyoba satu”…, euy..enak ternyata, terus gorengan kedua diangkat – ronde ketiga masuk wajan, … saking enaknya kali ini Tante “nyoba dua”,…ronde ketiga masuk wajan, euy..euy.. makin euynak kian bersemangat, Tante “nyoba lagi tiga”,…. hayooo.. dah berapa??? :mrgreen: huwahaaha…, belon buka ternyata udah nyomot bakwan hihi…, Jangan maraah ya Nte’nDra!… Daffa canda aja kok, kebayang wajah jenakamu waktu bikin bakwan…

    tosss..

    –> kan puasa, ga bisa nyoba pas ngegoreng..jadi cuma cium2 baunya aja :) tapi sesudah bukanya dong….(malu ah nyebut jumlahnya) ….kapan sih nte’ marah ama Daffa :D

  19. Ayam Cinta says:

    Udah lama ga bikin bakwan…
    Ditambahin sambel kacang tambah mantap tuh, yumm…yumm…

    Abis semuanya ma sendiri pastinya :-D

    –> mantapppp!!!!! :D psstttt…jgn keras2 mas….

  20. Ayam Cinta says:

    Hatrick ah
    Tapi ko mbak ya?
    +garuk2 kepala+

    Perasaan avatar ayamnya juga jago dech
    +garuk2 lantai+

    –> udah diedit kok..maaf yah, ayam gimana caranya garuk2 kepala? matuk2 kaki ajah…

  21. si Dion says:

    bakwan atau bala-bala, kalo di jatim jadi ote-ote atau heci :D
    selamat memasaaaaak!!!

    –> wahhhh senangnya ada yg menyebutnya dengan ote-ote atau heci. Aq biasanya menyebutnya dengan nama itu, tapi pada suka ga ngerti….

  22. goncecs says:

    mba’ blog ini kyaknya lebih cocok diberi nama blog kuliner !!
    mak nyuusss resep-resepnya !!

    –> heheh…tumben2 mas masak2, ga sering kok…isi blog ini campur2 :D

  23. wi3nd says:

    Lets me 9uess…hhmmm..mm..umm..paSti dimaKan semuanya alias dihabiskan yakh hehehh…
    bakwan an9et2 paKe rawit wuiii..maNtafff mba apala9i paKe sambel peceL ato kuah soTo wuiicchh..lebih makknyuusssss la9ee…!! huaaa..jaDi pen9eenn………:)

    –> wi3nd jangan membuat imageku terlihat seperti bakul gitu dong….ayo silahkan dicomot sesukanya :D

  24. nh18 says:

    Indira habis berapa potong ? …
    MMmmm … 4 …
    Betulkah ??

    –> aduh om manis sekali dengan menyangkaku makan hanya 4 potong..dikali 2 om :D

  25. Ayam Cinta says:

    Wah sudah diedit? Yah hatur tengkyu ah
    +matuk2 yang bisa dpatuk+

    –> sami2 kang :)

  26. wew…. bala-bala ….. yak :D

    wah klo indi yg makan bisa hbis sepuluh …. :)

    –> cuma 10? :mrgreen:

  27. KAKAK says:

    inget gak “BALA-BALA” atau OTE2 di Tukad Pakerisan …
    hahahahahahhaha …
    belum ‘Nggoreng mbak …wakakakkaa ….

    makin pinter aja … masak …
    bahanya gak ada yang EXPIRED khan?
    hehehhe nanti kalau beli EXP bisa dapat MANGKOK …

    SEMANGAT

    –> hehehe… :D alhamdulillah ga expired, kalau expired pasti ga bakal tandas

  28. pimbem says:

    wah baru tau nih kl bakwan dikasi bawang putih halus… oke deh nanti saya cobain. thanks buat resepnya..
    *duh, bukanya msh sejam lg :lol:

    –> sesuai selera aja mbak :)

  29. Tigis says:

    waduh, kalo yg ini mah makanan mhsiswa. Mau dooonnkkk Iiinnn, paketin ke batam ya :mrgreen:

    –> sampai batam dah ada tambahan jamur deh :D

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s