“Jauh-jauh ke Jogja kok ke bonbin sich, In?” . Hehehe :D , apa sih salahnya ke bonbin? Buat aku kemanapun perginya pasti akan ada cerita yang bisa dibawa pulang, iya nggak?

copy-of-p1010018

Kesan apa yang kutangkap saat tiba di Gembira Loka (GL)? SEPI. Mungkin karena ini bukan hari libur sekolah dan kantor, sehingga pengunjungpun sepi. Tapi yang membuat aku jadi prihatin adalah, sepi pengunjung = sepi pembeli buat para penjuan makanan/minuman dan berbagai souvenir di tempat ini. Dan sepi pembeli = minim atau bahkan tidak ada pemasukan sama sekali…sigh…

Tiket masuk ke GL tidak semahal Bali Zoo Park di Bali, tapi lebih mahal dari Ragunan, yaitu Rp 10,000. Arealnya cukup luas dan rimbun, sayangnya kurang terawat dan kesannya kotor. Daun-daun berserakan, begitu juga sampah makanan kecil. Aku sempat melihat seorang ibu-ibu yang membuang sampah sembarangan, padahal jelas-jelas ada tempat sampah tak jauh darinya…aarrggg!!!! :( . Tak hanya itu, sungai yang mengalir diareal GL ini juga dipenuhi berbagai jenis sampah sehingga merusak keindahan dan membuat tak nyaman yang melihatnya.

copy-of-p1010023

p1010044

Back to GL, apa aja yang bisa kita lihat disini? Ada danau buatan yang cukup besar, lengkap dengan perahu dan sepeda air berbentuk bebek yang disewakan untuk berkeliling danau. Ada pula ruang diorama yang diperuntukkan bagi pendidikan. Koleksi binatangnya standar aja, tapi yang membuat aku sedih adalah kondisi kandang yang kesannya kumuh. Sehingga (ini perasaanku aja loh) binatang yang ada disini kelihatan sedih dan tidak bersemangat. Ada seekor orang utan yang tangannya selalu menjulur keluar sambil melambai-lambai. Sepertinya dia yang hanya sendirian dalam kandang tersebut…kesepiannnnnn sekali :cry: .

p1010027

p1010030

p1010042

p1010048

p10100321

p1010039

p1010041

Ada yang lucu, di depan kandang ular kami melihat sebuah papan peringatan “MOHON TIDAK MASUK” …haloooo…itu kandang ular gitu loh, dikunci pula, dikasi makan siang gratis juga aku ogah masuk. Saat kami mau keluar dipintu putar ada peringatan lagi “PINTU PUTAR, HARAP HATI-HATI” dan dibawah tulisan tersebut terdapat papan bertuliskan “ADUAN LAYANAN” dan no telp tujuan (via sms). Rupanya pintu putar ini sudah memakan banyak korban dan aduan, sehingga penting memberi info tentang layanan aduan :D .

p1010037

p1010050

Perjalanan kami di GL sempat terganggu karena turunnya hujan sehingga binatang juga lebih memilih meringkuk dalam kandang..ya iya la, masak berkeliaran di jalan :mrgreen: .

Ada beberapa hal yang menjadi catatan dalam kunjungan saya kali ini. Pertama adalah masalah kebersihan dan satu hal lagi yang perlu perbaikan dari GL ini adalah tidak tersedianya brosur tentang GL dan juga map/peta area. Padahal ini sangat penting buat pengunjung, apalagi jika guide tidak disediakan. Semoga hal ini bisa jadi pertimbagan pihak pengolola kedepannya.

Sekian laporan perjalanan ke GL, mari kita lanjutkan ke Monumen Jogja Kembali (Monjali).

About 1nd1r4

Kuhabiskan masa kecil hingga dewasa di Bali, the Island of Paradise....hidup dengan mengikuti alir yang ditentukan yang Maha Kuasa...what I want is just TO BE HAPPY!

13 responses »

  1. hedi says:

    ada yg kangen yah…………..
    ampe julurin tangannya :lol:

  2. Myryani says:

    pertamax……….

  3. Myryani says:

    walah…….
    dah ternyata keduaa………… :((

  4. nino says:

    gembira loka kan kotor??hehe…

  5. pengendara says:

    mohon tidak masuk,
    .
    bayar dulu baru masuk

  6. try says:

    welewh! saya kok 7 tahun di jogja gak pernah ke sini ya hahaahh…
    sempet ketemu temen dekat di GL juga ya say? itu tuh yang pake baju coklat kikikikikikihhh…*dipentung iin* :P

  7. nh18 says:

    Kata Almarhum Eyang Kakungku …
    Nama sungai itu adalah …
    “Kali Gajah Wong …”

    Aku pertama kali ke gembira loka … duluuuu sekali tahun 70-an sama eyang kakungku …

    Salam saya

  8. wi3nd says:

    sama ma jeun9 try,maen ke jo9ja nda penah sin99ah ke 9L ahhaha..

  9. Abdee says:

    wahh lama banget gak kesana…. biasanya cuma liat gajah di alun2..

  10. Tigis says:

    nyari2x foto Iin naek sepeda air ga nemu nih :)

    btw, koq tumben In ga foto2xan makanan. Di GL ga ada yg layak difoto yah makanannya

  11. Quez Redlove says:

    pngen ksitu lgi,hehe… pintu putarnya ko bisa memakan korban…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s