p1010052

Terakhir kali berkunjung ke Monumen Jogja Kembali (Monjali) kurang lebih 10-12 tahun yang lalu. Monumen ini terletak di Ring Road Utara, kurang lebih 15 menit perjalanan dari Malioboro. Tiket masuknya Rp 5000 ditambah izin memotret Rp 1000/kamera (kalau dimasukkan tas kameranya, kita ga perlu bayar :D ). Kami (aku dan Sandi) pergi kesana pada hari Senin, padahal menurut jadwal monumen ini buka setiap hari kecuali Senin…aneh… :roll: .

p1010051

Kesan pertama yang kami tangkap dari tempat ini adalah SEPI. Kalau saat pertama kali aku berkunjung ke Monjali, monumen ini tampak sangat megah, kali ini terlihat kusam. Halaman depan monumen berbentuk prisma ini merupakan areal terbuka dengan tiang bendera ditengahnya. Di ujung-ujungnya terdapat tank perang. Memasuki areal dalam tampak pada dinding daftar nama pahlawan yang gugur dalam perang di Jogjakarta. Monumen ini sendiri dikelilingi oleh kolam.

p1010063

p1010065

p1010067

p1010062

p1010068

Di lantai dasar terdapat museum yang menyimpan foto, patung dan barang-barang yang mengingatkan kita pada perjuangan di Jogjakarta. Lantai satu dari monumen ini merupakan ruang diorama dan pada lantai dua terdapat ruangan besar dengan tiang bendera ditengah-tengahnya serta relief berbentuk tangan pada langit-langitnya.

p1010096

p1010097

Lagi-lagi kami tidak menemukan brosur di pintu masuknya, dan tidak ada guide yang bisa memberi penjelasan tentang seluk beluk monumen ini. Meja informasinya hanyalah sebuah meja kayu sederhana dengan tulisan INFORMASI, dan tidak ada penunggunya (emang rumah hantu ada penunggunya :D ). Ada rasa kecewa bahwa pada kunjungan keduaku ke Monjali ternyata alih-alih terjadi peningkatan/pengembangan yang lebih bagus, monumen ini malah mengalami kemunduran. Apakah terbatasnya dana lagi-lagi akan dijadikan alasan kurangnya perawatan terhadap tempat yang sebenarnya bisa menjadi sarana pendidikan ataupun tempat pariwisata in???? Entahlah….

About these ads

About 1nd1r4

Kuhabiskan masa kecil hingga dewasa di Bali, the Island of Paradise....hidup dengan mengikuti alir yang ditentukan yang Maha Kuasa...what I want is just TO BE HAPPY!

39 responses »

  1. jenkna says:

    wah jadi inget pertamakali belajar naik lift pas studitour SD. liftnya macet, jadi sesak nafas. uhgg. oleh-olehnya mana mbak? link aku ya

  2. nino says:

    disana emang lebih rame tempat wisatanya dari pada musium yang kaya akan sejarahnya…

    aku kalo kesana liad sejarahnya lho…hehe… disitu ada tandunya jendral sudirman kan??hehe…

  3. adams says:

    eh sik liburan ta? keknya enak neh jalan terus. Piye2 jogja? dah lama juga gak kesono.

  4. anny says:

    Kapan mau ke Bandung sista?
    Aduh Sista ini handal ya kalo moto, fotonya suka bikin aku serasa ada disitu :)
    Mau jadi fotographer kah In?

  5. mikekono says:

    Yogya memang kota menyimpan
    berbagai peninggalan sejarah
    berkunjung ke Yogya tak
    cuma menyenangkan
    tetapi juga bernilai edukatif
    thanks sista :)

  6. geRrilyawan says:

    berkali-kali ke jokja nggak pernah ke monjali nih…
    nggak tau kenapa kalo disana nggak pernah keinget untuk mampir ke monjali.

  7. cahayadihati says:

    mbak iiiiiinnnn….lama gak ke dunia kecil. Met tahun baru ya mbak…..
    wah…wah..dulu malah denger2 dah gak dibuka lagi Monjali. Yah mungkin karena keterbatasan biaya dan tidak banyak wisatawan jadi tidak ada pemasukan.
    Uhmm…terakhir kesana berapa tahun ya…kira-kira 10 tahun yang lalu juga.
    salam hangat untuk mbak In,

    Cahaya

  8. bonar says:

    wah…jogja memang kota yang tidak pernah membosankan…dulu waktu masih kuliah di malang kalo mau pulang ke bandung saya sering [sengaja] mampir di jogja dulu…menikmati keramahan kota gudeg ini..

    salam,

    bonar
    http://sihotang407.wordpress.com

  9. shalimow says:

    wah asyik nich
    aku jadi pingin juga ke YK lagi

    thanks non, aku numpang baca

    aku undang komentarin blogku ya
    http://www.shalimow.com
    aku tunggu ya

  10. terakhir kali ke yogya………..dah lama banget
    paling sekarang hanya dengar cerita cerita dari sahabatku tentang yoyga OK
    salam hangat selalu
    kangen bu………….

  11. try says:

    wakakakakakakah…gak pernah kesini juga selama tinggal di jogja. Lah, kemana aja kamu selama di jogja, try??? Ke mall! kekekkekekeh….:D
    *jangan lupa jalan2 ke amplaz* :D

  12. ichanx says:

    gw seumur hidup belum pernah ke jogja…. hahaha….. (kok malah bangga ya?)

  13. bocahbancar says:

    Wah abis jalan-jalan seru tuwh..

  14. yande says:

    wuahhh… enak tuh sepi bisa berguling-guling sampe puas ga ada yang ngeliatin, jarang2 loh ada yang guling2 di museum wekeke…

  15. dheminto says:

    bagusan fotonya ya dari pada aslinya.
    sukses dech

  16. nh18 says:

    Lu lu lu lu …

    Ngelayap ke Yogya rupanya ini anak …
    hehhe …

    Salam saya In …

  17. Farrel says:

    weee…dah nyampe njogja nich. Jangan lupa oleh2nya kalo pulang ke Denpasar. Cukup baa sekotak bakpia batok no. 25 aja… :D

  18. Daffa says:

    Apakah terbatasnya dana lagi-lagi akan dijadikan alasan kurangnya perawatan terhadap tempat yang sebenarnya bisa menjadi sarana pendidikan ataupun tempat pariwisata in???? Entahlah….

    >>>>>yaa… iyaaalaahhh…

  19. wi3nd says:

    ind da nyam pe jo9jaaa….:)

    waaa…jalan2 selalu neehh..cenan9na…

    da 2x ke jo9ja belum pernah mampir ke mojali neeh,nti klu kesanah mampir akkhh..,makasii yaa..:)

  20. Astriani says:

    Blog yang keren, boleh saya nimba ilmu, kasih komentar pada blog saya. Terima kasih

  21. Jiwakelana says:

    Sng deh dpt tmbahan informasi ttg Ygya, soalnya aq jauh n lom prnah kesana. Eh kalo masuk 5000 keluarnya berapa ya..? Sandi tu sapa sobat..?

  22. maskoko says:

    12 tahun yg lalu saya kesini…. pengen kesana lagi

  23. nina says:

    waaa…aku juga bis dr jogja niy…kok ngga ketemu ya..?hhehe…!!

  24. hedi says:

    Aku ke ke jogja nga ketemu iin ……. ? padahal lewat di Monjali :smile:

  25. emma says:

    iihh..ngirii..abis jalan-2 yaa..?
    kok ‘ga ajak aku cciiiihh..??

  26. jeung….kangen banget nich blue.hehehe
    ikutan dipostingan blue jangan jadikan marah ke blue ya nantinya……just canda jeung…..I LOVE U
    salam persahabatan penuh kehangatan selalu

  27. jayrima says:

    we kok ngga nyebut beli bakpia…ada ngga bakpia-ku?

  28. Abdee says:

    yahahaha…. saya terakhir kesana hmpir 17 tahun lalu…
    padahal habis itu hampir tiap hari lewat monjali…

    Monjali kalo kata orang Jogja, Monumen Jogja Balik Maning kalo kata orang Banyumas.

  29. dyahsuminar says:

    mbak Indira…kok gak kabari Bunda….
    waaah…kalau tahu mbak Indira ke jogja…Bunda ajak keliling ke tempat 2 indah yang lain…Trimakasih telah menulis tentang Jogja….

  30. Tigis says:

    gue jadi inget cerita2x serem di museum satria mandala yg gue denger pas jaman SD. Ktnya museum itu kalo malem suka keluar yg aneh terutama di ruang yg banyak patung2xnya.

    btw, itu taman ama danaunya kyknya cakep In. Lebih bagus ketimbang yg di GL ya kyknya.

  31. Maria says:

    In, aku terakhir kali ke Monjali ini tahun 2001 loh *wuih udah 8 taun yang lalu*.

  32. z03r4 says:

    kelihatannya tempatnya cukup indah… pengen kesana juga… heheeh :D

  33. keren bro foto2nya…aku deket sih, tapi belum sempet mampir2 ke mojali

  34. hend says:

    aku datang tempat bermain kecil ku…………..aku rindu dirumahmu……… aku akan kesana… gogogogogo

  35. ananda says:

    jogj kembali emang sangat indahhh………….

  36. rhee says:

    eh sebenernya gag “aneh” c,, museum/monumen/sejenisnya dimana-mana emank kalo senin tutup

  37. jajuli says:

    minggu ini aku ke jogja n pengen maen ke tempat ini :) begitu bersejarah..

  38. Quez Redlove says:

    keren abis… lama g ksna lgi…

  39. Erni roshita says:

    Aku perna masuk monumen ini dlu sewaktu liburan sekolah.dn wktu itu aku melihat patung yg sdng masak entah kenapa waktu itu q ketakutan dan teriak karna gelap dan suaranya sangat kencang sekali diruangan itu…takut sekali waktu itu.mungkin wktu itu aku masi kecil.tpi sekarang aku rindu ingin melihatnya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s