14 January 2008

 Kasi susu buat anak sapi

Apa lagi yang lebih menyenangkan selain jalan-jalan gratis di luar negeri. Kali ini sangat beruntung bisa merasakan jalan-jalan gratis di Australia. Kebetulan excursion adalah salah satu program dalam Introductory Academic Program (IAP) di Monash University. Kali ini saya berkesempatan mengunjungi Warrook Farm yang berjarak kurang lebih 50 menit berkendaraan dari Melbourne, sebuah peternakan yang menawarkan banyak kegiatan menarik khas Australia seperti:

  • Sheep shearing

Shearing the sheep

Kita dapat melihat proses pencukuran bulu domba, yang berlangsung sangat cepat. Kalo ada yang berminat dengan pekerjaan ini, gajinya A$ 2 per domba yang dicukur. Lumayan kan kalo bisa mencukur sekitar 200 domba sehari J

  • Cow milking

Memerah susu sapi ternyata gampang gampang sulit. Kalau tidak sabar bisa saja kita kena tendang sapi. Susu yang baru saja diperah ternyata bisa langsung diminum. Saya tidak mencobanya, tapi kata teman-teman yang sempat mencicipi…rasanya gurih dan tidak amis.

  • Working dogs

Working dogs adalah sebutan untuk anjing-anjing yang dilatih untuk menjaga ternak sekaligus menggiring ternak kembali ke kandang. Mereka sangat gesit dan ternyata harga belinya lumayan mahal, ada yang mencapai A$ 2,000 dan didatangkan dari Scotland.

  • Hayrides

Kami dibawa berkeliling peternakan dengan mengendarai truck yang penuh dengan jerami.

  • Billy Tea and Damper

Billy adalah sebutan untuk panic kaleng yang biasanya dibawa para cowboy atau penggembala ternak. Panic ini digunakan untuk merebus air dan memasak makanan. Kami disuguhi pertunjukan membuat the dengan menggunakn Billy. Air tidak tumpah walaupun kaleng itu diputar-putar 360˚ berulang-ulang (sayang the yang disajikan tidak cocok dengan lidah Indonesia saya). Damper adalah sejenis tungku yang digunakan untuk memasak dengan menggunakan Billy.

 

Selain pertunjukan diatas, Warookk Farm juga mempunyai gift shop yang menjual berbagai macam souvenirs dan juga kosmetik hasil racikan dari minyak biri-biri. Pegawai peternakan sangat ramah dan makan siang yang disajikan juga tidak mengecewakan (kentang rebus, ayam dan salad), walaupun sekali lagi perut Indonesia saya tetap menuntut nasi. Terlepas dari belasan lalat yang dengan bahagianya berterbangan di sekitar wajah kita, perjalanan ke Warrook Farm cukup menyenangkan….Jangan lupa membawa topi, sunglasses dan sunscreen kalo mau kemari…puanassssss………..

About 1nd1r4

Kuhabiskan masa kecil hingga dewasa di Bali, the Island of Paradise....hidup dengan mengikuti alir yang ditentukan yang Maha Kuasa...what I want is just TO BE HAPPY!

One response »

  1. GAluH says:

    Kayanya asyik banget dech, klo bsa k sna!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s