Makarel Bumbu Merah

Pagi itu saya pergi ke Springvale market (ini pasar Asia – mostly Vietnamese – yang menyediakan sayur, buah, ikan dan daging segar). Sejak sampai di Aussie saya belum pernah masak ikan sama sekali, jadi saya memutuskan untuk membeli ikan. Karena sebelumnya belum pernah masak ikan, saya mulai dengan ikan yang mini-mini saya…pilihan saya jatuh pada makarel, selain kecil murah pula harganya (A$ 4.99/kg). Satu kilogram dapatnya kurang lebih 28 ekor…banyak yah (saya bagi 2 dengan teman kost, masa seminggu mau makan makarel terus). Secara saya belum pernah masak ikan, bingung juga mau diapain ikan ini, tapi kebayang masakan mama dirumah…biasanya ikan kecil2 dibumbu merah gitu. Sayangnya saya lagi ga punya pulsa, jadi ga bisa sms mama buat Tanya resepnya, akhirnya dengan rasa percaya diri yang ditinggi-tinggikan saya berkreasi sendiri. Ini dia resepnya:

 

Bahan-bahan:

(ini untuk 2 kali masak, sekali masak 7 potong)

7 potong makarel segar (bersihkan isi perut, kalau baru pertama kali membersihkan ikan, ini pengalaman yang menggelikan – geli di tangan maksudnya)

2 buah tomat segar

4 cabe merah (boleh ditambah kalo suka pedas)

2 kemiri (ini kalo saya ga salah inget – kalo ragu ga usah dipake)

Bawang Bombay (kalo mau aroma lebih)

Garam secukupnya

 

Cara membuat:

1.      Goreng ikan (kadar keringnya sesuai selera)

2.      Blender tomat, cabe merah dan kemiri (kalo ga punya blender, selamat mengulek ajah)

3.      Bumbu dimasak trus setelah agak kecoklatan masukkan ikan yang sudah digoreng

4.      Biarkan sampai menyerap trus angkat dech

5.      Siap disantap

 

Silahkan mencoba kalau anda percaya resep saya…heheheh

 

About 1nd1r4

Kuhabiskan masa kecil hingga dewasa di Bali, the Island of Paradise....hidup dengan mengikuti alir yang ditentukan yang Maha Kuasa...what I want is just TO BE HAPPY!

3 responses »

  1. arya says:

    (^_^) v waaaaaaaaaaah…arya mau itu…mau…mau!

  2. 1nd1r4 says:

    Silahkan dicoba bu…semoga bermanfaat…bahan dan lainnya ya dibeli sendiri…wakakakak (^0^)

  3. Yulis says:

    Hallo mbak Indira,
    Apa kabar?? lagi googling tentang resep ikan makarel, eh dibawanya ke dunia kecil… 🙂 sekalian liat resep dan say hai deh jadinya.
    Thansk

Leave a Reply

