Telur Balado

Rasanya bosan kalau punya bahan telur hanya dimasak dadar atau telur mata sapi. Mama sering mengolah dengan bumbu merah, sayangnya saya tidak pernah bertanya apa saja bumbu lengkapnya. Apa yang bisa bikin masakan berwarna merah? (bukan sumba/perwarna tentunya), kalau bukan cabe merah..pastinya tomat. Biar adil saya pake aja dua-duanya….hasilnya lumayan lah…silahkan mencoba…

 

Bahan
3 butir telur
2 buah cabe merah (bisa tambah), tumbuk kasar (bersama bawang putih)
2 siung bawang putih, haluskan
1 buat tomat merah matang, rebus, potong2
garam secukupnya
1/2 sdt gula pasir
50 ml air (kurang lebih ya..soalnya saya pake perasaan)
1 siung bawang merah, iris tipis (saya Cuma pake 1, soalnya ga begitu suka aromanya)
minyak sayur untuk menumis dan menggoreng

Cara membuat

  • Rebus telur, jangan lupa mengupas kulitnya sebelum telur digoreng sampai keriput dan berubah warna (rada kecoklatan gitu)
  • Tumis bawang merah sampe harum (tentu saja bukan wangi parfum), masukkan cabe merah dan bawang putih, dan tomat, aduk sampe berubah warna
  • Tuangi air, garam, dan gula, aduk
  • Masukkan telur, kudu diaduk2 biar bumbu melumuri telur
  • Kapan harus diangkat? Saat bumbu sudah mulai kesat (agak berkurang)
  • Angkat, sajikan hangat

    Tambahan:
    Telur bisa diganti dengan tahu, tempe, telur puyuh, dll, dengan catatan kalo mau pake tempe atau tahu tidak perlu direbus lagi.

About 1nd1r4

Kuhabiskan masa kecil hingga dewasa di Bali, the Island of Paradise....hidup dengan mengikuti alir yang ditentukan yang Maha Kuasa...what I want is just TO BE HAPPY!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s