Melbourne, 31 March 2008

Taken from www.cartoonstock.com

Kalau ada film yang judulnya Me Vs High heel saya punya judul sendiri buat film saya Me Vs Assignments (assignments nya in plural form yah)😉 . Idealnya kalau kuliah di Monash ini ga ada ceritanya mengerjakan assignment dengan System Kebut Semalam (SKS) atau System Kejar Tayang (SKT – ga kalah ama sinetron). Mengapa demikian? Karena semua assignment detail sudah ada di Unit Guide yang bisa kita akses begitu perkuliahan dimulai (atau malah sebelumnya – am I right?). Mulai dari bentuk tugasnya (essay, group presentation, ect), marking criteria ampe due date-nya. Saya selalu menekankan pada murid-murid saya “Plan everything in advanced, so you won’t be overwhelmed in the last minutes” ….tetapi saudara-saudara!…FAKTANYA: Sudah week 5, saya belum menyentuh assignment itu sama sekali. Semalam saya ambil semua bahan yang saya perlukan untuk memulai assignment itu, tapi apa yang terjadi saudara-saudara? Saya ketiduran😉 OMG….si ibu guru tidak bisa menerapkan teorinya sendiri, kumaha ie teh? Kemana aja kemaren-kemaren bu guru? Mmm…let me see…ternyata saya lebih sempat membuat tulisan untuk mengisi blog, mengirim comment untuk friendster atau multiply, upload foto-foto narsis, masak kare daging, bersih-bersih kamar dan kamar mandi, browsing berita di internet, mengerjakan terjemahan yang dikirim editor saya in the last minutes before deadline (kalo yang ini demi mengais rupiah)😉 …tetapi saya tidak sempat mengerjakan observation report yang hanya 2,000 kata (hanya? Hihihi….guaya banget nich). Melintas dalam pikiran saya (sambil berjalan ke dapur untuk mengambil camilan) “Indira, what is your purpose coming to Australia? You can do all those activities in Indonesia, no need to travel across the ocean for that. Focus Indira…focussss!” (that’s my sensible thought)😉 but what’s more powerful is my laziness…so it kicked my sensible though in a second. Pagi ini saya bertekad untuk mengerjakan si assignment, semalam saya sudah merencanakan:

  • Bangun pagi
  • Masak
  • Mandi
  • Kerjakan assignment

FAKTANYA:

  • Bangun jam 6 pagi buat shalat Subuh, sehabis itu tidur lagi
  • Bangun lagi jam 9 😉
  • Mengecek email, dan menemukan ada 7 messages dalam inbox saya yang semuanya dari editor gila saya
  • Memutuskan untuk mengerjakan terjemahan saja
  • Selesai saat jam menunjukkan pukul 12
  • Pergi ke dapur untuk masak kare daging
  • Ga sadar tiba-tiba sudah jam setengah 2
  • Mandi trus shalat Duhur
  • Duduk manis di depan laptop…apakah mulai mengerjakan assignment? Sayangnya saya malah membuat tulisan ini….(sigh…what is in your mind Indira?)

So, what’s the problem here? Self control and self motivation for sure (mantap dech teorinya, sayang tidak semantap itu dalam aplikasinya). Sepertinya masalahnya bukan pada assignmentnya, tapi saya sendiri. Tulisan ini bisa selesai dalam 15 menit, seharusnya saya memotivasi diri sendiri untuk megerjakan assignment dengan semangat yang sama seperti saat saya mengetik tulisan untuk blog. My dear friends…and students…please ga usah ditiru yah…such a bad example. Me Vs Assignments berakhir dengan Indira mem-posting tulisan ini. How about the assignments? Indira tidak akan kalah dengan assignment, sehabis posting tulisan ini saya akan ke dapur untuk membuat roti (ga bisa berpikir kalo perut kosong kan?) kemudian Insya Allah akan mulai mengerjakan assignmentnya (percaya atau tidak…? Please percaya yah). Saya harus memasukkan positive spirit and motivation sebelum ke dapur..eh salah…sebelum mulai mengerjakan assignment…”Chayo Indira! Do your assignment! Go for HD or D (at least), jangan sampai jauh-jauh ke Aussie Cuma pulang bawa transkrip yang isinya PASSED. SEMANGAT!

About 1nd1r4

Kuhabiskan masa kecil hingga dewasa di Bali, the Island of Paradise....hidup dengan mengikuti alir yang ditentukan yang Maha Kuasa...what I want is just TO BE HAPPY!

4 responses »

  1. 1nd1r4 says:

    Setelah posting tulisan ini saya ke dapur, dan ternyata saya memutuskan untuk makan nasi dan kare😉 kayanya roti terlalu ringan untuk membuat otak saya berpikir keras demi mengerjakan si assignment. Alhamdulillah saya berhasil mengerjakan 2 paragraph pendek (lumayan lah for a starter)….CHAYO!

  2. heper70 says:

    Syukurlah kalo udah intropeksi diri….., berpikir keras ato nga makanan tetep jalan bu….. ayo tetap semangat……

  3. Utami says:

    Semangat … SEMANGAT!!! Kuncinya adalah, disiplin, time management dan motivasi yang kuaaattt… (should have talked to myself, though…. Secara assignment gua juga gitu-gitu aja nasibnya…)…
    Supaya tetep semangat ada contoh time managementnya aku.. semmoga bermanfaat..
    http://cerita-dari-ami.blogspot.com/2008/01/time-management.html

  4. 1nd1r4 says:

    My dear Ami… for sure diriku tidak akan mengikuti jadwal ala Ami…secara ga ada bedanya ama apa yg diriku buat…hahahaha….

Leave a Reply

