taken from www.cibike.org

Apa hubungannya udara yang dingin dengan rasa lapar? Jangan bilang hubungannya baik-baik saja😉 . Sebelum dibahas lebih lanjut saya akan menjelaskan kenapa lagi-lagi saya memilih menulis hal yang ga penting ini daripada menyelesaikan observation report saya yang dengan tidak senonohnya due hari selasa minggu depan? Jawabannya karena saya bisa menulis 2,000 kata untuk blog saya dalam waktu less than one hour, sedangkan assignment yang sudah 1 minggu lebih baru dapat 500an kata (pathetic — not quite a strong reason actually).

Lupakan saja sejenak tentang assignment…let’s talk about ‘makan’…my favorite subject😉 . Saya meneliti perubahan pola dan porsi makan seseorang dalam cuaca yang berbeda selama kurang lebih 3 bulan (siapa object penelitiannya? Sepertinya sudah sangat jelas – saya sendiri tentunya — siapa pula yang mau dijadikan object penelitian yang ga penting dan dilakukan oleh orang yang ga ahli dan manfaatnya juga ga jelas). Setiap kali temperature udara rendah, saya selalu mudah menjadi lapar, baru saja sarapan sepiring nasi dengan sop jagung…tidak sampai 2 jam berikutnya saya sudah merasa lapar lagi. I’m wondering why, apakah saya cacingan? Kayanya nggak dech, wong perut datar-datar ajah…lagian ga pernah main tanah..hehehehe. Atau porsi makan saya yang sedikit tapi sering?😉 Kayanya nggak juga tuch, karena porsi makan saya ga sedikit sama sekali (kenapa jadi buka rahasia pribadi yah — buat yang akan menjadi suamiku jangan khawatir, masih normal kok porsinya). Pemikirannya ga mutu banget sich…oke..berpikir sedikit akademis (baca: critical thinking)…mmmm…karena dingin badan kita perlu kehangatan jadi proses pembakaran dalam tubuh jadi lebih cepat dan makanan yang kita makan jadi cepat terbakar dan lapar lagilah jadinya (cukup meyakinkan kah? Sounds academic kan?).

Sepertinya pemikiran saya kurang meyakinkan, mari kita cari informasi yang lebih akurat. Sebelumnya kita perlu tau, apa sebenarnya yang membuat kita bisa merasa lapar. Banyak theory tentang rasa lapar berakar dari komponen biologi. Menurut Cannon dan Washburn (dalam Coon, 1995) kita tau bahwa kita lapar saat merasakan kontraksi pada perut (berarti ibu yang mau melahirkan itu lapar yah? Kan kontraksi mulu).

Ada teori lain yang menyatakan bahwa kita merasa lapar saat kadar gula darah kita rendah. Kadar gula darah sayangnya tidak banyak berubah dalam kondisi normal (dingin kondisi normal ga yah?).

Teori insulin menyatakan bahwa kita akan merasa lapar bila level insulin dalam tubuh kita meningkat secara mendadak.

Ini penting, baca baik-baik yah! Heat – production theory menyatakan bahwa kita merasa lapar saat temperature tubuh kita turun, dan saat meningkat lagi rasa laparnya akan menurun. Nah ini dia jawaban yang saya cari….jadi ga salah kan kalo saya makan lebih banyak saat cuaca dingin (akhirnya ada juga yang bisa saya jadikan pembelaan bahwa saya ga cacingan).

Inilah hubungannya antara cold weather dan feeling hungry. Buat yang badannya kurus atau langsing (just like me) no need to worry kalau sering merasa lapar saat udara dingin, karena ada alasan yang masuk akal untuk itu. Tapi sekarang saya harus melakukan mencari alas an yang baru, karena saat mengerjakan banyak assignment saya juga jadi mudah merasa lapar, buat yang punya pengalaman sama, tunggu saja tulisan saya berikutnya tentang Assignment Vs Feeling Hungry…😉

About 1nd1r4

Kuhabiskan masa kecil hingga dewasa di Bali, the Island of Paradise....hidup dengan mengikuti alir yang ditentukan yang Maha Kuasa...what I want is just TO BE HAPPY!

One response »

  1. Lion_king says:

    teori mah sah…sah aja …, nga dingin jga doyan makan hehehehehehe….. selamat makan aja bu, yang penting sehat

Leave a Reply

