Nose bleeding alias mimisan

Nose bleeding alias mimisan

Menginjakkan kaki pertama kali di Melbourne saat musim panas, tapi percayalah padaku…buat orang yang datang dari daerah seperti Bali summer di Melbourne terasa sangat dingin. Tapi Melbourne terkenal dengan satu hari empat musimnya dan hari kedua aku dihadapkan pada suhu 42˚C. Gimana rasanya? Uuffff…menyesakkan…otw dari kampus ke rumah (jalan kaki) aku harus berjuang dengan udara yang panas dan menyesakkan. Anginnya panas banget dan bikin kita susah bernafas. Aku harus berhenti berkali-kali untuk mengatur nafas dan menenggak air putih. Sampai di rumah tiba-tiba saja aku merasa ada yang mengalir dari hidungku, karena tidak sedang flu aku yakin itu bukan ingus😉 , aku ambil tissue dan menyeka hidungku…ternyata darah…huwaaaaaaaaaaaaaaa…..!!!! Aku panic juga, untung tak seberapa lama berhenti juga aliran darah dari hidungku.

Saat masuk musim dingin kemaren hidungku bleeding lagi, walaupun tak sebanyak yang pertama. Oh…mungkin karena cuaca yang dingin *mode sok tau ON* . Kalau malam sampai dengan 4˚C – 5˚C … siang hari berkisar di angka 10˚C – 16˚C.

Nah, pagi ini hidungku berdarah lagi…jadi was-was😕 , akhirnya browsing cari informasi di internet tentang mimisan atau yang bahasa kerennya epistaksis (kalau salah mohon dikoreksi). Gimana ga was-was, kalau di film-film banyak penyakit serius yang diawali dengan mimisan kan (semoga yang kualami hanya karena dingin atau panas saja).

Mimisan/perdarahan hidung bukan penyakit tapi indikasi adanya gangguan. Bisa terjadi karena perubahan cuaca (panas ke dingin atau sebaliknya), mencium bau/gas yang kuat, kemasukan benda asing (siapa juga yang suka memasukkan benda asing ke hidung, paling banter jari buat ngupil..wakakaka😆 ). Seringnya sich mimisan terjadi pada anak-anak karena

pembuluh darah hidung anak usia ini masih tipis dan peka. Terkena tonjokan sedikit saja atau bermain di bawah terik matahari terlalu lama, pembuluh darah di hidung pecah. Namun jangan salah, mimisan yang terjadi pada bayi (0 – 2 tahun) perlu lebih diwaspadai karena dikhawatirkan terjadi hal-hal lebih seriu”s (www.indomedia.com).

Kalau mimisan berhenti dalam jangka waktu 3-5 menit berarti Cuma gangguan biasa, tapi kalau sapai 1-2 hari buru-buru bawa ke dokter (jangankan 1 – 2 hari, 15 menit darah ga berhenti paling juga dah panic 😯 ).

Mimisan ini juga bisa pertanda penyakit serius seperti: demam berdarah, tekanan darah tinggi, tumor ganas pada rongga hidung atau nasofaring, kanker darah (leukemia), atau kelainan darah hemofilia (tidak memiliki zat pembeku faktor VIII), penyakit kardiovaskuler, dll (www.indomedia.com).

Bagaimana pertolongan awal terhadap mimisan? Kalau saya sich biasanya disumpal pake tissue. Menurut dokter caranya dengan memposisikan diri setengah duduk dan bagian hidung yang keluar darah ditekan barang 1 – 2 menit, kemudian tempelkan es batu pada bagian luar hidung. Ahli THT tidak menyarankan untuk berbaring lurus karena dikhawatirkan darah akan masuk ke dalam.

Semoga saja mimisanku hari ini hanya karena perubahan cuaca…hiks…takut juga😥

Picture: http://www1.istockphoto.com/file_thumbview_approve/501779/2/istockphoto_501779_nose_bleed_vector_injury.jpg

About 1nd1r4

Kuhabiskan masa kecil hingga dewasa di Bali, the Island of Paradise....hidup dengan mengikuti alir yang ditentukan yang Maha Kuasa...what I want is just TO BE HAPPY!

10 responses »

  1. satoetitik says:

    Semoga udah sehat skg ……, semoga karna cuaca aja ya mba ……

    –> alhamdulillah baik2 aja, karena perubahan cuaca aja. Maklum habis berlibur di daerah yang anget…heheheh😀

  2. satoetitik says:

    Mba mo tanya gambar … itu * darah atau apa * ? dari “Hawai” yang anget dan yang penuh pantai ya mba ( meni nga ngajak – ngajak liburan ditempat yg anget )

    –> ingus dikasi sumba…😡 belum mampu kalo liburan ke Hawaii…hehehe…

  3. heper70 says:

    semoga lekas sembuh… jgn mimisan lagi, kta orang tua aku kalo mimisan disumpel daun sirih ( ada nga disana )

    –> makaciii🙂 adanya daun salam ama daun bawang, bukannya berhenti malah lecet idungnya..wakakakak😆

  4. keyno says:

    Sekarang udah baikan, kan? Semangat!! *takeshi castle mode on😀

    –> udah baikan, makasiii semangatnya😀 wah ada juga penggemar takeshi castle…kita satu jaman kayanya..hehehehe

  5. marshmallow says:

    sukur deh udah gak mimisan lagi.
    aku juga pernah mimisan pas dingin.
    tapi ternyata karena ngupil semangat banget.
    huahahaha….
    kalo mimisan sumbat pake tampon aja, in.😆
    *nyleneh*

    –> uni marshmallow jorse…wakaka😆 memang kata dokter sumbat pake tampon kok…kikiki….😀

  6. suhadinet says:

    Saya juga sering mimisan kalau kena cuaca dingin. Atau pas lagi stres, sakit kepala.

    –> kalau sering perlu diperiksakan pak… (kata dokter sich…)

  7. Tigis says:

    42 C ??? busjet, ogah🙂 Dikasi 30 aja uda ngga betah apalagi 42. Tp kalo disuruh milih mendingan 42D sih ketimbang 42C🙂

    hihihi…..

    –> 42D Git? busyet dah gede amat….lho emang ngomongin apa yah…. *jadi malu*

  8. BanNyu says:

    Pinter-pinter jaga kesehatan yah ….

    –> Iya kak *sambil nunduk dengerin nasehat*

  9. BanNyu says:

    Adik saya sudah menikah akhir februari lalu, jadi jarang denger sapaan “kak” lagi ….. hiks.. hiks … jadi sedih nih ….

    –> kalau gitu aq panggil kak yah😀 ayo semangat lagiiii!!!!!! *sambil loncat2..*

  10. Adi eucalyptus band says:

    Aq br aja selesai mimisan, ngocornya cepet bgt.. Lgsg deh Nyokap minta daun sirih tetangga.. 3 menit kemudian dateng nyokap bw daun sirih. Daun ke 1 msh tembus, yg ke 2 jg msh tembus, br daun yg ke 3 mampet dah. Kykna Gara2 sering ngorek hdg, bizna mampet n bnyk upil kering yg ganggu kluar msknya udara..

    –> hahahahaha…..gara2 ngupil toh…😀 semangat 45 kayanya ngupilnya…😆

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s