Minggu lalu saya dan housemates tercinta (i.e. Ami & Mbak Erni) menghadiri acara Kajian Tajwid di Masjid Westall. Nama masjid ini sudah sering saya sebutkan dalam setiap postingan yang berkaitan dengan kegiatan kerohanian saya selama berada di Australia, tapi belum pernah ada ulasan khusus terkait lokasi dan kegiatan yang diadakan disini.

Masjid Westall adalah masjid terdekat kedua dari rumah saya setelah Masjid Beddoe. Hanya saja komunitas Indonesia akan lebih banyak ditemui di Masjid Westall karena masjid ini diprakarsai oleh warga Indonesia yang sudah menjadi Permanent Residence di Melbourne ini. Masjid ini berada dalam naungan IMCV (Indonesian Muslim Community of Victoria) – informasi lebih lanjut tentang IMCV bisa dilihat disini.

Westall hanya berjarak satu stasiun dari Clayton (kurang lebih 3 menit perjalanan). Kalau anda berharap melihat bangunan masjid berkubah nan megah seperti di Indonesia, anda harus bersiap-siap untuk kaget. Tempat yang kami sebut masjid Westall ini adalah sebuah bangunan rumah biasa yang berdiri dibawah menara listrik tegangan tinggi. Buat saya bukan bagaimana megahnya sebuah bangunan masjid, tapi apakah masjid tersebut selalu dipenuhi dengan ibadah umat-Nya. Masjid megah namun tak berpengunjung bukankah sebuah kesia-siaan? Berikut beberapa gambar tampak belakang dan dalam masjid Westall, kesederhanaan dalam balutan nafas religi yang kuat.

Apa saja kegiatan yang diadakan di masjid Westall? Banyak sekali kegiatannya, mulai dari pengajian rutin mingguan, shalat jumat, Idul Adha, Idul Fitri, tahajud dan subuh berjamaah, Tafsir Alquran, wisata rohani, sampai TPA. Berikut ini beberapa foto hasil karya anak-anak yang tergabung dalam TPA Westall.

Kegiatan kajian Tajwid hari ini, diakhiri dengan acara buka puasa bersama. Makanan Indonesia maupun internasional tersedia. Malam ini saya bisa memuaskan kerinduan saya pada sayur asem dan tempe bacem, juga es cendol😀

Apa yang bisa saya ucap selain Subhanallah dan Alhamdulillah untuk segala nikmat Allah di negeri kangguru ini. Jauh dari kerabat dan sahabat di tanah air, tapi diberi sahabat dan kerabat baru sekaligus peningkatan keimanan, semoga Allah selalu meringankan langkah-langkah kami menuju rumah-Nya, amien🙂 .

Mohon maaf jika ada yang tidak berkenan, tapi rasanya belum lengkap tanpa foto si penulis di akhir tulisan😀 . Kali ini thumbnail aja deh biar ga keliatan terlalu narsis…hehehe:mrgreen:

About 1nd1r4

Kuhabiskan masa kecil hingga dewasa di Bali, the Island of Paradise....hidup dengan mengikuti alir yang ditentukan yang Maha Kuasa...what I want is just TO BE HAPPY!

22 responses »

  1. Ta kira itu foto gadis gypsi.. ga taunya Iin.. kurang gede dong, sis..

    –> kecil aja dok, biar pada penasaran…hahahah😆

  2. Dino says:

    Wah saya juga kepikiran posting masjid di Delaware, USA.. Disini juga bentuknya rumah biasa gitu..

    –> ditunggu postingannya mas🙂

  3. hedi says:

    Malah saya kira gadis pejuang palestina, …., semoga semakin meningkat keimanan dan di permudah menuju ke jalan HIDAYAH NYA …. untuk terus mengenakan JILBAB, ok ade iin ..🙂

    –> amien…iya kakak hedi😀

  4. Tigis says:

    nah ini posting yg ditunggu2x, mesjid di ossie🙂 Kyknya asik jg ya bisa shalat di tanah dimana mayoritas justru ga shalat. Eh In, gue pengen banget liat bule shalat. Di sono banyak tak yah…

    –> bule dlm katagorimu itu yg gimana aja? secara gw kan lagi jadi bule disni…hahahah😀 kalo orang pakistan, bangladesh, turki banyak yg shalat. Tapi klo suruh fotoin mereka…ga janji yah, tar gw disangka paparazzi:mrgreen:

  5. insansains says:

    ^_^ hahahaha..
    *ups.. ketawanya kegedean*

    Pas mulai ditunjukin foto-foto mesjid dan kegiatan-kegiatannya, saya berkata dalam hati, tumben si empunya blog gak narsis lagi. Lagi shaum, jadi tobat kali. Eh.. tahunya masih tetep juga.. kakakaka…😀

    –> hehehe….😳 padahal dah dibikin thumbnail loh mas fotonya

  6. try says:

    ck ck ck…beraninya narsis cuma di stasiun aja kekekekeh….

    Di masjid kok gak narsis juga, say? *kabuuurrr lagi*

    –> enak aje, ada jg foto di masjid…tapi memang niat cuma pajang satu ajah… *ngejar try sambil bawain sandalnya yg ketinggalan krn buru2 kabur*:mrgreen:

  7. suhadinet says:

    Kalok cuma 3 menit dari rumah, brarti dekat tu in,… Makin khusuk barangkali ya, kalau jadi minoritas gitu..

    –> bukan 3 menit dari rumah saya pak, tapi dari stasiun Clayton

  8. kamiituaku says:

    Di masjid semua bersujud
    Mengutarakan setiap maksud
    Di masjid kita berjamaah
    Untuk ibadah yang lebih berkah

    Jika ramadhan hampir berlalu
    Shaf sholat semakin maju
    Jika ramadhan berlalu sudah
    Tinggal imam dengan sajadah

  9. yulism says:

    Makan makan lagi makan makan lagi, tapi kok si Indira ngak gemuk ya? makananya lari kemana sist.?… 🙂 Alhamdullilah punya banyak teman yang seperti keluarga sendiri adalah anugrah yang tak ternilai harganya, apalagi jauh dari rumah. thanks

    –> hahaha…jdi ga enak nih, makannya lari ke pikiran mbak..kan buat mikir ama jalan kaki kemana2😉 Iya alhamdulillah banyak sahabat baik disini

  10. fenny says:

    ati2 nanti balik indo jadi ndut😀

    –> fennyyyyyyyyyyyyyyy!!!!! jangan gitu dong, nyumpahin aq ndut yaaa

  11. Catra says:

    sungguh bersahabat mesjid disana, emaang klo sebagai minoritas kita akan selalu solid
    menengok ke dalam negeri, sebagai mayoritas sangat banyak clash antar golongan walau sesama muslim

    eh mbak, bdw takjilannya enak nih😆

    –> Malah harusnya mayoritas semakin kuat ya Cat, kok malah ribut mulu…so sad. Takjilnya alhamdulillah enak Cat

  12. Eru says:

    Gyah di Bali aja.. uda kangen ma macem-macem jajanan apalagi disana yaaa >_<

    –> iya ru, walaupun banyak resto indonesia..tapi tetep rasanya beda

  13. easy says:

    tumben narsisnya ga sampe stadium 4:mrgreen:

    #setuju dengan komen #10

    –> hehehe…jadi malu😳 besok pasang larger size ahhh *loh kok malah nglunjak*

  14. KAKAK says:

    jangan lupa maem ..
    kurusan gitu dek …

    SEMANGAT

    –> SEMANGATDSSS😀

  15. fisha17 says:

    Masjidnya sederhana dan cantik… ooo iku foto jenengan to? lagi ngapain? tapi gak jelas ya?😆

    –> injih mas, iku fotoku…ngenteni kreta mas😀

  16. trendy says:

    jadi pengen sholat di semua masjid yang ada di indonesia!
    dipalembang aja belom semuanya mau di indonesia!
    wekekekeekeek!

    –> safari Ramadhan dong, shalat dari satu masjid ke masjid yang laen😀

  17. ichanx says:

    mesjidnya bagus ya….. foto yang dibawah juga bagus…😀

    –> foto yg paling bawah kannnnnnn????? *mata berkejap2* akhirnya ada juga yg melihat pesona tersembunyi dalam diriku😛

  18. marshmallow says:

    bagus ya in kegiatannya.
    di sini ada gak ya mesjid yang dibangun orang indonesia?
    hmm…
    tanya menu bukaan di mana atau di mana deh, kayaknya aku lebih tau jawabannya.
    ghyaaa…..

    fotonya uhuy! cakep, mirip yang punya blog yah?
    (wakakakak…. pura-pura gak tau itu bukan foto iin)

    –> ada kayanya uni, cuma ga tau dimana😀 hooh emang cakep foto dibawah ama yg punya blog juga ga kalah cakep😀 *narsis mode level akut ON*

  19. wi3nd says:

    ke9iatannya ba9us ju9a,makanannya ituh *sluurrpp….puasa wi3nd!! hehehheheh

    –> hehehe…ngecess dehhhh….😀

  20. Ayam Cinta says:

    Pribahasa ‘jadi santri dinegri orang’ emang bener kali ya?

    Yup yup, menyuburkan masjid adalah dengan menghidupkannya dengan ibadah🙂

    –> yups bener banget bro!

  21. Arif says:

    Habis Lebaran (Okt 2008), saya mau ke Melbourne. Dari Darling Street, South Yarra ke Masjid Westall berapa jauh ?

    –> 20 menitan kayanya, cek aja di viclink.com.au mas

  22. Tigis says:

    hehe mksudnya bule itu org kulit putih In. Kalo org pakistan dan sekitarnya ga termasuk bule deh🙂 Tp asli, gue belon pernah ngeliat org bule (kulit putih) shalat:mrgreen:

    –> gw sering liat, di Indonesia juga banyak. Pakistan ama turki juga kulit putih kok git

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s