12.00 – 15.30 (Perpustakaan Faculty of Education)

Datang ke perpustakaan dengan niat mengembalikan buku yang hari ini overdue, sekaligus mencoba memperpanjang karena sudah dua kali di-renew online, jadi ga bisa lagi. Bing, pria Chinese ramah yang bersuara lantang yang biasanya bertugas disana hari ini tidak kelihatan. Ada pria setengah baya yang menggantikan dan obrolan singkat inipun terjadi:

Iin : Excuse me, I’d like to return these four books, but is it possible to borrow these two again? I need them until Monday only *sambil memasang wajah memelas*

Bapak : Sorry, I’m not the person in charge here, but let’s try

Si bapak mencoba men-scan kartu mahasiswa saya dan buku yang akan saya pinjam lagi dan tidak berhasil.

Bapak : Sorry, it can’t be renewed.

Iin : I’ve renewed them online twice, that’s why it can’t be renewed, how about you mark them as returned first and then scan again

Bapak : Hmmm….smart, but it’s cheating. I think it’ll be fine, you said that you only need them until Monday, right?

Iin : Yes, thanks

I’m wondering…emang itu bisa disebut cheating? itu namanya playing smart, iya kan?:mrgreen:

Tiba-tiba saja ada keinginan untuk berada sedikit lebih lama di perpustakaan, niatnya sich mau baca buku yang baru saja dipinjam. Dalam hati saya menantang diri sendiri “how long can you stay with eyes wide open at the library, Indira?” fufufufu….tough challenge😀 . Nyaman sekali perpustakaan ini, ada sofa empuk, sepi dan hangattttttttt!!!!! Satu lembar…dua lembar…tiga lembar…mata tiba-tiba terasa berat dan tulisan mulai tampak seperti garis yang meliuk-liuk dan semakin saya berusaha focus semakin mengabur huruf-huruf itu. Tak sampai 15 menit, kepala saya sudah mendarat dengan sukarelanya diatas buku dan dengan kompaknya mata saya terpejam.

Huwaaaa…..maafkan sayaaaa!!! tapi atmosphere perpustakaan ini membuat saya teringat dengan kamar tidur saya😦 . Tapi tak bertahan lama, getar telepon genggam saya membuyarkan kebahagiaan ini. Akhirnya saya memutuskan pindah ke lab computer saja.

15.30 – postingan ini dibuat

Kali ini niatnya membaca sekalian menuntaskan tugas annotated bibliography yang due Senin nanti…sigh. Masuk ke dalam lab sudah ada sekelompok cewe-cewe dari China yang duduk berderet menghadap monitor dengan tampilan yang sama pada layar, yaitu “GAME” dan makanan serta minuman berserakan dimeja (padahal dilarang membawa makanan dan minuman ke dalam lab computer). Awalnya saya tidak ambil peduli, tapi mereka main game dengan volume yang tidak dikecilkan dan ngobrolnya itu loh….serasa dirumah sendiri…BERISIKKKKKK!!!! Rupanya konsep bolak balik diliatin atau pandangan tajam ke arah mereka yang berarti “EXCUSE ME, CAN YOU SHUT THE H**L UP!!!!! tidak berlaku buat mereka😡 . Padahal ditelinga saya terpasang iPod, tapi suara cempreng dan berisik mereka masih saja terdengar. Sampai capek leher dan mata saya bolak balik menegok dan memandang tajam, ternyata ga ngaru…perlu berlatih lagi nih…it usually works with my students though.

Kejadian ini mengingatkan saya pada obrolan beberapa hari yang lalu dengan Farah (Indonesian) dan Saori (Japanese). Waktu itu kami bertiga duduk di depan lab computer menunggu dosen datang dan ada enam orang teman sekelas kami yang kebetulan berasal dari China juga sedang menunggu. Mereka ngobrol dengan bahasa China dan volume suaranya ga tanggung-tanggung kencengnya. Tiba-tiba Farah bilang “Where are you Saori?”. Sambil memandang dengan bingung Saori bertanya balik “Where I am from you mean?” . “No, where are you now?” Farah bertanya sambil tersenyum dan melirik ke arah mereka yang ngobrol dalam bahasa China. Dan tawa Saori-pun meledak….”hahahaha…we’re in China”.

Mahasiswa dari China biasanya selalu berkelompok baik dalam kelas maupun di luar kelas. Sudah bukan rahasia kalau mereka akan bela-belain duduk berdesakan asal stay together. Tidak semua sih begini, tapi yang ada di kelas saya rata-rata begini semua. Seperti anak SD, kalau ada temannya yang belum datang, mereka akan menyiapkan tempat duduk dengan meletakkan buku, tas atau jaket dikursi yang masih kosong. Kalaupun dengan terpaksa ada yang terpisah, maka biasanya dia akan menjadi quiet a thousand languages alias diam seribu bahasa…halah istilah ngaco:mrgreen: .

Rupanya mereka bebal dengan body language atau facial expression, padahal saya sudah membalikkan kursi menghadap mereka dengan tampak kesal menunjukkan betapa terganggunya saya dengan tingkah mereka. Apa yang terjadi? tidak ada yang terjadi, mereka tetap bermain dengan berisiknya. Akhirnya? saya diam saja…dan memilih mengeraskan volume lagu di iPod saya dan menulis di blog. Suer awalnya saya mau mengerjakan tugas, tapi gara-gara mereka berisik saya ga bisa konsentrasi, “tapi kok bisa konsentrasi nulis blog?” hmmm…..no comment!😀

gambar ambil disini dan disini

About 1nd1r4

Kuhabiskan masa kecil hingga dewasa di Bali, the Island of Paradise....hidup dengan mengikuti alir yang ditentukan yang Maha Kuasa...what I want is just TO BE HAPPY!

15 responses »

  1. dea says:

    ternyata mba Indira suka tertidur kalo baca buku ?

    ” MINAL AIDIN WAL FAIDIN YA MBA ”

    MOHON MAAF LAHIR BATHIN

    Dea mudik besok ke Jogjakarta, mau dibawakan apa dari sana ? basa basi amat ……

    –> hehehe…kadang2 kok😀
    Sama2 dea, mohon maaf lahir dan batin, met mudik aja. Have a nice and safe trip. Bakpia dunkkkkk!!!!:mrgreen: eh..cuma basa basi yah…hiks😥

  2. hedy says:

    How come ? bisa tertidur di perpustakaan dan getaran hp membuyarkan kebahagian ? bisa aja cari kesalahan … terganggu ama obrolan gadis China, padahal pengen bobo lagi yah… ? makanya buat blog aja ……..🙂 peace ….

    –> biarinnnnnnn….!!!!!!!!!!!!

  3. […] kisah saya ketika masih menjadi mahasiswa di bandung, dan tulisan ini terinspirasi dari postingan MANTAN DOSEN ( gimana anak didiknya yah kalo dosennya tertidur dikampus ) , dimana didalam tulisannya ada […]

  4. Catra says:

    hehehe, bapak nya jujur banget, tipe saya banget mbak…
    bdw, diliatin ngeblog sama temen2 bisa juga ya mengeluarkan ide2 yang ada di kepala?
    saya sih harus mendekam dulu di kamar, baru ide2 itu muncul:mrgreen:

    mohon maaf lahir bathin ya mbak!!!

    –>😥 , Cat sungguh ga nyangka kalau tipemu adalah bapak2. kenapa cat, masih banyak cewe manis diluar sana….

  5. trendy says:

    berhayal mode on!
    enak ya bisa ngobrol pake bahasa linggis kayak gitu!
    wkekeekekekekek!

    –> maunya sih pke bhs Indonesia, tapi bapaknya ga ngerti…ehehehe😀

  6. smartmom says:

    hai, salam kenal… entah kenapa perpustakaan memang tempat yang enak untuk tidur🙂

    Hmm, memang banyak kok orang yang nggak ngeh dengan etika di perpustakaan.

    Mudah2an puasanya lancar sampai hari raya ya…

    –> tumben kok saya tidur di perpus😀 amien, makasi dah mampir tapi url-nya kok dikosongkan? jadi ga bisa kunjungan balik

  7. Utami says:

    See? See? Tuh kaan..tuh kaaannn…? Jadi ga heran kan kenapa aku selalu jatuh tertidur di PG Room di Matheson???

    –> Mi, ga bisa dibandingkan denganmu, yang 5 hari seminggu ngendon di PG room dan 5 kali seminggu pula tidur disana….hahahaha😆

  8. Eru Reed says:

    Sabar… sabar… puasa😀

    –> iya ru, ujian orang puasa neh🙂 sabar…sabar

  9. Tigis says:

    entah kenapa kalo gue koq ga betah ya ada di perpus. Abis ga gitu doyan baca:mrgreen:

    wahaha bener tuh In, ga tau kenapa kyknya kalo keturunan chinese apalagi yg totok punya kebiasaan gitu yah. Dulu wkt gue SMA jg tuh, temen2x sekelas yg chinese aneh banget pada nglompok sendiri. Untung ga semua. Msh ada sebagian kecil yg mau membaur. Ga tau nih komen ada hubungannya apa ngga:mrgreen:

    btw, foto ce bobo nya asik yah. Keliatannya modelnya cakep. Ga tau jg kalo pas nengadah tau2x matanya melotot semua🙂

    –> gw demen bgt baca, dan perpus disini nyaman banget. Gw ga pukul rata soal ini, cuma kebetulan pas kejadian ini ke-6 cewe itu semuanya dari China…yang ga berisik dan mau membaur juga banyak kok🙂

  10. yulism says:

    Emang sih enak kumpul sama teman senegara, sebahasa dan seras. Tapi kalau keterusan kan ga tambah wawasan. Kalau aku sih maunya seimbang. Ada komunitas Indo untuk mengobati kangen kampung halaman, Ada komunitas orang lokal juga biar tambah wawasan dan meningkatkan kemampuan bahasa dan siapa ajah yang penting baik dan ramah. thanks

    –> setuju mbak!

  11. Dino says:

    smart kalo di Indonesia, cheating kalo di Aussie hehe.. *peace*

    –> dukung gw napa din….

  12. Ikkyu_san says:

    hmmm aku sering banget ngalamin dgn mhs from china di sini. Duh…masak pelajaran bahasa Jepang, dalam pelajaran semua pakai bahasa China. Gurunya manyun aja, dan u know lah, guru Jepang mana bisa marah sih. Ya 90% murid di kelas memang mhs China sih…..
    Untung aku tidak wajib ambil kelas bahasa, jadi kalau sebel, tinggalin aja kelasnya hehhehe.
    Jangan harap deh mereka bisa ngedong dengan sindiran kita….
    Serame-ramenya orang Indonesia kalau ditegor atau disindir pasti udah ngerti deh…
    Otsukaresama and gambatte ne…(tanya Saori aja artinya heheh)
    EM

    –> hahaah..mbak bandel nih, masa main tinggalin kelas ajah:mrgreen: . Aq pernah belajar bhs Jepang 4 semester mbak, kalau ga salah artinya good work and semangat! gitu yah? abis ga kepake jadi dah banyak lupa…yg paling hapal aishiteru (愛してる) ajah….hahahah😆

  13. smartmom says:

    ==>tapi url-nya kok dikosongkan? jadi ga bisa kunjungan balik

    Hehehe… kelewatan tuh, kan biasanya otomatis, ternyata saya yang belum sign in. Have a nice day…(masih pagi di sini :D)

    –>🙂 makasiiii…

  14. marshmallow says:

    hahahah!
    ngakak dari awal.
    nyebelin banget ya, in?
    itu stereotype, sih. gak semua kayak mereka.
    buktinya aku gak gitu.

    eh, tapi… tapi… aku memang bukan dari cina.
    aku asli belanda.
    huaaa….

    –> iya, kan aq bilang kalau ga semua gituh, wah baru tau kalo uni orang Belanda, kirain dari Zimbabwe…halah…:mrgreen:

  15. sadam7 says:

    yaaaa….., Daffa pengen tu pustaka Nte’nDra!…, banyak sarana panjat-panjatan yaa…, sejuk lagi…, ampe mimpi teNdra?…. hihihi…,😀 kalo Daffa males tidur siang… ( rugi rasanya ), TIDURSIANG, ga bisa tu!!… apalagi kalo malam, pasti nggak bisa…., ahahahaaaa…

    –> waduh panjat2an, bisa runyam urusannya nanti. nte’ biasanya ga bobo siang kok, tumben aja..suerrr deh🙂

Leave a Reply

