Lebaran sebentar lagi

Berpuasa sekeluarga

Sehari penuh yang sudah besar

Setengah hari yng masih kecil

Alangkah asyik pergi ke masjid

Shalat tarawih bersama-sama

Lebaran sebentar lagi…

Berpuasa dengan gembira

Menahan lapar

Menahan nafsu

Melatih diri sedari kecil

…dst

Ya, lebaran memang sebentar lagi, tak sampai seminggu berakhirlah bulan suci penuh rahmat ini. Apa yang saya rasakan? sedih tentunya, hanya bisa memanjatkan doa semoga Allah masih mengijinkan saya bertemu lagi dengan Ramadhan tahun depan, amien. Saat yang lainnyaa bersiap mudik, menyiapkan kue-kue lebaran atau berbelanja baju untuk lebaran, saya dan dua housemate tersayang menerima selembar surat yang membuat rencana persiapan Lebaran kami sedikit berantakan. Bukan surat cinta, surat hutang atau surat tagihan kreditan panci, melainkan surat dari agen rumah yang isinya seperti di bawah ini:

Lagi-lagi mereka salah mengeja nama saya😦 . General inspection adalah inspeksi rutin yang dilakukan agen rumah setiap 3 atau 6 bulan sekali untuk mengecek kondisi rumah. Momen ini bisa dimanfaatkan juga untuk melaporkan kerusakan yang berkaitan dengan maintenance rumah misalnya door knob yang rusak, pagar roboh, dsb. Anyway, kenapa kami harus merasa repot gara-gara general inspection ini? Bukan karena kami menyembunyikan cowo cakep di dalam rumah, apalagi obat terlarang (ada juga obat mata dan obat alergi Ami), melainkan karena nama tenants yang tercantum dalam kontrak adalah saya dan Ami, sedangkan ada 3 orang yang tinggal dalam rumah ini. Seharusnya unit ini cuma terdiri dari 2 kamar saja, demi menghemat biaya kost, maka lounge room-pun kami sulap menjadi kamar. Jadilah kami harus memindahkan barang-barang mbak Erni yg ada di ruangan itu, karena kalau tidak maka dua mahluk manis bernama Indira dan Ami ini akan kena masalah besarrrrrrr😥 . To be honest, there’s time when we think that “WE NEED A MAN IN THIS HOUSE” , misalnya saat urusan angkat—angkat barang ini😉 . Tapi sekali lagi kami membuktikan bahwa, walaupun imut-imut, tenaga kami tidak bisa diremehkan. Berbekal pengalaman membantu papa mengecat rumah, mengangkat sofa dan perabot menjelang lebaran atau memperbaiki genteng rumah, maka saya tentu saja tetap bersama partner setia Ami dan mbak Erni memulai petualangan “4 HARI MENJELANG INSPEKSI” :mrgreen: . Cerita versi Ami bisa dilihat disini

H minus 4

Hari minggu yang diawali dengan mendung dan angin dingin, tapi semakin cerah dan menghangat siangnya. Dengan semangat 2008 (kalau 45 kesannya jadul banget), kami menuju kebun belakang untuk memulai pekerjaan gardening alias berkebun, lebih spesifik lagi POTONG RUMPUT!😀 . Sehari sebelumnya (setelah tidak berhasil meminjam mower kemana-mana, yang gratisan tentunya), kamipun memutuskan membeli gunting rumput ini:

Beginilah gaya Ami saat memotong rumput. Kecil-kecil brutal jago juga dia memangkas rumput, bisa dipikirkan untuk membuka bisnis gardening service

Dan hasilnya adalah dibawah ini. Sebelumnya bunga merambat itu menjuntai sampai bawah dan rumput juga tumbuh dengan suburnya. Untuk pekerjaan selama tak sampai 1/2 hari, hasil kerja kami cukup memuaskan. Tapi belum bisa berpuas hati dulu, masih ada halaman depan dan kebun kecil dekat garasi…sigh😦 . Potong rumput hari ini diakhiri dengan tidur siang dan tangan yang kejang-kejang dan bahu pegal-pegal….

H minus 3

Hari ini saya absent membersihkan halaman depan karena harus ke kampus untuk mengumpulkan tugas. Tapi Ami dan mbak Erni dengan hebatnya berhasil membersihkan kebun depan. Two thumbs up for my dearest housemates😛 .

H minus 2

Saya dan Ami bangun pagi-pagi dan dengan semangat membabat habis rumput dekat garasi dengan style shaggy😀 . Kegiatan potong rumput session tiga ini diselingi dengan ngomel-ngomel nggak jelas yang menyalahkan si rumput kenapa akarnya saling sambung menyambung, atau tanaman merambat yang merambat kesana kemari (ya iyalah..namanya juga tanaman merambat, kalo merangkak sana sini namanya pasti tanaman merangkak dan kita pasti akan lebih repot lagi Mi) dan juga Ami yang sakit pinggang….hahahaha😆 . Dengan penuh perjuangan akhirnya selesai juga pekerjaan ini, amien🙂 . Hari ini adalah hari terakhir puasa, nanti malam adalah malam takbir dan besok lebaran. Ada rasa sedih sedikit karena detik-detik terakhir bulan Ramadhan kami masih berkutat dengan si rumput😥 .

Apa yang kami lakukan setelah beres merumput memotong rumput? Tidur siang? Kali ini tidak, kami segera mandi dan berangkat menuju city? Untuk apa? Untuk membeli kue lebaran pengobat rindu kue buatan mama di tanah air. Beres membeli kue lebaran, apakah kami langsung pulang ke rumah? Tidak teman-teman! Kami menuju clayton shopping center untuk membeli ketupat….yak benar…KETUPAT! Jangan berharap ketupat berbalut janur, kami sudah bersyukur bisa membeli ketupat instant ini:

Selepas berbuka kami tak lagi sempat istirahat. Sampai dengan pukul 22.00 kami habiskan dengan memasak makanan buat Lebaran esok. Saya memilih mudahnya saja, memasak gule dengan bumbu instant, mbak Erni memasak rendang, opor ayam dan ketupat sayur, sedangkan Ami sibuk dengan dadar lapis daging makanan khas banjar🙂 . Ini dia foto-foto kesibukan kami dan hidangan lebaran:

H minus 1 (Lebaran)

  • Shalat Ied
  • Menghadiri open house
  • Pulang, telp ortu dan keluarga buat minta maaf
  • Tidur siang
  • Malamnya beresin kamar mbak Erni

Hari H (General Inspection)

Menanti dengan deg-degan, mbak Erni mengungsi sementara ke rumah teman. Pukul 11.00 datangnya wanita muda yang manis dari pihak agen rumah. Coba tebak saudara-saudara, berapa menitkah inspeksi yang membuat kami jungkir balik potong rumput dan menanti dengan cemas selama 4 hari ini berlangsung?

HANYA 5 MENIT!

THE END

About 1nd1r4

Kuhabiskan masa kecil hingga dewasa di Bali, the Island of Paradise....hidup dengan mengikuti alir yang ditentukan yang Maha Kuasa...what I want is just TO BE HAPPY!

14 responses »

  1. Dino says:

    Ini ceritanya kayak aku kemarin waktu dapat surat disuruh mengeluarkan barang dari lemari dapur karena akan disemprot serangga. Sudah susah-susah mengeluarkan barang dari lemari dapur, ternyata disemprotnya sedikit banget kayak nyemprot nyamuk pake baygon.. sial bener..

    –> iya din, tapi diambil hikmahnya ajah, jadi bersih deh kebun gw sebelum lebaran🙂

  2. geRrilyawan says:

    Wah…mo daftar jadi roommate gak jadi deh….kena bagian angkat-angkat barang sih…

    –> kalau mau jadi housemate bisa kami pertimbangkan, tapi ROOMMATE? hmm….selama dalam KTP anda masih L status jenis kelaminnya, maka maaf kita tidak bisa jadi roommate:mrgreen:

  3. yulism says:

    Ha ha ..😛 persiapan yang seperti itu hanya dilihat 5 Menit? Saya bisa melihat ekspresi mbak Indira dan teman teman. Menagis samil tertawa.. 😛 thanks

    –> iya mbak, tapi untunglah kebun jadi bersih juga

  4. hedi says:

    Pekerjaan yang penuh dengan pengorbanan, maafkan saja petugas inspeksinya, mumpung masih suasana lebaran ……🙂

    –> dimaafkan kok😀

  5. suhadinet says:

    Ha.ha.ha… Kalau tau bakal diinspeksi 5 menit pasti tak mau serepot itu berbenah.

    –> heheheeh…iya sih pak, diambil hikmahnya ajah

  6. Tigis says:

    Apa mbak2x manis itu cuman butuh ngecek jumlah org doank yah. Kalo sesuai ama jumlah kamar ya uda cukup hehe. Atau jgn2x dia lagi males inspeksi, cuman setor absen doank:mrgreen: Hrsnya dimanfaatin In, komplen aja ini rusak, ini bocor, itu tanaman kotor, dsb🙂

    –> udah gw komplen habis2an git, jgn kuatir deh😀

  7. try says:

    kenapa gak ditimpuk rumput aja tuh yang inspeksi heheheh…
    siiiipp..yang penting rumahnya bersih, masakannya jadi dan lebarannya sukses, jeung…:D

    –> kan masih dalam suasana lebaran try, masak daku nambah dosa lagi….

  8. trendy says:

    h+1 tinggal merasakan hasilnya!
    wkeekkekeek!

    –> hasilnya capek dan ngantuk trend!

  9. sadam7 says:

    “Tapi sekali lagi kami membuktikan bahwa, walaupun imut-imut, tenaga kami tidak bisa diremehkan.”

    suiit…suiit…, niIIIh baru : DUNIA KECIL TENAGA GEDE namanya ya Nte!…,😀 Daffa juga punya pengalaman bantuin Opa misalnya numpahin cendol dari ceret, dorong-dorong kursi, ngelemparin gelas, numbangin kipas angin, … dll ( bisa jadi ya Nte, buat bekal nerantau ke luar negeri).

    –> hihihi…iya opa, dirantau harus bisa mandiri…wah kalau yg Daffa lakuin bisa buat bekal ngeberantakin rumah tuh dan juga modal jadi atlit angkat berat😆

  10. easy says:

    belum pernah makan ketupat instan..
    kek apa ya rasanya?

    –> bungkus doang yg beda lies, rasa mah sama ajah

  11. […] jadi pingin nyobain masak karena sepertinya tidak terlalu sulit cara membuatnya. Karena kesibukan bersih-bersih rumah, lebaran dan presentasi program di kampus, akhirnya baru 2 hari yang lalu berhasil mewujudkan niat […]

  12. wi3nd says:

    wew….seru ju9aa..:)

    –> seru sih seru, cuma bikin tangan kejang2 juga😦

  13. agen rumah says:

    q bru tw klo ad ktupat instan…hehehe.
    seru banget ceritanya…ad crita lainnya g????

    –> silahkan lihat2 dulu mbak, masih banyak ceritanya…kalo cocok bisa dibicarakan harganya…lho kok kaya jualan yah:mrgreen:

  14. Dapur Cantik says:

    Mampir nih karena lihat gambar ketupat instant Nona.. Ketupat ini memang praktis ya, putih bersih dan ‘ga kalah rasanya dengan ketupat janur.. Kami sudah mengkonsumsinya hampir 2 tahun ini.. Salam kenal🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s