FAQ about fasting and Ied ul-Fitr

  • Gimana puasa di luar negeri?

Jawab: Standar aja, sahur jam 4-an dan buka jam 6-an, ga makan, ga minum, menahan amarah dan hawa nafsu

  • Gimana lebaran di luar negeri?

Jawab: Standar aja, shalat Ied jam 8-an, saling maaf-maafan, berkunjung ke rumah teman dan makan ketupat (berbalut plastic)

  • Ada ga bule yang shalat Ied?

Jawab: Ada, malah lumayan banyak (maaf buat seseorang yg pingin liat foto bule lagi shalat, gw bisa ga ikutan shalat Ied kalau bela-belain ngambil foto bule yg lagi shalat. Tapi suer ada kok).

Temans, pada dasarnya berpuasa dan ber-lebaran dipenjuru dunia manapun secara umum akan sama saja dengan mereka yang berpuasa di Indonesia. Yang membedakan mungkin budaya atau kebiasaan dalam merayakannya, misalnya kue-kue dan makan lebaran atau tradisi berkunjung dan mudik. Tahun ini adalah pertama kalinya saya merayakan Ied ul-Fitr tidak bersama keluarga. Bagaimana rasanya? Sedih tentu saja, tapi walaupun raga tidak bersama hati kami tetap bersatu. Kita harus bersyukur dengan pesatnya perkembangan teknologi komunikasi, walaupun terpisah samudra suara masih bisa di dengar lewat pesawat telepon. Kalau mau melihat wajah, ada sarana Internet via Yahoo Messenger atau Skype, dll.

Pagi itu pukul 07.00 saya dan housemates tercinta sudah siap berangkat ke Monash busloop untuk menunggu jemputan yang akan membawa kami ke Mulgrave yang menjadi lokasi shalat Ied tahun ini. Tak ada baju, sandal atau sepatu baru, tapi Alhamdulillah ada sahabat yang memberikan pakaian dan jilbab merah muda yang saya kenakan hari itu…makasi Arya🙂 . Malukah memakai pakaian bekas? Sama sekali tidak sahabat🙂 malah syukur saya tiada tara kepada Allah SWT, mengingat masih banyak saudara kita yang bahkan pakaian bersih yang layak pakai saja tidak punya. Ringan langkah kami, senyum terukir di wajah-wajah ceria yang walaupun jauh dari sanak saudara masih bisa merayakan lebaran bersama keluarga baru di negeri kangguru ini. Ini foto saya dan Ami sejenak sebelum berangkat menuju busloop, gaya dikit boleh kannnnn

Iin & Ami before Shalat Ied

Iin & Ami before Shalat Ied

Jangan merasa sendirian walaupun berlebaran jauh dari keluarga, karena kita pasti selalu bisa menemukan saudara seiman dimanapun kita berada…Insya Allah😛 . Ini dia suasana Ied di Mulgrave:

The Northroader Family

The Northroader Family

barisan jamaah shalat Ied

barisan jamaah shalat Ied

Jamaah Shalat Ied

Jamaah Shalat Ied

Ada ring basket juga

Ada ring basket juga

Sesudah shalat dan bermaaf-maafan, maka acara dilanjutkan dengan apa saudara-saudara? SESI BERFOTO!

Keluarga barukuuuuuu!!!!

Keluarga barukuuuuuu!!!!

Foto keren 1

Foto keren 1

Foto Keren 2

Foto Keren 2

Foto bareng di kampus

Foto bareng di kampus

Maaf ya...limited edition foto sendirian...

Maaf ya.. foto sendirian edisi khusus lebaran...

Selepas shalat Ied kami dengan penuh semangat menuju rumah teh Diana yang dengan baik hatinya mengadakan open house:mrgreen: . Menunya coto makassar, cheese cake, pudding, dan aneka kue lebaran yang semuanya rasanya uenakkkkkkkkkkkkk!!!!!!!! Lagi-lagi acara ini dipenuhi dengan sesi berfoto edisi khusus lebaran😀 .

Berasa foto keluarga yang minus laki-laki

Berasa foto keluarga yang minus laki-laki

Foto sagala gaya

Foto sagala gaya

Bergaya di kebun sebelum pulang

Bergaya di kebun sebelum pulang

That’s how we celebrate Ied ul-Fitr in Melbourne. Apart from feeling a bit sad for being far from family and friends in our home country, we are very happy here. It’s not the new clothes, shoes or sandals which are important, but it’s the spirit and willingness to forgive and forget. Hope we are among those who are not being suddenly religious only during Ramadhan. May the spirit of Ramadhan carry on in our everyday life, amien.

It’s sad leaving Ramadhan, wish that I can meet the next Ramadhan, amien…

About 1nd1r4

Kuhabiskan masa kecil hingga dewasa di Bali, the Island of Paradise....hidup dengan mengikuti alir yang ditentukan yang Maha Kuasa...what I want is just TO BE HAPPY!

36 responses »

  1. hedi says:

    cerita idul fitri apa narsis yah ? minal aidin walfaidin yah…. mohon maaf lahir bathi, pangling pake jilbab …🙂

    –> satu paket itu mah😀 sama2, maaf lahir batin juga yaaaaa….pangling? hehehe…saya memang manglingi kok😛

  2. Kancuters says:

    Wihhh Shalatnya Indoor
    bisa maen basket tuh abis shalat
    nyahahah😀

    –> kalaulah ada bolanya saat itu, mungkin kita pada main basket😀

  3. zoel says:

    unii maaf yoooo,, double wak minta maaf a,,,:mrgreen:
    lupo wak ma link-an nyo
    kini alah ko” suerrr

    –> dimaafkan zoel, manusia adalah silapnya🙂

  4. Dino says:

    Tahun ini di Amerika puasa dari jam 4:30-5:00 hingga 7:30-7:00.. Jadi semakin lama semakin pendek puasanya.. Paling enak kalo puasa di winter, mungkin bisa dari jam 7 pagi sampe jam 5 sore.. Tapi kalo di summer bisa dari jam 4 pagi sampe 9 malam..

    –> alhamdulillah disini pas winter, jadi masih normal waktu puasanya. Din, kpn blog loe normal lagi? can’t visit nehhhhh

  5. yulism says:

    Wah photonya keren keren tuh mbak Indira. Masih kelihatan tuh suasana lebarannya. thanks

    –> yang keren fotonya atau saya mbak? hehehehe😛

  6. kishandono says:

    Selamat lebaran bu.. salam buat bule sana yang kenal sama saya yah..

    –> makasi mas, bule disini yg kenal ama mas kis cuma saya…lohhhhh…???😀

  7. trendy says:

    kok ndak ada foto orang pirangnya!
    wekekekeekekk!

    –> pada pake peci dan jilbab makanya nda keliatan😀

  8. marshmallow says:

    indira manis, abis lebaran di melbourne, sekarang kita lebaran di sini, ya?
    biar rame, bawa utami juga.
    oke?

    –> sudahhhh uni, kami sudah kesana🙂 rame nian acaranya

  9. septy says:

    waaa….keren tuh…
    he..ketauan narsis akut😀
    Met Idul Fitri
    Mohon maaf lahir bathin…

    –> soal narsis akut sudah bukan rahasia mbak…hehehehe😀 Met Idul Fitri juga…ga mudik nih?

  10. sadam7 says:

    Gimana nangis lebaran di luar negeri?
    Jawabannya : ………………….
    Tante Indira ga nangis kok ( jadi ga ada jawabannya ya ), tul kan?? gak nangis?,, kan ga ada foto nangisnya yaaa…
    kapan pulkam nTe?

    –> sebenarnya nangis opa😳 cuma ga ada yg fotoin…abis nangisnya diem2 di kamar…hehehe…malu ama Daffa yg masih kecil aja ga suka nangis😀 . Pulkam? masih tahun depan opa

  11. nina says:

    maaf lahir bathin yaa..,fotona keren2 deh..

    –> sama2 say, makasi saya memang keren..lho? salah yah?:mrgreen:

  12. Tigis says:

    iyah bener tuh, pengen juga ngrasain shalat ied di lapangan olahraga indoor. Dulu jaman kuliah gue pernah shalat ied di lapangan tennis tp outdoor:mrgreen:

    kyknya lo ada yg lupa In, mannnaaaa foto2x makanannyaaaa…..🙂

    –> aq keasyikan makan coto makasar ama nyobaik black forest dan kue2 lebaran, makanya lupa foto2 makanan🙂

  13. pengendara says:

    mohon maaf lahir dan batin

    –> sama2😛

  14. easy says:

    yang saya suka dari mbak in..

    tak pernah lupa untuk foto-foto.
    hidup narsis😀

    ohya, maaf lahir batin ya🙂
    sekarang kita mulai dari nol lagi..
    *iklan pertamina*

    –> hehehe, susah menghindari nafsu berfoto:mrgreen: maaf lahir batin juga say

  15. warmorning says:

    met lebaran yaa !
    dimana-mana, gak tergantung tempat,
    yang penting maaf🙂

    –> benerrrrr…..saya juga mohon maaf lahir dan batin yaaa🙂

  16. wah..masih dimelbourne neh ?
    met lebaran yaks

    –> masih ampe tahun depan…mkasiiii

  17. bayu200687 says:

    taqobalallohu minna wa minkum…

    –> maaf lahir batin🙂

  18. try says:

    Maapkan saya ya,In..kalo pernah ada salah2 kata, saya kan hanya manusia biasa huhuhuh…*sambil sungkem dan nangis tersedu-sedu
    cantik loh In, kalo pake jilbab😀

    –> dimaafkan jeung, daku juga minta maaf kalau ada komeng yang kurang berkenan. Btw, maksudnya gw ga cantik kalo ga pake jilbab *melotot gaya elegan*

  19. fajar says:

    kok foto aku gak ada ya???

    –> makanya kalau aq bilang fotoooo, langsung mendekat😉

  20. Edi Psw says:

    Wah, fotonya keren nih.
    Met idul fitri ya, mohon maaf lahir dan batin.

    –> hehehe, makasi…karena ada saya didalamnya:mrgreen: mohon maaf juga yaaaa

  21. Andri says:

    wah bagus tuh fotonya.. keren..
    kapan ya bisa lebaran di tanah suci.. T.T

    –> mkasiii, lebaran di tanah suci? diniatkan trus diusahakan pasti nanti bisa🙂 amien

  22. Kaka says:

    wah.. asik photonya pada bagus-bagus..walau telat maaf lahir bathin ya.
    http://www.asephd.co.cc

    –> ga pernah ada kata terlambat kok🙂

  23. Wah wah wah setelah menikmati yang impor2, enak juga menikmati yang lokal di aussie ya in?

    hihihi.

    –> impor apanya dok, wong dari kemaren2 saya makan makanan Indonesia mulu

  24. […] masak karena sepertinya tidak terlalu sulit cara membuatnya. Karena kesibukan bersih-bersih rumah, lebaran dan presentasi program di kampus, akhirnya baru 2 hari yang lalu berhasil mewujudkan niat mulia […]

  25. nh18 says:

    Indira …
    Selamat Idul Fitri …
    Mohon Maaf Lahir bathin …

    Salam saya ..
    The Trainer

    –> sama2 om trainer, mohon maaf lahir dan batin juga🙂

  26. mikekono says:

    wahhh….mungkin
    gallery foto di atas
    layak disebut parade foto
    para calon penghuni surga kelak
    met lebaran
    mhn maaf lahir dan batin

    –> amien🙂 mohon maaf lahir batin juga bang, baru pulang mudik yah?

  27. Supermance says:

    wah sepertinya kekeluargaannya erat bgt, jadi ngiri, hehe

    Minal Aidzin Wal Faidzin ….🙂

    –> alhamdulillah walaupun jauh dari kel, masih bisa bertemu kel yg lain. Mohon maaf lahir & batin juga yak🙂

  28. gajahkurus says:

    Maafin gajah_kurus ya. Selamat Idul Fitri.
    Foto-fotonya asli keren banget!
    Foto Keren 1-2, Poster Laskar Melbourne saingan Poster Film Laskar Pelangi🙂

    –> maafin saya jugaaaa….makasi pujiannya….hihihi boleh juga tuh Laskar Melbourne

  29. wi3nd says:

    semuanya sama kan iedul fitri ju9a,sholaT ied ju9a hanay tempat y9 membedakan heheh..
    met lebaran…maafkan untuks emua tutur dan komen yg tak berkenan yakh..?

    –> setujuuuu, maafin akyu juga yahhhh😛

  30. Icha says:

    fotonya kerennn😀
    walaupun agak telat tapi kan masih bulan syawal, mohon maaf lahir batin yah mbak iin ^^

    –> ga ada kata terlambat kok, maafin akyu juga yah…mana oleh2 dari mudiknya😛

  31. pimbem says:

    wah meriah sekali sepertinya, mesti di negeri orang tp lebaran tetap berkesan🙂

    –> alhamdulillah tetap meriah walaupun jauh dari kel dan tanah air🙂

  32. dea says:

    Meriah banget ya mba, mba indira tambah cantik dengan jilbabnya, semoga cepat dilamar dan menikah dengan tersayangnya ya mba, jangan lupa undang dea

    –> amien🙂

  33. wahyukresna says:

    wah narsis abis…:mrgreen:
    maafin daku lahir dan bathin ya…

    –> sudah hilang mas, dah akut levelnya😀 sama2, maafin saya juga yaaaaaaaaaa

  34. thevemo says:

    ada yang bisa jawabgak?..gimana puasa dan lebaran di alam baka😛

  35. Irwan Joe says:

    Foto makan kue di belakang GOR kok enggak ada, Indira? Waktu itu saya agak heran, udah mau Sholat Ied, eh masih diumumin siapa yang belom bayar zakat??? Pas pulang, saya liat mobil van putih ada tulisan di kaca belakang Parung – Ciputat… wah ngakak saya…

    Baru kali ini saya lebaran di negeri orang. Sedih juga enggak bisa sungkem sama orang tua. Untungnya ada Pak Mustafa dan Bu Rini yang mengundang saya makan siang dan malam di rumahnya. Akhirnya saya makan opor ayam, ketupat, sambel goreng krecek dan kastengel lah yang pasti…

    –> aq malah ga liat mobil van itu😀 , ga sempat foto2 lagi…sibuk makan…hahahaah😆 , aq makan coto makasar di rumah teman

  36. Irwan Joe says:

    Oya, ada yang lupa. Sayang Pak Yahya khotbahnya baca. Padahal kalo langsung enggak pake text, enak lho dia. Tapi mungkin karena khotbahnya 2 bahasa kalik ya?

    –> kan pake bhs indonesia, inggris plus arab joe, jadi harap maklum ajah🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s