Sebelum membaca postingan ini ada baiknya anda membaca yang berikut ini:

Pesta Blogger 2008 – YES, I WAS THERE

On the way to PB2008

Nah sekarang gilirannya liputan utama dari PB2008 di Jakarta kemaren (Sabtu, 22 November 2008). Event tahunan yang kali ini mengusung slogan “Blogging for Society” punya acara yang cukup menarik dan door prize yang bikin saya betah nungguin sampai acara selesai. Padahal peserta yang hadir baru se-upil-nya blogger se-Indonesia loh…tapi rasanya dah rameeeee banget. Ga kebayang deh kalau semua blogger Indonesia kumpul, kayanya kudu di lapangan deh acaranya😀 . Ini beberapa potongan cerita singkat tentang warna warninya PB2008…let’s check them out!🙂

Before the opening

Ternyata semangat para blogger untuk mengikuti acara ini cukup besar, terbukti dengan ramainya gedung BPPT padahal waktu belum lagi menunjukkan pukul 9 WIB. Registrasi berlangsung lancar dan petugas di meja registrasi melayani dengan sigap dan yang paling penting..senyumnya manis-manis euy🙂 . Seperti biasa, sebelum masuk gedung kita harus melalui screening. Apa aja yang ga boleh dibawa? Yang penting sich jangan bawa makanan dari luar *loh…emangnya mau ke Cineplex 21* :mrgreen: .

hiruk-pikuk-depan-meja-registrasi

screening-process

Untuk biaya Rp 50,000 kita bisa dapat banyak hal dari PB2008 ini, diantaranya:

  • Goody bag yang isinya mataps (misalnya: kaos PB2008, CD, pulpen, notebook, snack, laptop bag, gantungan kunci dan pin lucu
  • Makan siang dan snack (snacknya saya ambil aja ampe 4 box😀 …. Buat camilan di hotel….hahaha….lagian panitianya nggak ngelarang kok)
  • Pengalaman yang can’t be measured by the amount of money you spent for paying the ticket, yaitu bisa ketemu dengan blogger se-Indonesia dan sharing pengalaman dengan blogger tamu dari Australia, America, Philippine, Singapore dan Malaysia.

Ini beberapa foto yang diambil fotografer amatir yang saja ajak ikutan acara ini *whose name can’t be mentioned*😀 dengan kamera poket saya yang hari itu entah kenapa rewel banget, sehingga foto yang dihasilkan juga pas-pasan banget kualitasnya. Still, thanks buat sang fotografer yang dengan suka rela mondar mandir sana sini buat mengambil gambar. Selain sebagai fotografer, dia juga pengumpul pin yang handal. Sederet pin dibawah ini adalah hasil perburuannya:mrgreen:

id-card

tumpukan-goody-bags

isi-goody-bag

pin-hasil-ngider

menu-makan-siang

salah-satu-box-snack1

Siapa saja yang hadir?

Yang pasti orang lah yang hadir, masa kucing…tar namanya Pesta Kucing 2008😀 . Mulai dari para blogger se-Indonesia, blogger asing sampai ‘petinggi’ tanah air. Acara dimulai ‘sedikit’ telat dan diawali dengan sapa kocak dari duo MC Panji dan Joanna. Setelah MC mengabsen komunitas blogger yang hadir (cahandong – Yogyakarta, BBC – Bali, dsb) acara dilanjutkan dengan sederet pidato sambutan yang menurut saya terlalu banyak (tapi panitia pasti punya pertimbangan tertentu buat ini😀 ). Para ‘petinggi’ yang hadir diantaranya: Menristek (Kusmayanto Kardiman), Perwakilan Menbudpar (Firmansyah Rahim) dan Dirjen Aplikasi Telematika (Cahyana Ahmad Jayadi), tak ketinggalan blogger narsis (Indira Sari Paputungan:mrgreen: ). Saya kesulitan mengenali wajah-wajah para blogger karena seringkali blog tidak memajang foto pemiliknya *emangnya Iin yang blognya foto diri mulu*. Saya tau kalau Ichanx dan ibu Edratna hadir disana, tapi setelah berulang kali salah menyangka orang berkepala rada plontos dan berkaca mata ada Ichanx, akhirnya saya memilih meyerah saja. Tapi saat break makan siang, saya bertemu dengan ibu Edratna yang ternyata sangat ramah. Sayangnya perbincangan kami berlangsung singkat karena ibu Edratna mau shalat dhuhur dulu dan kamipun tak sempat foto bareng😦 . Ada juga blogger internasional yaitu: Mike Aquino (Philippine), Jeff Ooi (Malaysia), Mr.Brown (Singapore), Anthony Bianco (Australia) dan Mark Tafoya (USA). Informasi yang mereka sampaikan, khususnya saat break out session sangan menarik dan inspiratif. Satu lagi, di session hiburan ada cewe manis dan seksi juga pinter nyanyi dan main biola yang datang. Hayooooo tebak siapa? Kalo ga salah namanya Mailaffaiza🙄 .

panggung-pb20081

panggung-pb-2008-2

para-petinggi

blogger-tamu

pemain-biola-yang-cantik

The Break Out Sessions

Mohon maaf saya tidak punya kemampuan teleport atau membagi diri seperti Naruto, jadilah hanya satu session yang bisa saya hadiri. Tema yang ditawarkan pada masing-masing session sangat menarik, misalnya: Blog dan Turisme – Sebuah Perpaduan Masa Depan, Copyright issue, blogging buat pemula, photography, blogging dan politik, mencari uang lewat blog, dsb (maaf saya lupa mencatat semua tema, sepertinya ada kurang lebih 8 tema deh…maaf yahhhh). Kebetulan session yang saya hadiri adalah tentang blog dan turismo. Pembicaranya adalah Mike Aquino, Anthony Bianco, Mark Tafoya, Nila Tanzil dan Trinity. Beberapa point penting yang bisa saya catat dari break out session ini diantaranya adalah tips tentang membuat travel blog, apalagi buat yang mau cari uang lewat blog sejenis ini:

  • Write something which is not on the internet; write something which is only known by local people at the place that you are visiting. Artinya tulislah sesuatu yang ‘ga umum’ tapi bikin pembaca penasaran dan untung-untung mau berkunjung juga.
  • Who is your target market? Penting buat menentukan siapa segmen pasar kita karena Not all places are suitable for all types of travelers.
  • Providing basic information is essential. Apa aja yang termasuk informasi dasar? Lokasi, akses transportasi ke lokasi, akomodasi dan main attraction di tempat itu.
  • Go from Basic information to more detailed one.
  • Include tips and tricks in your writing
  • Stop bothering about ‘what people might think about your writing’ . Find your own style of writing, find your own voice and most importantly BE HONEST!
  • Include what your five senses feel/experience. Ini peting agar pembaca juga bisa merasakan perjalanan dan petualangan anda lewat tulisan di blog.
  • DO SOMETHING DIFFERENTLY! Kalau orang umumnya pergi ke Afrika via jalan udara, kita coba jalan laut😀 .

the-speakers

break-out-session

blogger-india-lesehan

foto-bareng

Door prize yang memukau

Ini sebenarnya acara yang paling saya tunggu-tunggu😀 . Sponsor PB2008 memang TOP BGT, mulai dari Koran Tempo, The Jakarta Post, Maverick, buba.com, PCplus, Nokia, BCA, Microsoft, Telkomsel, Telkom, Toyota, Oxfam sampai dengan Kedutaan Besar Amerika Serikat. Saat pengundian door prize, jantung saya sampai dag dig dug der setiap kali awalan 12 disebutkan. Tapi sepertinya saya salah baca doa (suka bingung mana doa minta jodoh dengan doa minta door prize:mrgreen: ), akhirnya tak satupun hadiah-hadiah wah seperti mini laptop, Ipod, mp3 player, PC, HP sampai kain batikpun ga ada yang nyantol ke saya…nasib…nasib. Tapi satu hal yang pasti saya membawa pulang door prize terhebat yaitu pengalaman bertemu blogger se-Indonesia🙂 *halah…ini mah alasan Iin aja buat membesarkan hatinya* . Semoga tahun depan saya lebih beruntung😀 . Ini beberapa teman yang sempat bertukar link:

Kuyus

Arif

Yanuar

Fikri

Adrian


The innovations

Ada tiga hal baru yang disuguhkan pada event PB 2008 kali ini yaitu:

  • Photo contest
  • Bloggership (beasiswa buat blogger)
  • Blogging society award

photo-contest

Untuk award tahun ini ada dua komunitas blogger yang dianugrahi award, yaitu CAHANDONG dari Yogyakarta dan Bali Blogger Community dari Bali.

Two thumbs up for the committee

Memang panitia PB 2008 layak diacungi 2 jempol karena bisa meng-organize acara sebesar ini dengan cukup sukses. Mungkin tahun depan acara break out session sesuai interest blogger bisa diperbanyak sehingga mengakomodir aspirasi dan ketertarikan yang berbeda-beda. MAJU BLOGGER INDONESIA!

sebagian-panitia


Semoga tulisan ini bisa melengkapi tulisan rekan-rekan lain yang sudah tampil disini.

About 1nd1r4

Kuhabiskan masa kecil hingga dewasa di Bali, the Island of Paradise....hidup dengan mengikuti alir yang ditentukan yang Maha Kuasa...what I want is just TO BE HAPPY!

55 responses »

  1. Farrel says:

    Eh, non. Ternyata dah di jakarta sekarang. Kapan nyampe di Indonesia…?

    –> baru aja sampai🙂

  2. zoel says:

    wahh ikutan juga ya!!!

    –> iyaaaaaaaaaaaaaaaaaaaa🙂

  3. benar sudah sampai di jakarta? beri aku oleh oleh lagi selain indahnya oleh oleh ini dong,jeung. apapun itu….hehehe canda but ngarep di kasih hehehe
    salam hangat selalu
    liputan yang menyenangkan rasa kagumku,jeung.

    –> sudah blue, hehehe…oleh2? nggak keburu beli blue…ngedadak dot com nih mudiknya

  4. hedi says:

    Makan siang dan snack (snacknya saya ambil aja ampe 4 box😀 …. Buat camilan di hotel….hahaha….lagian panitianya nggak ngelarang kok)

    * waduh … program penghematan kali, jadi nga perlu banyak jajan * hehehehehe

    –> hush, jangan keras2….jadi ketahuan deh tujuan aslinya😀

  5. AL says:

    huwaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaa…. iri bangt bisa ikut pesta blogger… sayang gx da dana wat trans ke bali… enaknya mba’ iin jln2..🙂

    –> alhamdulillah bisa ikutan, masih ada PB 2009….didoain deh bar AL bisa datang…amiin

  6. humorbendol says:

    Mbak..sempet ngehitung jumlah pesertanya gak?
    Trus…pemain biola-nya blogger juga gak? Bagi Url-nya dong… hehehe….🙂

    –> kayanya 1186 orang deh….ra percoyo? itungen dewe😀 dia punya blog di multiply…ini url-nya:
    http://maylaffayza.multiply.com/

  7. Tigis says:

    seneng euy baca laporan ini🙂 Ternyata blogger di Indonesia bener2x uda diakui bahkan oleh pemerintah ya keberadaannya. Siiipp lah😀

    In, ngeliat foto2xnya gue jadi rindu makan nasi bungkus kawinan kyk gitu:mrgreen:

    –> bener banget git, event seperti ini menunjukkan betapa blogger mempunyai persatuan sekaligus pengaruh yg cukup significan. Nasi kotakan kaleee…..ketauan deh ke kawinan ngejar nasi kotaknya yah?:mrgreen:

  8. maskoko says:

    Weeeh…liputannya lengkap banget… baca lagi ah 😀

    –> monggo baca lagiiii🙂

  9. mba pesta blogger kemaren itu keren yah mba, ada orang malaysia yg terkenal itu yah, yg blognya dapet rating tinggi di dunia.. asik sekali mba bisa kesana yah
    salam kenal yah mba

    –> bener banget say….salam kenal juga🙂

  10. yessymuchtar says:

    sumpah deh ..postingan sepanjang ini, poto sebanyak ini..gak ada seru serunya..

    SOALNYA LO GA KETEMU GUE TAUUU!!!

    hehehehe

    –> hahahaha…suer gw nyariin loe, malah ibu edratna sempat telp cuma ga loe angkat…emang dateng kemaren?

  11. Catra says:

    pantesan saya gak kebagian snack, udah diambil empat oleh mbak. hehehehe bcanda.
    semoga blogger Indonesia punya satu visi setelah PB08 kemarin.
    CInta Indonesia

    –> hehehe….amiin, itukan tujuannya kita ngumpul, untuk menghasilkan pemikiran yang berguna buat blogger dan Indonesia pada umumnya

  12. yulism says:

    Tulisannya bisa memberi gambaran acaranya mbak Iin, wah asyiknya bisa bertemu dengan semua blogger se Indoneisa. Thanks

    –> alhamdulillah banget mbak, bisa menambah pengetahuan dan sekaligus kenalan baru🙂

  13. geRrilyawan says:

    wadooooh…seru bener…taon depan musti ikutan nehh.
    kalo ndak, nangis sayah….

    –> ayo ikutannnnn…..semoga kita bisa ketemuan yah di PB 2009😀

  14. bintang9 says:

    haaaaa……pesta blogger 08 ?
    waduuh keliahatanya mengesankan banget acaranya….
    tapi ambil snack nya kok sampe 4….ntar yang lain kalo gak kebagian gimana……mungkin lagi doyan makan ya mbak?

    salam kenal….

    http://bintang9.blogdetik.com

    –> seru juga kok acaranya🙂 …. ambil 4 karena memang diijinkan…lagian itu dah sore..pada pulang….hahaahha…membela diri abis2an nih ceritanya😀

  15. uyung says:

    liputan paling lengkap yang pernah saya baca deh. makasih atas tulisannya, karena kita bloger2 di Surabaya belum ada laporan kegiatan mengikuti kegiatan pesta Blogger.

    –> makasi mas, senang kalau tulisan ini bermanfaat buat rekan2 di surabaya. Salam kenal dari saya🙂

  16. Ayam Cinta says:

    Uuuuuhhhhh…… bikin ngiri aja!
    Huhuhuhuhu……
    +nangis guling2an+

    Jadi ini ya yang di sebut “Include what your five senses feel/experience”?
    Jadi gimana rasa dari 4 box yang lu culik in?
    Ko ga ada reportnyah?
    Hehehehehe……

    –> mang ayam bisa guling2an?😀 . Five sense gw lebih banyak mulut yang ngerasa …hahahaha…1 box aja enak, apalagi 4 box…maknyosssssssssssss

  17. alo mba’, nice to meet you🙂 *remember me? ;)*

    –> alowww juga, masih ingat lah…memori ga parah2 amat kok:mrgreen: udah berkunjung ke blogmu tapi ga ada shoutbox ataupun guest book buat meninggalkan jejak😀

  18. bloghafidz says:

    pagi … salam kenal ya

    –> pagi, salam kenal juga…makasi dah mampir ke Dunia Kecil🙂

  19. easy says:

    senangnya yang ikutan pesta..
    ga sampe minum2an mabok kan ?:mrgreen:

    –> alhamdulillah bisa ikutan, mabok coca cola😀

  20. Semakin “cemburu” saya yang nggak bisa ikut ngumpul..

    @Mas Blue.
    Saya juga mau tuh oleh olehnya…. he..he..he….

    –> tahun depan masih ada lagi kok bang, tenang saja lah🙂 … oleh2? hehehe…..cerita ini saja yah oleh2nya

  21. suhadinet says:

    Oh pulang ke indonesia toh..
    keren liputannya in.

    –> iya pak, sedang ada urusan penting😀

  22. cahayadihati says:

    Waaaahhh….seru banget ya sepertinya🙂
    hmm…iya neh tahun depan harus ikut hahahaha

    –> ayooo ketemuan di PB 2009😀

  23. Cak Win says:

    Kayak e Rame, sayange aku masih baru lum pede ikut-ikut gituan, hehehehhehe
    Salam kenal ya

    –> gpp ikutan aja, yang hadir ada juga kok yang ga punya blog cuma mau belajar nge-blog😀 tahun depan ikutan yaaaaaaaaaaaaaa

  24. nh18 says:

    Weis …
    Jadi juga Indira balik …

    Hai In …
    Udah gak usah balik lagi ke Ausie …
    hehhee

    Eh balik nggak ya ?

    –> weleh, ya opo sih om trainer ini…kok malah disuruh nggak balik…..bisa2 ga lulus kalau nggak balik lagi om…….

  25. anny says:

    Wah….asyik banget tuh bikin ngiri aja nih
    kapan ada lagi ya?

    –> ada lagi tahun depan mbak🙂

  26. warmorning says:

    TIDAKKK !!!
    LAGI-LAGI BIKIN NGIRI SAYA !!!
    *sesenggukan….*

    –> maaffffffffffffff Ommmmmmmmmmmm……. saya bagi pin deh satu biji, jangan sesenggukan lagi yahhhh😀

  27. mikekono says:

    sayang sekali….saya tak bisa datang
    semoga Mbak Indira happy
    berada di rumah ortu
    blogger……maju terus

    –> tahun depan bang jgn sampai ga datang🙂 Insya Allah saya happy di rumah ortu

  28. try says:

    asyik ya bisa ikut PB, jeung😀
    yo wis tahun depan aja deh heheh..

    –> hayukkkkkkkk🙂

  29. dea says:

    membaca liputan acara pb 2008 mba indira, membuat dea ingin ikut di acara pb 2009, mungkin bisa ketemuan ama mba indira

    –> ayo datang PB 2009, pasti lebih seru🙂

  30. wi3nd says:

    two thumbb…..:)

    weeee..ambil snacknya banyak ban9eed ehheeh..
    mantaafff..:)

    –> two thumbs buat apa? karena berhasil ngembat 4 box snack?:mrgreen:

  31. Na says:

    seru yah acaranya…. btw, salam kenal..

    –> yups, lumayans seru….salam kenal juga🙂

  32. bonar says:

    seandainya….
    seandainya saja saya masih ada di jakarta…
    seandainya….

    salam,

    bonar

    –> masih ada PB2009 bang🙂 salam kenal

  33. dafhy says:

    wah sayang mbak saya tidak bisa ikut.tapi sudah diwakili oleh temen-temen dari kotareyog.com (komunitas blogger ponorogo)
    semoga tahun depan saya bisa ikut🙂

    –> semoga tahun depan bisa ikut ya🙂

  34. dyahsuminar says:

    Wow…mbak indira,ceritanya seruuu dan lengkap sekali. Ibu membayangkan pasti menyenangkan….Memang sengaja nih…dr Ausssie cuma untuk PB 08…??

    –> iya bu, seru acaranya dah banyak hal yg bisa didapat (selain snack 4 kotak😀 ). Nggak, kebetulan aja bersamaan ada PB 2008🙂

  35. nino says:

    rame banget yah…

    –> hooh😀

  36. ayay says:

    uuuuuuuuuh sebel
    coba bisa kabur nggak ngantor kemarin …

    btw..nice blog ..lam kenal

    –> tahun depan pastikan bikin rencana kabur yg matang jauh2 hari yah😀 … salam kenal, btw url kosong tuh jadi ga bisa berkunjung balik deh

  37. edratna says:

    Indira…wahh seneng sekali bisa ketemu, walau cuma sempat mengobrol sedikit, karena mau sholat.
    Mudah2an kapan-kapan bisa ngobrol lama….
    hehehe…kemarin memang pestanya kayak pasar malam ya…saya juga sampai selesai (anak2 ngarep dapat door prize….tapi tak ada satupun yang nyantol).

    –> sama2 bu, moga next time bisa ngobrol lagi…hehehe…ternyata bukan hanya saya yang nongkrongin si door prize😀

  38. galih says:

    tahun depan diluar jawa nggak yah!

    –> wah nggak tau juga neh, kok kayanya bakal selalu di Jakarta ya….usul aja biar diluar Jakarta skali2😀

  39. emfajar says:

    ternyata ikutan juga yaaaa,, gag ketemu yah🙂

    –> iyah, abis daftarnya panjang banget ga sempat ngecek siapa aja yg datang……next year probably?🙂

  40. Myryani says:

    mbak lagi di tanah air ya??

    –> yups, baru aja datang🙂

  41. yakhanu says:

    keren…. tag mane nya ada nama lengkap kamu..
    hehehe..(baru tau nich)

    –> ya ampyunnnn masssssss….sampeyan benar2 keterlaluan. Nama lengkapku nangkring dengan manisnya dihalaman depan blog sejak blog ini ada……bener2 ga perhatian😡

  42. namada says:

    sis,,,,😥
    seru yaa?? ^kepengin ikut MODE ON

    –> alhamdulillah seru say, semoga tahun depan sist bisa ikut yah🙂

  43. Gelandangan says:

    wahhh gambar nomor lima dari atas ada si pacaritanya Blogger Makassar tuh hihihihihi
    nyesel aku enggak kesana tapi mau diapain lagi habis kerjaan numpuk😀
    salam kenal yah

    –> masih ada tahun depan…semoga bisa hadir yahhhh🙂

  44. Sorry udah lama banget engga blog walking karena kekurangan energi utk duduk di depan komputer lama2… ditambah lagi proyek pendidikan seksualitas utk remaja yg terus mendekati deadline….

    keep up, sis!!

    –> sukses deh buat proyeknya dok…..😀

  45. Farhanz says:

    Waaaaaaaaaaahhhhhh…keren acaranya, kapan-kapan ikutan ah…..nice post

    –> tahun depan ajaaaa….🙂

  46. ifoell says:

    Seru banget ya pesta bloggernya..
    sayang.. g sempat deh…

    Happy Blogging n Maju terus BLOGGER INDONESIA

    –> masih ada PB tahun depan🙂 semoga bisa hadir

  47. suwung says:

    bru nyadar….. kapan balik lagi ke luar negeri mbak?

    –> January Insya Allah🙂

  48. Utami says:

    HUAAAAAAAAAAAAAAA………………..
    Ngiri ngiri ngiri ngiriiiiiiiii… aku juga pengeeeeeen… Hiks hiks… *mengusap air mata dan ingus pake ujung baju*

    –> hahaha…..jalan2mu ke Tazmania juga bikin aku ngiriiiii………..ngiri sih ngiri …joroknya janga diliatin dunk😀

  49. […] POST- – Kopdar akbar-ku yang pertama.. ^_^ – Pesta Blogger 2008 – Udey on Pesta Blogger 2008 – Merah, kuning, hijaunya Pesta Bogger 2008 – Blogging for Society Award untuk CahAndong – Diantara 2 Pria Ganteng – ikutan pestanya blogger – […]

  50. marshmallow says:

    lengkap banget laporannya. indira petualang sejati, euy. biar jauh dijabanin juga demi empat kotak camilan. ups! maksudnya, demi ketemu sama rekan-rekan bloger seindonesia ngono looohh…:mrgreen:

    –> uniiiiiiiiiiiii, jgn buka rahasiaku bahwa 4 kotak kue itulah sasaran utamaku😀 ….

  51. dodywae says:

    salam kenal dulu deh, mungkin di pb 2009 kita bisa ketemuan juga ya…

    –> salam kenal juga, makasi dah mampir. Insya Allah tahun depan ketemu di PB🙂

  52. Hi,
    Cuman ngasih tahu saja, blog Pak Kusmayanto Kadiman (Pak KK), Menegristek kita adalah http://www.ristek.go.id/makalah-menteri

    Thanks,
    Amirfm ( http://www.linkedin.com/pub/10/21b/41b )

  53. irinhaza says:

    yah sayang aku gak ikutan ya.. semua cerita-ceritanya menarik banget…. wah… tahun depan harus ikutan pokoknya

  54. DYah says:

    Halo…salam kenal Indira…

    Saya dengar tentang acara ini dari teman sesama blogger juga, sayang saya gak bisa datang.

    Reportasenya lengkap dan menarik ya…
    Pastinya senang bisa ketemu dan tukar pikiran dengan sesama blogger se-Indonesia. Mungkin tahun depan ketemu sayah yaaa…. 🙂

    –> semoga tahun ini kita bisa sua di Pesta Blogger

  55. […] POST- – Kopdar akbar-ku yang pertama.. ^_^ – Pesta Blogger 2008 – Udey on Pesta Blogger 2008 – Merah, kuning, hijaunya Pesta Bogger 2008 – Blogging for Society Award untuk CahAndong – Diantara 2 Pria Ganteng – ikutan pestanya blogger – […]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s