Saya suka kebingungan kalau ada yang bertanya “Dari mana asalnya, In?”. Kenapa saya harus bingung? Kalau ditilik dari nama, orang pasti mengira saya berasal dari daerah Sumatera atau Sulawesi yang terkenal memiliki nama fam atau marga. Tapi kalau mendengarkan logat saya saat berbicara dalam bahasa Indonesia, banyak orang menyangka saya berasal asli dari Bali karena penekanan pada huruf ‘t’ yang seringkali susah saya hindari. Tapi saya juga cukup fasih berbahasa Jawa😀 . Hayooo….bingung juga kannnnn????? Tapi kenapa ya tidak ada yang pernah menyangka saya berasal dari Australia meskipun saya bisa berbicara cukup lancar dalam Bahasa Inggris:mrgreen: .

Kalau asal didasarkan pada tanah kelahiran ayah, maka saya berasal dari Kotamubagu, Bolaang Mongondow, Sulawesi Utara. Kalau asal didasarkan pada tanah kelahiran ibu maka saya berasal dari Madiun, Jawa Timur. Nah, jika asal didasarkan pada tempat kelahiran saya, maka saya berasal dari Denpasar, Bali. Saya lahir, besar, tinggal, sekolah dan bekerja di Bali. Spending 28 years in this beautiful island has made me feels so attached to the island, people and its culture sehingga saya lebih sering memperkenalkan diri sebagai orang Bali🙂 . Tapi  kalau pake kebaya gini kaya orang Jawa kannnnnnn?????

do I look like Javanese girl now?

Saya menggunakan Bahasa Bali kalau bercakap-cakap dengan teman saja karena yang saya kuasai dengan baik adalah bahasa Bali biasa (BK) (note: seperti bahasa Jawa, bahasa Bali juga mengenal tingkatan, yaitu ASI – Alus Singgih, ASO – Alus Sor, BK – Basa Kepara). Bahasa Jawa saya juga bahasa sehari-hari yang saya pakai bercakap-cakap dengan teman dan mama. Bahasa Sulawesi? Hehehe….ini bahasa mudah sebenarnya, kalau nggak mengurangi pasti menambah kata dalam bahasa Indonesianya, misalnya: makan – makang, tidak punya uang – nyandak punya doe😀 . Saat ini sedikit-sedikit saya belajar bahasa Sunda, kosakata awal yang saya pelajari: nyaah, sono, tiris, keukeupan :mrgreen: . sekarang sudah bisa membentuk kalimat seperti: abdi tiasa nyarios sunda saetik atau abdi parantos tuang. Pernah juga belajar bahasa Jepang waktu kuliah, tapi karena nggak dipakai jadi lupa. Satu yang ga bakal lupa sih Ai shite iru 😛

Nah, jadi….orang manakah saya?😛 . Pastinya saya orang INDONESIA🙂 .

About 1nd1r4

Kuhabiskan masa kecil hingga dewasa di Bali, the Island of Paradise....hidup dengan mengikuti alir yang ditentukan yang Maha Kuasa...what I want is just TO BE HAPPY!

58 responses »

  1. nh18 says:

    Hahahaha …
    Orang mana … ???
    Ya Indira orang Indonesia …

    Walaupun …
    Lebih ke Bali sih sepertinya …
    hehehe

    –> bener banget om, asli dari Indonesia🙂

  2. baiklah,jeung…memang nampak lebih keIndonesiaan banget facemu yang ayu itu.
    salam hangat selalu
    pa, cabarnya semua keluarga jeung?

    –> huwaaa….blue bilang aku ayu😳 jadi tersapu2 neh….. keluarga alhamdulillah sehat blue

  3. yande says:

    Wahhh… itukan Taman Ujung, Karangasem?! Deket rumah saya ituu..

    Salam kenal yah

    –> betul banget, wah tau gitu dulu main2 deh kerumahmu🙂 . salam kenal juga

  4. Tigis says:

    oh brarti nama Paputungan itu nama marga dr Sulut ya. Eh, Bolaang Mongondow itu ngetop deh kyknya Gue sering denger kalo di tipi:mrgreen:

    itu foto kebayanya persis di hari yg sama dgn foto yg elo taro di pojok kanan itu ya In?

    –> makanya orang dari sana ngetop…gw contohnya *ditimpuk sigit pake KFC* bener banget…itu avatar hasil crop dari foto ini 😀

  5. geRrilyawan says:

    jadi secara singkat, indira itu manusia dari sabang sampai merauke…
    bener-bener lengkap deh…

    –> hahahaha😆 bisa ajah

  6. sonyssk says:

    Kalau kamu cari contoh Orang Indonesia (sebagaimana cita-cita Soekarno), ya kamu itulah contohnya. Apalagi kalau kamu mau kawin sama orang Batak, anakmu nanti sudah Indonesia murni… ha.. ha.. (pakai kebaya… trus selendangnya diganti ulos.. pasti deh kinclong).

    –> hehehe…orang batak ya bang buat melengkapi bhinekka tunggal ika ini? kaya piring ajah kinclong😀

  7. jeung aku senang kamu tak marah jadi tokoh fiksiku tetapi nanti di spanyol kamu bakalan…………..ah ntar aza lihat sambungannya kamu jadi apadan ada apa ke spanyol bareng jeunglala,jeung yessy cs. aku bahagia selalu
    salam hangat selalu

    –> nggak lah, malah aku ikut numpang beken senang🙂 ditunggu lanjutannya

  8. novnovaitian says:

    dulu aku nebaknya sih orang jawa tulen….

    –> hehehe….asal bukan orang utan ajah😀

  9. achoey says:

    geulis
    ah teu kedah sesah-sesah
    sebat bae urang Indonesia kituh

    hehehe, belajar bahasa sunda kan?

    Sahabat, aku senang bisa kembali menyapamu🙂

    –> leureus pisan kang achoy, teu kedah sesah-sesah…..senang kang achoy dah bisa blog walking lagi🙂

  10. ifoell says:

    Darah Kotamobagu ya..?? ho..ho..ho..ho..
    Orang totabuan ya..??
    dekat ma Gtlo tu.. Daerha Bogani dingin banget ya..?
    jam 4 Sore aja, Aku dah nga bisa mandi…xixixixixxixiii

    –> nenek sih tinggal di jalan panjaitan dulunya….sekarang udah pindah ke imandi🙂 aq sendiri lum pernah kesana😀

  11. nino says:

    taman ujung karang asem itu, yang klo mau kesitu jalannya kecil n belok2 bukan yah?
    yang klo dari situ pulo madura kliatan.

    banyak kijangnya??

    iyah bukan yah??

    wktu itu pas ke bali juni kmaren, tujuan wisataku tmpt2 tradisional bali.. jadi malah ga ke kuta dll.
    smpt ngabisin 1 minggu muterin bali naik mobil sewaan.. blusukan sana sini.. cuma modal peta bali..

    terus dari taman ujung karang asem itu, lewat jalan kecil berliku, tembusnya ubud..(sebenernya kesasar)

    bnr ga itu yang di maksud karang asem?? duh, malah crita..hhe…

    –> wah itu maksudnya Pulau Menjangan barangkali? ga ada kijang sich seingatku😀 . Taman Ujung itu yang aku pake jadi header blog ini…..

  12. humorbendol says:

    Wow…bener-2 produk Indonesia gak kalah ma luar negeri
    hehehe…🙂

    –> hehehe……🙂

  13. yessymuchtar says:

    kayaknya Tangguh bakal mengalami pertanyaan yang sama..

    dan jawabnya adalah..

    Aku orang ..mana yaa??

    yang jelas..

    campuran dari jawa, betawi, riau, batak, minang..

    cape deeeeeee

    –> jangan cape Yes, would be great if u can teach tangguh each of that language…trust me…it’s good for him🙂

  14. Mas Koko says:

    Tepatnya 1nd1r4 nih orang aring kali ya he..he..he..
    waduh salut saya….bisa menguasai 3 bahasa daerah dengan baik, bisa privat ga’😀

    –> waduh mas kok teganya saya disebut orang aring…sampooo kaleeeee…..privat boleh…harga teman deh😀

  15. hedi says:

    Nga dimasalahkan dari mana nya
    apakah dari jawa, bali, sulawesi dll
    demen liat photonya ………

    –> betul banget kang…..hehehe jadi geer dot com neh😀

  16. luck13y says:

    Yg pasti bkn org2an sawah khan🙂
    biarpun di foto agak mirip🙂
    (heureuy)
    nu penting mah aya nu dedeuh ka anjeun!! bener teu??
    mangga ah ti payun ibu sari..

    –> leureus pisan kang lucky🙂

  17. gloriousmorning says:

    bagaimana kalo saya bilang km kayak wanita Thailand?
    hehe, becanda lho mbak..

    Indonesia banget kok,,

    salam knal ya

    –> tapi pernah kok ada yg ngira saya orang thailand….orangnya waktu itu sakit mata:mrgreen:

  18. Sejak pertama kali melihat Photo di Avatar Kamu, saya mengira Putri Solo…. soalnya Ayu seperti Putri Solo…..
    Ah… seandainya saja saya beberapa tahun lebih muda….

    –> jadi geer neh bang🙂 mang napa bang kalau beberapa tahun lebih muda?

  19. cahayadihati says:

    Hehehehe….iya mbak In yang pasti Perempuan Indonesia yang penuh dengan pesona ciiieee…😀
    Tapi pertama kali Yaya lihat wajah Mbak In Yaya kira orang jawa asli😀

    –> ada benernya kok, kan mama dari jawa🙂

  20. Eru Reed says:

    Kaya orang jawa ayu-nya😀
    malah dulu tak kirain orang jawa yang tinggal di Bali

    Leureus, satuju jeung sadayana… urang Endonesia kitu nyak
    * haih *

    –> hehehe…..ketipuuuu!!!!! leurues pisan kang eru🙂

  21. easy says:

    kirain maren kelahiran london
    *boong banget ya😀 *

    –> kok London sih…..paris😀

  22. tuyi says:

    Indonesia sebelah mana In…?

    –> sebelah kanan belok kiri dikitttt…😀

  23. T says:

    yg penting keren, tante !! hihi
    –> benerrr!!!!🙂

  24. Q says:

    saya urang banjar kok, tante😀

    –> wah teman satu kost tante juga orang banjar🙂

  25. z03r4 says:

    hahaa, iya…
    kl diliat dari photonya kykna orang jawa ato sumatra gitu…
    eh ternyata gado2 yak! hehehe

    mba indira, kenapa sich blog na dinamain dunia kecil?
    hehe, mungin sebelumnya udah ada kali yak yg nanya… tp sya jg pengen tau dunkz… n sekarang tinggal dimana, jawa, sulawesi, ato bali?

    –> Dunia ini terasa kecil karena adanya teknologi internet, bayangkan di blog ini bisa bertemu dengan teman dari berbagai propinsi dan negara …gitu sayang. Sekarang lagi liburan di Bali, kebetulan sedang study di Melbourne🙂

  26. Splendid. Always remember the origin even confused by identity. Fancy meeting you.

    –> everyone is never meant to have single identity….🙂 am I right?

  27. jeunglala says:

    si Iin cakep euy!😀

    bener banget…
    aku juga orang Indonesia, lah..
    biarpun sering dituduh sebagai orang bule.. hihihihi

    –> mang kapan gw ga cakep la? *ditimpuk lala pake gelas kopi* …. hahahaah…bule dari mana say?

  28. namada says:

    aduh..nggak ngerti saia kalo bhs Sunda Sis😦 taunya cuman aya-aya wae😆

    PS : Sis cantik pake kebaya itu, tapi kok black&white doank yaa..

    –> ini juga baru belajar kok🙂 … iseng ajah dibkin hitam putih

  29. boyin says:

    o gitu jadi terjawab pertanyaan saya sebelumnya

    –> jadi ga bingung lagi kan?😉

  30. try says:

    waahh, kita sama ya, sama2 orang Solo..wesi heheh.. ;P
    orang apa aja In, yang penting tetap narsis hahahahaha *Iin mode on*😛

    –> seep….narsis forever😀

  31. nina says:

    wah..kita senasib dr kecil banyak yg nanya asal ku dr mana
    intinya aku bangga jadi anak indonesia.(^_^)

    –> aku juga bangga jadi anak Indonesia🙂

  32. Eeta says:

    Aku asli sunda.. Dari kecil sampe segede ga kemana mana hiks.. Ngiri bgt jadinya.. Asalnya aku kira In orang batak..

    –> waks? batak? heheeh…gpp nanti pasti ada kesempatan keluar dari jawa barat

  33. emma says:

    Tapi tetep mata uang yang kamu suka adalah rupiah kan..?

    #’ga nyambung yaaa..??#

    –> saya sambungin aja deh🙂 mm….suka rupiah sih, cuma dikasi dollar juga ga nolak

  34. OeJi nAkAL says:

    wes lah… pokoke hidup indonesiaaaaa…..
    negeri yang masih terjajah oleh bangsanya sendiri…

    wakakakakaka…

    –> Wah jangan pesimis gitu mas …

  35. hedy says:

    Cantik sekali mba indira …..🙂

    –> terima kasih, saya memang cantik dari sananya😛

  36. Repotnya gitu kalo jadi orang cakep….selalu ditanya-tanya….rumahnya mana….asalnya mana…..ntar ujung2nya…no teleponnya berapa….

    –> hahahahaah……pengalaman pribadi neh kayanya😀

  37. wi3nd says:

    wee..bhenika tun99al ika euy indi..:)
    dari jawa-smatra men9alir deras didarahna heheh..
    je9e9 jeun9 pake kebaya 9ituhh..:)

    –> wah tau kaya jegeg, belajar dari mana say ?

  38. anny says:

    Yup btul In, kita semua orang Indonesia gak usah bingung2 kita harus punya rasa memiliki kebudayaan dari sabang sampai merauke🙂
    Akupun bangga punya darah campuran Batak dan Sunda🙂

    –> kita harus bangga mbak dengan asal kita darimanapun itu🙂

  39. Farrel says:

    Oooo ternyata. Bolaang Mongondow tuch yang punya PERSIBOM ya khan Miss….?

    –> bener bangetttttttt🙂

  40. Arya says:

    – Ibarat negara ini, kau adalah bhinneka tungga ika, mbak
    – Ibarat kudapan, kau adalah bumbu rujak dimana asam, gula jawa, garam, cabai diuleg jadi satu..
    hmm…cabenya berapa mbak ? kok pedes neh…?🙂
    bercampur-campur, tetapi tetap orang Indonesia juga

    –> pintere rek bikin perumpamaan🙂 setujuuu…kita semua orang Indonesia

  41. MMM…COBA KU TEBAK MBAK….
    MBAK ADALAH ORANG BALI…KARENA BALI LEBIH BANYAK MENGISI RELUNG HATI MBAK IN…UPS…BENAR APA SALAH NIH…

    –> Hehehe….saya sih monggo aja disebut orang Bali😛

  42. yulism says:

    ha ha.. 🙂 mbak Iin tahu ga???… Selama ini aku mengira dirimu itu neng geulis, gadis berdarah sunda. Kenapa demikian karena dari photo kebaya itu dan juga photo di headernya. Kalau dari ayah saya sudah berfikir benar. Ternyata parah saya menebaknya, ternyata masih ada keturunan Madiunnya. Dan lahir, tinggal, besar di Bali, sama sekali Bali tidak ada dalam perkiraan saya lho. Thanks

    –> hehehehe…..memang penampilan saya menipu mbak😉

  43. si Dion says:

    ahaa, menarik juga mba. aku juga orang madiun lho, tak tagih kopdarnya kapan2 yak!

    –> wah madiunnya mana dion? Insya Allah kalau sudah waktunya pasti bisa kopdar🙂

  44. delonelybie says:

    cantik banget ya,,,,Indoesia-nya keliatan dari face-nya….
    kirain tadi ini punya mas-mas,,,hehehe

    –> makasiii😛 jadi geer.com neh….salam kenal yah

  45. Fandhie says:

    halo indira…
    sama nih produk indonesia juga😀

    –> kita kan cinta produk Indonesia🙂

  46. Liat nama dan fotonya sekilas, pastilah iya, “Orang Indonesia”.

    Tapi kalo denger bisa bahasa Bali, juga jawa, sedikit bahasa Sulawesi dan Sunda + fotonya yang terlihat cantik sekali dengan kebayanya itu… Wah, ini sih pasti… “ORANG INDONESIA BANGET” deh..🙂

    –> hehehe…asal bukan orang Indonesia yg kebangetan ya mas🙂

  47. Catra says:

    saya juga pernah ditanyain begitu mbak. langsung aja ditebaknya, “cat kamu dari bali ya?” hehehe

    –> iya, namamu biasa dipakai ama orang Bali🙂

  48. suhadinet says:

    Benar dugaan saya: ada darah sulawesinya. Eit, tapi tak pernah punya sangka ada darah jawanya.

    –> hehehe…ada pak 40% lah😀

  49. alris says:

    Indira, ya pasti orang India. Kan pernah iadi perdana mentri negeri yang punya Taj Mahal itu. Oh, itu Indira Gandhi🙂
    Emak saya berasal dari Sumatera father dari barat, jadi saya berasal dari Sumatera Barat. (nggak lucu, ya… makanya jangan ketawa. ketawa sendirian bahayyyya)

    –> agak garing dikit, tapi buatmu aku ketawa deh😀

  50. si Dion says:

    madiun timur mba, okei, insya Allah deh nanti..🙂

  51. Alim Mahdi says:

    Gak penting asal darimana, Asal orangnya baik… bener gak…🙂.
    Nah Mbak Indira ini selain baik juga cantiq… maka lupain deh asalnya darimana?!

    –> bener banget🙂

  52. Tigis says:

    abis buat dipake nimpuk KFC nya gue ambil lagi. Abis masih laper :mgreen:

    –> ga bisa, karena begitu dilempar langsung gw tangkep trus masukin lemari buat makan siang😀

  53. Sama dunk ak jg org Indonesia, bpk dari Palembang, ibu dari Bandung, lahir di Bandung, sempat sekolah di Michigan USA selama 3 tahun waktu usia 5 tahun. Setelah itu SD sampai SMA di Palembang, lalu kuliah di Semarang. Akhirnya sekarang berlabuh di Jakarta.. hayo ak jg bingung klo ditanya orang mana? hehe.. Bahasa Sunda, Jawa, Palembang, inggris ak bisa smua, cuma bhs Bali yg blm bisa🙂

    –> jangan bingung, yang pasti kita orang Indonesia😀

  54. Mahendra says:

    Nampaknya anda punya sense of language yang tinggi… Tabik…

  55. Jay says:

    Hidup NKRI…..
    In, maaf ya ada koreksian dikit nih
    …..abdi tiasa nyarios sunda (saeutik) bagusnya sih (saalit)
    …..abdi parantos (neda) ibu parantos tuang😀

  56. Maria says:

    Kalo aku liat pertama kali ama kamu In, aku langsung inget tokoh utama film kartun Pocahontas. Rambutnya hitam panjang terurai… *bukan hantu kan, In*

  57. Ikkyu_san says:

    Aishiteiru itu yang paling penting In !!! heheheh

    EM

    –> bener mbak🙂

  58. Heru Himawan Tejo Laksono says:

    Demi Tuhan, betapa cantik dan anggun…

Leave a Reply

