Denpasar – Singaraja

Setelah diundur beberapa kali, akhirnya aku dan Dwiga – my partner in crime – jadi juga liburan ke Singaraja. Tawaran Dwiga untuk naik motor aku iyakan saja dan Kamis, 25 Desember ± 13.00 WITA kamipun berangkat ke Singaraja, kabupaten yang terletak di utara pulau Bali. Cuaca sangat bersahabat dan setelah ± 1 jam berkendara kami tiba di daerah Bedugul. Sudah setengah perjalanan dan diputuskan untuk beristirahat sejenak di tepi Danau Beratan. Bedugul adalah daerah yang sejuk dengan beberapa objek wisata menarik seperti Botanical Garden, Danau Beratan dan Tamblingan, Strawberry Farms dan berbagai water sports. Agar tak sampai terlalu sore, istirahat cukup 5 menit saja dan perjalananpun dilanjutkan kembali.

danau-beratan-1

danau-beratan-2

danau-beratan-3

berdua


Dwiga sih tekadnya kuat buat menempuh perjalanan Denpasar – Singaraja yang berjarak kurang lebih 80 km dengan sepeda motor, sayang ‘keluhannya’ banyak banget😀 . Kalian bakal tau apa aja keluhannya selama 3 hari perjalanan kami di kota Singaraja:mrgreen: . Perjalanan cukup lancar sampai kami tiba di daerah Pacung, dimana jalan mulai berkelok-kelok dan banyak tikungan tajam dengan jurang dan tebing di kiri dan kanan. Tiba-tiba saja Dwiga jadi pendiam, waktu aku ajak ngobrol tau ga apa jawabannya: “Diem dulu in, aku mabuk neh” hahahahaha😆 , kalau jetlag aku bisa maklum, atau kalau mabuk karena naik kapal atau mobil bolehlah…tapi ini naik motor dan dia pula yang mengendarai….aku sih prihatin cuma tetep aja ga bisa nahan ketawa – piss Dwiga….😀 . Akhirnya penderitaan dwiga berakhir juga setelah kita melewati daerah Gitgit (disini ada air terjun kembar yang bisa dikunjungi). Begitu masuk Singaraja panas khas daerah pantai langsung menyengat, Dwiga dan Eka (temannya yang rumahnya akan jadi tempat menginap kami) sudah janjian ketemuan di patung singa. Tenyata terjadi miscommunication dan Dwiga dengan pedenya berhenti di pos polisi dekat sebuah pertigaan dengan patung ditengahnya (dan bukan patung singa). Untung saja ada pak polisi yang berinisiatif menanyakan tujuan kami dan menjelaskan bahwa patung singa yang dimaksud masih 1 km lagi😀 … hehehe…kadar pede kami memang suka over dosis. Melesatlah kami menuju patung singa dan Dwiga dengan suksesnya muntah-muntah setibanya disana akibat bikelag (gejala: pusing, mual, telinga berdengung dan jalan limbung) ….hahhahaa😆 . Eka datang tak lama kemudian dan membawa kami ke kedai bakso. Setelah melahap semangkuk bakso dan segelas the hangat (padahal cuaca sangat panas), kamipun merasa lebih segar.

patung-singa

Taman Kota

Setelah mandi dan istirahat sejenak, kami dibawa Eka berjalan-jalan ke Taman Kota Singaraja. Ini salah satu tempat yang ramai dikunjungi warga yang mencari hiburan murah meriah, sekaligus berolah raga. Semakin sore, taman ini semakin padat dengan pengunjung. Ramai anak-anak bermain sepak bola, keluarga yang menikmati cerahnya sore sambil menikmati berbagai jajanan yang dijajakan di warung-warung sekitar taman. Ada juga tempat bermain untuk anak-anak. Dari sini bisa kita nikmati pemandangan kota Singaraja yang dikelilingi perbukitan hijau, bagus banget. Selepas berkeliling dan berfoto di depan kolam air mancur, kami meluncur ke Pasar Senggol untuk makan malam.

lapangan-taman-kota

taman-kota-sore-hari


iin-depan-air-mancur


Pasar Senggol

Kenapa disebut pasar senggol? Karena biasanya padat dikunjungi orang jadi kalau jalan bisa bersenggolan😀 . Pasar sejenis banyak ditemui di Singaraja, dan kali ini pasar senggol yang kami kunjungi menawarkan berbagai menu makanan, mulai dari bakso, sate, gule, gorengan, berbagai jenis es dan panganan. Menu yang saya pilih adalah tipat tahu. Seporsinya lumayan banyak dan dibandrol dengan harga Rp 7000/porsi. Perut terisi, maka perjalananpun dilanjutkan ke Pantai Penimbangan.

tipat-tahu

Pantai Penimbangan

Ada kejadian lucu di perjalnanan. Kami sempat mampir ke mini market untuk beli batre dan tolak angina (ini doping-nya Dwiga😉 ). Baru saja kami hendak memutar motor, ehhh…Eka sudah hilang dari pandangan. Dua orang yang doyan nyasar dan ga tau arah ini terang aja jadi kelimpungan. Parahnya lagi HP Dwiga ada di Eka dan dia ga hafal no HP Eka. Untung kami masih sedikit cerdas, aku telponlah HP Dwiga, tapi ga diangkat. Daripada nyasar, akhirnya kita berdua duduk menunggu di depan mini market. Tak lama kemudian Eka telp menanyakan dimana kami berdua:

Eka : kalian dimana?

Dwiga : di depan mini market

Eka : ngapain balik kesana?

Balik? Kita belum kemana-mana…hehehe…akhirnya Eka yang sudah lumayan jauh balik lagi menjemput kami berdua😀 , dan perjalananpun bisa dilanjutkan.

Di sepanjang Pantai Penimbangan ini kita bisa menemukan deretan penjaja jagung bakar dan panganan lainnya. Karpet dan kursi disediakan buat pengunjung yang mau menikmati malam di pinggir pantai sambil makan jagung bakar gurih. Sayang saking canggihnya kamera saya, semua foto yang diambil malam itu pada kabur:mrgreen: . Ada pengunjung yang hanya duduk santai sambil mengobrol, ada pula yang memancing. Menurut Eka, kalau kita beruntung dan cuaca sedang cerah, kita bisa melihat hujan meteor di pantai ini. Sayangnya malam itu agak berawan, jadi setelah melahap jagung bakar kamipun pulang untuk beristirahat. O..ya, sedikit cerita lagi, saking kompaknya…malamnya kami berduapun sama-sama ga bisa bobo karena anyang-anyangan…hehehe…😀 .

bersambung – Bike Riding to Singaraja (Day 2)

About 1nd1r4

Kuhabiskan masa kecil hingga dewasa di Bali, the Island of Paradise....hidup dengan mengikuti alir yang ditentukan yang Maha Kuasa...what I want is just TO BE HAPPY!

32 responses »

  1. edy says:

    saya juga baru smalem balik dari bali🙂

    –> wah ga bilang2, kan bisa kpdar

  2. geRrilyawan says:

    pertamax gak?
    liat judulnya kirain naik sepeda….kalo naik sepeda kayaknya asik tuh…wah tempatnya dahsyat ya…

    –> nggak😀 . Kalau naik sepeda ke Singaraja? gempor dehhhh….heheheheh

  3. Arya says:

    viewna bagus sekali jeng…
    emang seperti itu sih kalo ber-bikers-ria, I just wonderring…
    jika tolak angin bisa buat obat masuk angin dan bikelag…
    lalu anyang-anyangan obatna apa ya …. he..he…😉

    –> anyang2an obatnya iket jempol pake karet😀

  4. aRa says:

    Seruuu, baca postingannya serasa mupeng, semoga nanti saya bisa kesana🙂

    salam kenal,

    aRa

    –> hahaha…pake mupeng segala, ayo main ke bali ajah🙂

  5. try says:

    dingin pastinya ya say…waktu lewat mo ke bedugul aja dinginnya gak kuat😀 …pokoknya asyik lah jalan2nya jeung! jadi pingn ke bali bulan maret nanti *ngincar nyepi* ;D

    –> hayoooooooo….Nyepi kok malah ke Bali…kan ga bisa kemana2….

  6. selamat malam jeung
    lama sekali jalan jalannya sampai sampai blue tak bertemuan lagi dech.
    Moga segalanya menjadi menyenangkan ya
    selamat tahun baru serta salam hangat selalu

    –> malam blue🙂 . Maaf ya jarang blogwalking, lagi lliburan neg….tapi nanti pasti mampir lagi kerumah blue🙂

  7. Tigis says:

    wah kyknya bali indah banget ya dr foto2x elo ini In. Asik jg kyknya tinggal di sono🙂 Eh In, tipat tahu itu mksudnya kupat tahu bukan yah. Tp koq ada mie nya segala. Jd inget gado2x versi batam yg pake mie🙂

    btw, gue jd ngebayangin posting ini elo translate ke english buat bahan sesuatu yg bakal elo release di thn 2009 nanti:mrgreen:

    –> di bali everyday is holiday git😀 . Yups kupat tahu…bukan pake mie git, tapi pake tauge. Masih mode kompor juga neh ternyata

  8. si Dion says:

    Tempat2 di Bali ngga kalah menariknya dunk sama aussie, bettol kan mba?😉

    –> betulllll bangetttsss

  9. nino says:

    selamat berlibur..

    –> makasi🙂

  10. hedi says:

    Asyik juga cerita jalan – jalannya
    tahun depan direncanakan ke sana😆
    btw anyang – anyang teh naonnya ?

    –> kalau dah kesana jangan lupa posting yahhhh…anyang2an itu rasa pingin pipis tapi ga banyak keluarnya…gituh

  11. asik benerr ke Singaraja naik motor. Yang mabuk kamu apa Dwiga??? Jangan menyampaikan kebohongan publik ya! Eh, btw omong2.. aku punya blog lhooo…
    Tapi masih bingung, kok berantakan gitu ya blog ku. Cek dong sis. Suwer, aku tidak akan menggunakan blogku di jalan sesat ataupun menjelek2kan kamu di depan publik internet sejagat raya. Janji orang ganteng! Ini alamatnya:
    http://warungkewarung.blogspot.com/

    –> tentu saja Dwiga yang mabok, aku duduk manis di belakang🙂 udah aku cek blogmu dan memang butuh perbaikan sana sini….hahahahaha😀

  12. anny says:

    Kereeeennnnnn abis Top Markotop deh Bali memang tiada duanya In🙂
    Jadi pingin ke Baliiiiiiii………….!!!!!!!!!!!!!!

    –> ayooo ke Bali tehhhhh🙂

  13. nh18 says:

    Bah …
    Aku pikir Bike itu bersepedah …
    Ternyata naik motor toh ini …

    Hmmm pasti mengasikkan nih …
    eniwei … ditunggu jilid duanya …

    –> hehehe…motor om, kalau naik sepeda pancal bisa2 kesebelasan betisku😀 … jilid 2 ssegera menyusul

  14. suwung says:

    duh enaknya jalan jalan

    –> memang enakkkkk😀

  15. suwung says:

    wah pertama ya diriku asyik asyik

    –> kayanya nggak deh😀

  16. kotanya indah sekali ya….
    pengen donk kesana

    –> ayo kemari🙂

  17. dafhy says:

    wew dah lama bak berbikers ria

    –> heheh…saya juga…flat rasanya duduk lama di motor

  18. idawy says:

    Bali emang terkenal sm pengendara motor.. tp 80 km dgn sepeda motor? bokong rasanya gmn tuh In hihihihihi

    Met liburan yaaaa.. pulang kampung pasti lg kangen2an😉

  19. Arya says:

    selamat tahun baru…mudah-mudahan kesehatan dan keberkahan senantiasa berlimpah di tahun ini^O^

  20. marshmallow says:

    asyik banget jalan-jalannya.
    sayang singaraja jauh dari kuta ya, in? soalnya kalau ke bali selalu nginepnya di jalan legian, dan tiap pengen ke singaraja teman-teman langsung discouraging gitu deh: yang jauhlah, yang gak banyak yang bisa dinikmatilah, menyebalkan! lain kali gak mau denger kata teman-teman deh, jalan aja!

    –> Bali bukan hanya Kuta uni…..banyak daerah lain yg lebih indah potensi pariwisatanya

  21. Utami says:

    In, sampaikan salam prihatinku pada Dwiga…aku mengerti perasaannya, secara aku juga pernah mabok waktu naik motor dari Jogja ke Wonogiri… Hiks..Hiks… Dwiga, tabahkan hatimu Nak…

    –> hahahaha😆 ada juga yg nyamain Dwiga

  22. ayay says:

    maaaaaaaaaaaauuuuuuuuuuuuuuuuu
    mesti degh klo baca blognya mba Indira bawaannya Iri asyik banget bawaannya jalan2 terus..

    –> hehehehe…..mumpung liburan say🙂

  23. ketika jeung mampir blue sudah pergi menjauh sahabatku
    blue senang banget bisa berteman dengan jeung In.
    salam hangat selalu

    –> pergi jauh gpp, asal kembali ya blue🙂 nice to have u as a friend too

  24. ascura says:

    hiks.. belum pernah ke bali nih sayah

    –> ayo main ke Bali🙂

  25. mikekono says:

    Met Tahun Baru🙂
    semoga Mbak Indira
    makin sukses dan bahagia selalu

    –> Met Taon baru juga bang…sukses buat abang🙂

  26. suhadinet says:

    Hujan meteor? Wuih, andai pas kamu lewat muncul tuh hujan, pasti keren ya, 1n…
    Selamat tahun baru, semoga tambah sukses.

    –> sayang ga hujan meteor pas saya disana pak😦 … met taon baru juga….sukses buat bapak

  27. wi3nd says:

    have fuuuuuuuuuunn..
    *kapan bisa kesanah la9i yaa..?

  28. jeunglalaas says:

    Tipat tahu, ya, In..
    enak ga, In?
    ada petis-petisnya gitu, kah?

    Mbayangin rasanya..
    kayak apa yaa… kira-kira…. mm… (drooling… tes, tes,tes. hihihi)

    –> ada petisnya say🙂 …. enakkkkkk rasanya…jangan lupa bawa tissue kalo dah ngecess gituh😀

  29. sekarang gimana?
    pasti masih menyimpan postingan yg baru kan,jeung?
    I kangen ………….banget
    salam hangat selalu

  30. Maria says:

    In, jelasin lah siapa si Dwiga itu. Apakah si…
    Hehe… Peace…

  31. Many thanks for a real excellent webpage. I noticed on this website tips written in a wonderful means. I would highly recommend those website around the world and next to each and every of my close friends. I had been looking this kind of online for a large number of days to weeks. Again many thanks featuring this particular stunning issue.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s