Setelah menghabiskan tahun baru di rumah saja, Sabtu, 3 Januari 2009 kemaren saya dan Dwiga memutuskan untuk sekali lagi melakukan bike riding. Kali ini tujuanya adalah daerah Tabanan yang bisa ditempuh ± 30 – 45 menit perjalanan dengan sepeda motor. Tepat pukul 09.30 Dwiga sudah datang menjemput dan perjalanan diteruskan menuju seputaran ubung untuk menjemput dua orang teman Dwiga.

Pukul 10.00 kami siap berangkat, sayangnya ketika baru saja keluar dari rumah Eka, ban motor Dwiga kempes (bukan karena harus menanggung berat badanku sebagai penumpang loh). Untung saja ada bengkel tak jauh dari rumah Eka dan setelah menunggu selama ± 20 menit, perjalananpun dilanjutkan. Rencana kami adalah ke pemandian air panas di Penebel, Tabanan. O…ya dalam perjalanan kami sempatkan mampir ke mini market karena saya dengan cerobohnya meninggalkal perangkat penting acara berendam dan mandi air panas ini. Apakah perangkat penting itu? HANDUK😀 . Kesialan kedua saya hari ini, mini market tersebut tidak menyediakan handuk dengan ukuran dan ketebalan yang ‘layak pakai’. Dengan terpaksa saya beli juga handuk tipis yang untuk menyeka tangan saya saja mungkin sudah basah😦 .

Taman Kupu-Kupu (Butterfly Park)

Kebetulan ada di Tabanan, kamipun menyempatkan mampir di Taman Kupu-Kupu. Saat akan membeli tiket, bersamaan dengan kami ada rombongan wisatawan asing. Saat salah seorang dari kami menanyakan harga tiket, ibu penjaga tiket memberi ‘tanda’ untuk menunggu. Ternyata harga tiket pengunjung local dan asing dibedakan. US$ 6 buat wisatawan asing, Rp 15,000 buat local dan gratis buat penduduk Tabanan. Pengklasifikasian sejenis inilah yang tidak saya temui di tempat wisata di Australia. Disana tiket dibagi berdasarkan dewasa, anak-anak dan concession (lansia dan pelajar). Sayang seribu sayang, harapan saya untuk melihat taman indah dengan kupu-kupu berterbangan diatas kepala musnah seketika. Pengunjung dilepas masuk tanpa guide yang bisa memberi keterangan tentang kupu-kupu yang ada disini. Taman ini juga miskin penunjuk jalan yang mengarahkan pengujung kemana mereka ‘sebaiknya’ melihat-lihat terlebih dahulu. Basically, saya tidak melihat sesuatu yang istimewa di taman ini dan bisa dijamin saya tidak tertarik untuk datang kedua kalinya. Tempat wisata sejenis ini idealnya menyediakan atraksi tertentu yang bisa menarik pengunjung, dan tidak murni mengandalkan potensi penangkaran kupu-kupu. Tidak banyak jenis kupu-kupu yang bisa saya lihat siang itu. Tapi ada kupu-kupu berwarna orange yang dengan manisnya hinggap di jempol kaki saya😛 .

baru-masuk1

gerbang

another-spot-in-the-park

jalan-di-taman

one-spot-in-the-park

belalangkupu-kupu-1

kupu-kupu-barong

kupu-kupu-hinggap-di-jempol

gaya-dulu-ahhhhhhhhhhhhh

Jatiluwih

Sebelas atau dua belas tahun yang lalu saya sempat camping di daerah Jatiluwih, Tabanan. Daerah ini terkenal dengan areal persawahannya yang indah. Ketika kemarin saya berkunjung kembali, ada banyak hal yang sudah berubah. Ada beberapa perusahaan yang sudah membangun base camp wisata outbound disini. Aktifitas yang ditawarkan diantaranya rice field trekking and cycling. Karena tujuan utama kami adalah ke pemandian air panas, maka kami hanya mampir sejenak menikmati pemandangan sawah dan gunung Batukaru serta hembusan angin segar yang membuat saya ingin tidur siang…hehehe😀 .

jatiluwih-1

jatiluwih-2

jatiluwih-3

iin-depan-sawah

padi

panggul-padi

Pemandian Air Panas

Akhirnya sampai juga di pemandian air panas yang terletak di daerah Penatahan, Tabanan. Jalan masuk yang berbatu tidak menyurutkan niat kami. Tiba di lokasi, kami disuguhi gemericik suara air yang mengalir dari sebuah air terjun mini dan deru air dari sebuah sungai berbatu di dekat pemandian. Ada 2 kolam utama, kolam bawah merupakan kolam air panas dan kolam atas adalah air dingin. Selain dua kola utama tersebut terdapat kolam private dan kolam-kolam kecil untuk 1 – 3 orang (berukuran tubuh sedang). Tiket masuknya Rp 20,000 dan dengan jumlah sekian kita bisa menghabiskan waktu 1 jam di kolam private (dikelilingi dinding bamboo) dan sepuasnya di kolam yang lainnya.

air-terjun-mini

kolam-air-dingin

kolam-air-panas

kolam-private

sungai-berbatu

taman

iin-berenang1

Bagaimana rasanya berendam di air panas? Enakkkkkkkkkkkk…..anget-anget gimanaaaaaaaaaa gituh:mrgreen: . Satu hal yang membuat tidak nyaman dari tempat ini adalah kamar gantinya yang baunya pesing abis dan lantainya dipenuhi genangan air. Saking pingin buru-burunya keluar saya ga sempat mengambil fotonya. Kami putuskan untuk membilas tubuh dirumah saja daripada jatuh pingsan karena bau pesing.

Malamnya saya tidur dengan sangat nyenyak. Berendam di pemandian air panas memang membuat tubuh jadi rileks. O…ya, buat yang ingin berwisata kemari bersama keluarga, tersedia juga bungalow dengan harga yang terjangkau. Sampai jumpa di perjalanan saya berikutnya🙂 .

About 1nd1r4

Kuhabiskan masa kecil hingga dewasa di Bali, the Island of Paradise....hidup dengan mengikuti alir yang ditentukan yang Maha Kuasa...what I want is just TO BE HAPPY!

38 responses »

  1. nh18 says:

    Aaaarrrggghhh …
    Pingin ke Bali nih jadinya …

    This is the other side of Bali …

    (Bali is not just Kuta, Nusa Duda, Ubud, Discovery, Sukawati, Guwang …)

    Masih banyak yang lain ternyata …

    Thanks In …

    –> sama2 om, itulah tujuan saya menulis postingan ini, agar orang tahu bahwa Bali bukan hanya Kuta dan sekitarnya atau belanja2 di Sukawati🙂

  2. nh18 says:

    Nusa dua maksude …
    maap

    –> iya om….ngerti kok🙂

  3. cenya95 says:

    Meskipun Sy blum ke sana, serasa berada di Tabanan saat kumembacanya.
    Thanx

    –> senang kalau bisa membawa anda kesna lewat tulisan ini🙂

  4. annosmile says:

    cerita yang menarik..
    mengundang saya untuk mengunjungi Tabanan

    –> ditunggu ceritanya kalau sudah mampir ke Tabanan🙂

  5. nino says:

    wah,, jalan2 terus niih.

    –> mumpung ada waktu dan kesempatan🙂

  6. jeunglala says:

    @ Om:
    Nusa Duda?
    Jandanya? hehehe…

    In,
    I love the pictures with a butterfly on your thumb! Lucu banget… dan kamu tanggap sekali bisa cepet-cepet mengabadikannya sehingga momen begini nggak kelewat… great, In…. emang penting banget ya, punya kamera digital.. (apalagi yang narsis kayak diriku ini)

    Pembedaan harga seperti itu, mau nggak mau, memang sudah ada di lingkungan kita, In. Contoh mudahnya, rate kamar hotel. Kalau warga asing berapa, kalau lokal berapa, kalau interlokal.. eh, malah nyasar… hehehe… intinya sih, sebisa mungkin mendapatkan keuntungan sebanyak-banyaknya.. Padahal orang bule itu pasti tahu kalau 15 ribu itu nggak sampai dua dollar…🙂

    Well, In..
    looks like you’re having your ‘moments’ ya…
    glad to see your smile… no doubt!

    Hm,
    any chance to have a date with our destiny, In?🙂

    –> la, narsis sejenis aku ga mungkin pergi tanpa kamera dan kupu2 itu lumayan lama bertengger dijempolku (agak lama dikit kram deh tuh jempol😀 ).

    Itu dia la, pembedaan harga itu seolah2 para bule tidak mengerti harga. PAdahal banyak dari mereka dah berkali2 datang ke Indonesia dan menjadi sangat meng-Indonesia…..

    I have great times here, and looking forward to meeting u sist….🙂

  7. anny says:

    Huwaaa……….hiks hiks aku jadi tambah ngiri sista🙂
    Indah nian tiada duanya

    –> nanti pasti ada kesempatan kesana teh🙂

  8. goenoeng says:

    ternyata masih teteeeep….jalan2 dari dulu.

    sudah lama aku nggak ke sini, dan hari ini kutengok, haha….tetep !

    enak sekali ya, bisa jalan2 terus gitu. jadi ngiri nih.😀

    –> heheheh….jalan2 murah meriah mas🙂

  9. eeta says:

    In suka bikin iri orang kayak aku yg belum bisa kemana2 hiks..😦

    –> bukan begitu sayangggggggggggg…..ini berbagi cerita, siapa tahu next time dirimu juga bisa kesini🙂

  10. Ardian says:

    jiwa seorang fotografer terpancar dari aura pemilik blog ini

    –> aduh anda terlalu memuji, ini hanya keisengan seorang yang kadar narsisnya sudah akut😀

  11. Humorbendol says:

    Kamar gantinya kok bau pesing ? Emang gak ada tukang bersih-2nya ya mbak? Sayang kan tempat wisata yang bagus tapi kurang menjaga kebersihan.

    –> pengunjung tidak menjaga kebersihan dan ga ada petugas kebersihan juga…itu dia mas, padahal kebersihan ini jadi syarat utama kenyamanan pengunjung

  12. garadi says:

    In, tanggal 3 itu saya juga ada di tabanan, rumah ortu, jln batukaru, jalan menuju air panas pasti ya lewat depan rumah…koq gak mampir?…emangnya tau? he…he…he

    –> hehehe…mana tau kalo mas ada disana juga😀

  13. suwung says:

    buk kerjanya kok jalan jalan see?
    jadi iri
    (iri tanda tak mampu)

    –> yo ngene iki nek pengangguran😀 … mumpung ada kesempatan dan dana pakde🙂

  14. geRrilyawan says:

    wah jalan-jalan terus nih in….
    wah bener-bener indonesia tanah air beta nih….bangga jadinya. cuma itu ya yang di taman kupu-kupu kelengkapan turisnya nggak diperhatikan guide nggak ada, signage nggak jelas….dilepas gitu aja.
    daerah kita banyak yang bagus, cuma kurang diolah, dan dikembangkan lagi….visit indonesia year 2008 kemarin kayanya kurang keras “volume”nya.

    –> iya sebelum aku sibuk lagi ama tugas2 kuliah🙂 . Itu dia, banyak orang yg ga tau kalau ada VIY kok….

  15. marshmallow says:

    aku hanya berdoa semoga kupu-kupu oranye itu nggak mati keracunan setelah menghidu bau jempol indira.

    *kaboooorrr*

    –> uniiiiiiiiiiiiiiiii….teganyaaaa dirimuuuu!!!! pingsan? masih beruntung dia ga koma…hahahaha

  16. kucingpemalu says:

    Iin, postingannya bagus banget…:)

    –> terima kasih…..akhirnya si kucing kembali…nice to see u back🙂

  17. Farrel says:

    Kalo musim hujan gini, emang masih ada kupu2nya…? Saya belum pernah kesana….

    –> kalo kemaren sih ada, perginya jangan pas hujan yaaaaaaaaa🙂

  18. Arya says:

    Mbak..
    looks like butterfly having a good moment in your thumb ya…
    paling suka lihat pict petani memanggul padi dengan background view yang bagus…Indonesia banget…

    –> heheheh😛 cinta Indonesia deh pokoke

  19. Darwizar.SE says:

    Wuih……..sampai ngilleeerrrr…..

    Kapan ya kesana…..

    –> jangan lupa dilap ilernya🙂

  20. antokoe™ says:

    ah.. jadi pengen ke-bali lagi.
    kapan ya…..

    –> kapanpun kalau ada kesempatan🙂

  21. Tigis says:

    kyknya muter2x Bali cukup pake motor ya In. Denger2x banyak tempat nyewa motor di sono ya.

    nah kalo yg ini mandinya pake baju:mrgreen:

  22. indira, saya ke blognya hedi kok tidak ada, tulisannya: blog ini sudah didelete oleh pengarangnya.

    pindah ke mana ya si hedi? (mylifejourney.wordpress)

    makasih.

  23. soFy says:

    kHmM…. eNak bGtz iSa jalan” gTu..,
    niCE plaCE,,
    sUka bPetualAng yah??

  24. Wah, serunya jalan2 ke Bali….

    Kapan ya saya bisa ke Bali….hiks

    Salam kenal ya dari Banjarmasin…

  25. wi3nd says:

    aduuchh..makin asyeek ajah neeh jalan2na..
    jadi pen9en jalan2 ju9aa..:)

  26. rima says:

    aihhh seru banget tuch…jadi ditinggal dech another partner in crime-mu satu lagi…hiks :((

  27. ayay says:

    wah sawahnya indah banget,,
    jadi inget masa kecil dulu temanku bpknya bertani gitu mba…
    klo aku libur aku suka ikut dia nganter makanan kesawah .. kita nyembrang kali cuma pake jembatan bambu satu buah,,trus cari ciput sawah bareng, makan sayur asem disawah ehm maknyoss…jaga padi dari burung2 dengan narik orang2an sawah …wah pokoknya seru…
    nggak kaya sekarang mo liat gituan aja bayar ya…(soalnya sawah di Jakarta dah H B S alias jadi perumahan

  28. jiwakelana says:

    duh keinginan tuk ke pulau dewata semakin kuat neh…, kapan ya bisa ke sana…?

  29. i’ve never been to bali ..hiik..hiik..

  30. Yudi says:

    Waah..ini mbak Indira suka jalan-jalan ya ?
    TTDJ ya sambil perhatikan rambu lalu lintas🙂

  31. Anton says:

    Jadi ngiler nih pengen kesana…. tapi saya baru aja dapet baby nih jadi tunda dulu liburannya, paling nggak sampai nunggu Gais (nama anak saya) beranjak besar.

  32. ke bali…………..jadi ingat cerita blue nich.
    jeung gimana cabar?
    salam hangat selalu

    masih ada oleh oleh jeung?

  33. BlaGaBloGer says:

    Huwah,,,,,,,, jadi pengen kesana juga euyh……

    Butterfly Park, ama pemandian air panasnya….

    Salam kenal yah mba…. ditunggu jalan2 berikutnya…

  34. wahyuapriani says:

    Mbak, kalo jalan² lagi, aku ikuuuut dunk!!!
    Enaknya travelling mulu…🙂

  35. eka says:

    nice posting….this my planning today…langsung ke TKP sekarang

  36. adi_zone says:

    brp lama itu dari denpasar yah???????/

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s