Sekelumit cerita masih dari perjalanan ke Jogjakarta liburan musim panas kemarin. Siang itu saya dan Sandi berkendara (roda dua) menuju kebun binatang Gembira Loka. Dalam perjalanan kami melewati sebuah sekolah milik yayasan Islam yang cukup terkenal di Indonesia. Kebetulan saat itu jam pulang sekolah dan ramai anak-anak berseragam putih abu-abu di depan sekolah. Tentu saja ini pemandangan yang lumrah kita temui di jam-jam pulang sekolah. Tapiiiiiiiii….. ada pemandangan yang membuat saya cukup terkejut.

Sayangnya saya tidak sempat mengambil kamera dalam tas dan mengabadikan pemandangan ‘unik’ ini. Tapi kurang lebih inilah yang saya lihat siang itu:

Jilbab model barukah ini???

Jilbab model barukah ini???

Waktu saya tanya Sandi, tau nggak apa jawaban dia? “Itu sudah biasa kak Iin, banyak kok di mall yang jilbabnya seperti itu”. Whattt????? Rok abu-abu mereka memang panjang, tapi dipakai dengan gaya hipster alias melorot sampai pinggul. Kemeja putih yang pendek membuat sedikit saja tangan diangkat makan area kulit seputar pinggang dan perut akan terlihat.

Benar juga kata Sandi, sewaktu saya dan adik sepupu main ke Mall Ambarukmo pemandangan jilbab berponi ini cukup banyak. Belum lagi yang pake baju super duper ngepress badan dan baju lengan ¾ atau 7/8….ahhh…saya yang ketinggalan jaman atau jaman memang makin edan…Apakah ini jilbab model baru yang akan menggantikan jilbab model ini?

jilbab_0002

About 1nd1r4

Kuhabiskan masa kecil hingga dewasa di Bali, the Island of Paradise....hidup dengan mengikuti alir yang ditentukan yang Maha Kuasa...what I want is just TO BE HAPPY!

71 responses »

  1. cahayadihati says:

    Meski Yaya bukan Muslim, tapi Yaya suka melihat cewek berjilbab, apalagi jilbab yang bener2 jilbab dengan maksud dan tujuannya. Memang sekarang kebanyakan (tidak semua) pake jilbab karena gaya….Yaya juga risih kalau melihat seperti itu yang niat2an pakenya. 🙂

    –> itu dia yaya…ahhh…anak sekarang aneh2 ajah….

  2. cahayadihati says:

    ilustrasi mb In keren😀

    –> makasiiiii😛

  3. Ikkyu_san says:

    Iiiiiiinnnn

    persoalan jilbab aku ngga berani comment

    tapi

    gambarnya lucuuuuu, bagus

    berbakat juga ya kamu

    EM

    –> makasi mbak…corat coret sederhana ajah🙂

  4. anny says:

    Waduh iin…….itu mah bukan jilbab tapi jilpon😀
    Jilbab poni hi..hi…hi…, yg namanya pake jilbab tuh yg boleh kelihat cuma telapak tangan aja, baju sama celana pun tidak boleh ngetat kayak gitu dan warna baju gak boleh mengundang perhatian orang atau warna menyolok.
    Yg jelas bukannya jaman yg edan iin😀
    Tapi orang orangnya yang mulai edan😀

    –> itu dia teh, makanya saya kaget pas liatnya….aya aya wae

  5. wah, mantap ilustrasinya,….

    –> thanks🙂

  6. mrpall says:

    hmmmm…emang ga bener tuh walo udah biasa ….tapi skali lagi ga bener klo gitu…

    –> iya bang, risih juga liatnya

  7. abrus says:

    ku pikir jilbab relatif … yg penting hatinya …”berjilbab-kah?

    –> hehehe…sah2 aja kalau berpikir begitu bang🙂

  8. ariefdj™ says:

    wah.. jago gambar.. sodara-an ya ama p tino sidin ? .. hehe.. Soal jilbab model itu, yeah gimana ya.. namanya ajah anak-anak..

    –> gambar iseng aja pakde🙂 ….

  9. wahh makanya hati2 dengan perkembangan mode
    banyak pihak yg meu menghancurkan islam
    apalagi umat muslimah🙂

    –> hehehe…iya perkembangan mode harus dicermati baik2

  10. Ade says:

    gambarnya keren mbaa.. *acung 2 jempol*

    –> makasi uni😛

  11. nino says:

    jadi inget jaman di alajar.. cwecwenya kalo jilbaban pada kaya git..

    –> heheh..soalnya diluar sekolah ga pake sich ya

  12. uwiuw says:

    iya kalau menghdapai situasi kayak gitu mau bagaimana lagi yah….harapannya sih jaman ngak berubah (menuju kiamat) tp udah sunnahtullah kok….hehehe

    –> hayoo mau gimana????🙄

  13. yessymuchtar says:

    hahahaha, emang lagi model tuh say….temen temennya adek gue juga pake jilbabnya kek gitu…pake jilbab cuma ponian…

    cuma seragam aja si..jadi mereka gak pake jilbab tiap saat gituh🙂

    –> iya yes seperti kata teh anny, namanya jipon…jilbab poni😀

  14. irawan says:

    itu ngambar sendiri ya mbak…:)
    gambarnya bagus…pasti mbak suka menggambar…
    ya semoga saja nggak semua ce kayak gtu klo make jilbab…
    ntar klo ce2 jilbabnya kyk gtu smua bisa2 kiamat emg dah deket nih….jgn donk…beta kan masih belum dapet ce nih..he..hhe….

    klo sempet mampir blog beta jg ya…masih baru nih…jd masih anget…halah..

    –> kaya makanan aja anget dari kompor😀 , iya nanti saya mampir deh

  15. mikekono says:

    itulah konsekuensinya
    kalau jilbab dianggap
    sekadar fashion
    berjilbab yg benar
    mestinya menutupi seluruh rambut
    eneng-eneng wae iku….
    btw, betul kata teman2 di atas
    ilustrasi adinda oke buangetttt🙂

    –> tapi inilah faktanya bang….hehe..makasi bang, gambar sederhana ajah

  16. galih says:

    ada yang lebih parah mbak..
    saya pernah liat cewek bejilbab tapi pake baju kaos alias tanpa lengan…
    kalo ada yang berjilbab pake celana pendek yang keliatan pahanya…saya belom pernah liat (kiamat sudah dekat)!

    –> waks! beneran tuh…:shock:

  17. ardianzzz says:

    temenku smp jilbaban pas sma masih jilbaban.. sekarang dah jadi artis lokal.. wiuhhh sexy abisss bo’

    –> seksi dan jilbabnya dibuka? … weleh2

  18. hedi says:

    Cocok jadi pembuat gambar kartun ….
    Kadang dijilbab karena aturan sekolah, bukan kesadaran sendiri ….

    –> nah itu dia kang…tapi seharusnya pihak sekolah bisa mengontrol kan

  19. kezedot says:

    pokoknya blue kagak sreg aza jika jeung In ikutan seperti ityu……………….
    met berakhir pekan ya jeung In?

    salam hangat dalam dua musimnya blue

    –> hehehe…Insya Allah nggak, blue🙂

  20. gushid says:

    wah bukan jilbab tuh, tudung kepala ajah kali ya?

    –> kirain nasi doang yang ditudungin😀

  21. easy says:

    aku no comment. tapi aku sih positive thinking aja. yang mereka pake itu bukan jilbab. tapi sekedar pelengkap fashion doang.
    pernah tau kan di era tahun2 dulu musin orang luar negeri pake scraft yang dijadikan kerudung ? sepintas kayak jilbab, tapi bukan jilbab😀

    so,, yang penting kalo menurut kita itu ga bener kita ga perlu ikutan. itu aja sih😀

  22. mrpall says:

    hooh aku juga setuju th ama mba easy….semoga pada sadar ajah semua yg pake… salam…

    –> amiin🙂

  23. setuju jg dengan mbak easy..

    tp klo ada yg bilang, gpp ga brjilbab, yg pnting hatiny berjilbab..
    kayaknya seperti org yg bilang
    gpp ga shalat yg pnting hatinya yg shalat
    🙂 , ups, sorry..

    salam kenal mbak In
    izin, blognya saya link yah..!

    –> hehehe….silahkan dilink mas🙂 salam kenal juga

  24. muhamaze says:

    walupun bagaimanapun, aku lebih tertarik model jilbab yang bawah, sungguh anggun jilbabmu…

    –> 😛

  25. suwung says:

    kadang jilbab cuma mode aja
    harusnya hatinya juga pake jilbab

    –> lengkap kalau 2 2nya pake jilbab mas🙂

  26. kezedot says:

    malam banget nich jeung Sari
    mimpi indah ya
    salam hangat dalam dua musimnya blue

    –> makasi blue🙂

  27. achoey says:

    sahabat, miris memang denga adanya kenyataan yg demikian
    sehingga hal yang syar’i seolah dipermainkan

    salam salut buatmu🙂

    –> iya kang sedih lihatnya

  28. komuter says:

    itu karena penggunaannya yang diwajibkan di sekolah, sementara di rumah tidak ada penyadaran yang diberikan oleh para orang tua tentang penggunaan jilbab.
    itulah sebabnya pendidikan harus oleh semua pihak yang, dilaksanakan secara berkesinambungan dan terkoordinasi agar para pelajar mengerti mengapa mereka harus melakukan sesuatu dan menggunakan sesuatu.

    –> setuju mas🙂

  29. omiyan says:

    sekarang hampir melanda semua ABG diindonesia, didaerahs aya aja Jilbab tuh dijadiin model dengan poni terlihat….dan terkadang hari ini berjilbab besoknya juga dibuka tuh jilbab entah gimana pola pikir sekarang

    –> wah ternyata dimana2 ya mas….ck..ck..ck

  30. CUMAN ABS asal bapak guru senang.

    –> ibu guru juga, bukan hanya bapak guru

  31. adams says:

    ooo jadi gitu yach trend 2009??? hmmm. kok bisa sih?

    –> auk ah gelaph mas😦

  32. nh18 says:

    Mode baru kali In …
    hehehehe

    –> pingin tau siapa yg nemuin model baru ini om

  33. emfajar says:

    ini nih kalo pake jilbabnya cuma ikut-ikutan tren aja,, jadinya ga ikhlas..

    –> itu dia mas😦

  34. wi3nd says:

    wiiihh.. tenyata in pinter 9ambar yaa.. ** ka9umm..

    emm soal jilbab ituh,ya 9itulah in sekaran9,jilbab 9aul katana,banyak ind yan9 be9itu,nda cuma anak sekolah,banyak sekaran9 inih yan9 make jilbab tapi baju ketat..😦 yan9 lebih parahh.. **#$@** nda enak n9omon9na,miris ind liatnya..😦

    –> weleh, ada jjilbab gaul segala….

  35. reallylife says:

    aku suka jilbab model lama, lebih anggun dan elegan

    –> mang ada ya istilah model lama atau baru🙂

  36. kenapa jadi kaya gitu ya?
    kembali ke asal deh🙂

    –> ga tau juga nich….

  37. an9el says:

    kadang2 org berjilbab menambah dosa2 org yg tidak berjilbab saja🙂

  38. ayay says:

    duh sangat2 disayangkan mba..disaat jilbab di Indonesia sudah boleh digunakan dimana saja, mereka malah menyepelekan kaidah pakaian muslimah yg sebenarnya….

    padahal dulu perjuangan muslimah tahun 90-an sangat berat seperti dimusuhi guru PPKN, berselisih pendapat dgn orangtua, susah dapat pekerjaan, dipaksa buka jilbab disekolah, issue biskuit beracun oleh wanita berjilbab dst..
    eh skrg jilbab sudah diterima menjadi tren busana, mereka malah menyia2kan … ): miris dengernya..

    –> iya ay, masalahnya banyak yg pake karena tuntutan sekolah…jadilah setengah hati begitu

  39. Muzda says:

    Mungkin Mb’,, karena jilbab diwajibkan di sekolah atau kampus sementara hati belum siap,, jadi ya gitu ….
    Jipon …
    Tapi kalo yang di mall atau tempat lain .. hmmm..
    Gak berani berkomentar lebih jauh,, karena saya sendiri belum berjilbab. Pinginnya, bila sudah yakin berjilbab, akan terlihat seperti gambar nomor 2 …😀

    –> semoga saat kita memutuskan berjilbab ga akan seperti itu yah

  40. Tigis says:

    jadi ngebayangin bagian perut dan sekitarnya yg tersingkap krn baju kependekan dan rok melorot ke pinggul:mrgreen:

    eniwei, jilbab skrg banyak yg krn hal laen selain dogma agama. Jadi bisa dimaklumi kalo cara pakenya begitu. Sama kyk naek haji. Gue yakin ngga sedikit yg melakukannya krn ngejar status sosial di masyarakatnya atau lingkungannya.

    –> ga sangka..ternyata loe pervert git:mrgreen: …ya itulah, susah kalau sudah soal ginian…takut juga gw ngomongnya

  41. kezedot says:

    siang jeung In
    salam hangat dalam dua musimnya blue
    semangat

    –> SEMANGAT!

  42. Mr Bien says:

    JIPON model baru ya
    Salam

    –> entahlah bang…sudah tak jelas

  43. maskoko says:

    Astagfirullah…. semoga mereka diberi petunjuk kejalan yg benar…

    –> amiin

  44. titip doa untuk sahabat kita yuk jeung!

    salam hangat selalu

    –> ayuukkkk🙂

  45. nenyok says:

    Salam
    hahaha.. itu siy bukan kerudung sayang, itumah tutup kepala😀

    –> hehehe….itu dia teh…binun aku

  46. jendri says:

    weleh mending sekalian ga usah berjilbab klo masih mengekspohose aurat…😦

    –> sekolah mewajibkan tapi ga ada kontrol, gini deh jadinya

  47. warzs says:

    unik jg

    –> unik???? hmmmm

  48. Yellow says:

    Hmm… hmm… tanya kenapa? Is is possible for us to view them as a victim? Mungkin bukan niat mereka, tapi karena ajaran-ajaran yang salah?

    –> they are the victims? it’s possible..depends on the way you see it🙂 it’s always like a double-edged sword

  49. julie says:

    ohh dah lama itu sis model itu dah sering kuliat
    belon lagi bajunya biasanya dia pake baju kaos ngepress lengan pendek

    hehehehe lucu juga

    lam kenal sista

    –> wahhh…bajunya lengan pendek…parahhhhh😯

  50. zfly says:

    bukan jilbab tuh… mungkin ketidakmengertian anak-anak sekolah terhadap esensi jilbab lah yg menyebabkan mereka menggunakan jilbab tidak semestinya, In.

    –> memang sich bang, cuma pihak sekolah idealnya juga bisa mengontrol

  51. darsono says:

    salam kenal ,jilbab sudah menjadi korban model yg seharusnya untuk ibadah malah bakal mainan gambarnya bagus banget trims

    –> itu dia mas…susah juga

  52. ifoel says:

    hehehehehe.. didaerahku jilbab yang kayak gitu, dikatakan JIMET lho.. alias Jilbab Metal.. xixixixix

  53. hehehe ada ada saja model memang

  54. jilbab jilbab baru…lambang ke……………
    kau memberi cahaya ………..
    hehehe

  55. Irfan says:

    jadi inget kuliah dulu di jogja. jilbab model kaya gini, diistilahkan ma sebutan “polem” alias poni lempar… tu jilbab apa kerudung ya?

    mba indira sari paputungan, apakah ada hubungan sodara dengan irving vitra paputungan?hhee…

  56. fajrin says:

    Saya juga sama kagetnya ngeliat “model jilbab” di Jogja waktu berkunjung liburan kmarin, dan kata teman sy bukan cuma gaya pakaian yg kayak begitu, tp jg pergaulannya agak menyeramkan. Di sekitar kraton lama bahkan sy liat dua orang anak SMP yg sedang berkasih2-an d tempat terbuka..padahal yg perempuan pake jilbab.

    Mungkin krn budaya di Jogja yg permisif dan terbuka ya…sampe2 model jilbabnya ikut2an sedikit terbuka…

  57. affan says:

    Kasihan mbak kalo melihat muslimah kita seperti itu. Nantinya bisa mencitrakan kalo jilbab hanyalah sekedar assesoris saja, padahal menutup aurat itu wajib hukumnya. Dan aurat wanita itu adalah seluruh tubuhnya (kecuali muka dan telapak tangan). Maka janganlah sampai muslimah kita “berpakaian tapi telanjang”.

  58. Salam kenal, GA sengaja bisa nyasar kesini..

    Ngomentarai ttg postingan yang ini, saya baru tau lho kalo di jogja cewek2 sma pake jilbabnya kayak gitu.. Beuh bener2 udah ga bisa disaring lagi ya kebudayaan dari luar sana..

    Guru2 nya kok ngebiarin hal ini terjadi ya?? Dimana nih letak pengawasan guru dan orang tua..

    Kalo ga mau pake jilbab jangan pake.. Ngerusak image aja..

  59. bocahbancar says:

    Uwaa…Ga setuju..ga setuju….

    Dari awal itu pemakaian jilbab sudah ada batas2nya yakni menutupi aurot kan…

    Semoga sampeyan juga bisa memberikan pengertian jika ada yang memakai jilbab seperti itu Mbak Indira…

    Salam hangat Bocahbancar….

  60. Maria says:

    Mami ku tercinta sekarang juga udah mulai pake jilbab In, beliau sekarang udah mengikuti Papi jadi Muslimah…

    –> Alhamdulillah🙂

  61. WANDI thok says:

    Nyang atas itu namanya bukan jilbab, tapi kerudung, ato lebih ngetrendnya jilbab Jean, karena meskipun menutupi, tapi masih akan nampak maaf “tonjolan2/lekuk2” pemakainya. Nyang bawah itu nyang dinamakan jilbab besar, ato istilahnya jalaabih (jamak dari jilbab/penutup). kalo memang sudah punya niat makai, tinggalken model jilbab jin dan kenaken jilbab besar. Di samping itu, akhlaqnya juga harus dijilbab-pi. Salam kenyal mbak 1nd1r4😀

    –> itu dia mas….alasannya mode sih…

  62. BULAN says:

    GITU DEH ORANG-ORANG YANG JADI KORBAN FASHION!!!!!!!!!! JADI PRIHATIN………………….

  63. ratna says:

    wah!!!
    saia juGa tag suKe mB’..
    tag mencerminKand seoRang muSlimah yG bae’ dan benar..
    tapi yG saia binunD kant, djudtru di KOTtA iank termasug terPencilL kuG malaa banyaG yG keex geToch….
    paRah.Na banAx uRang aLay saMpaii2 saia manDant ketuLarant.. wxxwxwxwxwxwxw…….

    piis mBa’…..

  64. ayu says:

    izin share ya bu..

  65. Dewi says:

    Waduh..Prihatin ya sama kondisi pemahaman “jilbab”..
    Makasi banget udah sharing..Mudah2an banyak yg baca sampai kehati..

    Btw, ijin ngopy gambar nya boleh ga?
    Kan sampaikan lah yg benar walau satu ayat ya..
    Mudah2an dengan begitu bisa termasuk ber dakwah jg..

  66. ThisaMooholic says:

    ya ampun!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!
    cek terlalunya ampek buka sdkt demi sdkt aurat!!!!!!!!!!!!!!!
    tak boleh ntuh!!!!!!!!!!!!!

  67. dede says:

    cewe jilbab jaman skarang manx bner2 mengecewakan,,
    pglman tmen ane ndri tu..laki nya ml m cewe jilbab yg klyatanya alim n polos..
    tu dy makanya ane sbel m cewe kek gtu,,ane mgkn slah klo py pkran smua cewe jilbab kek gtu,,tp mw gmna lg si..dah byk cewe jilbab yg gtu..
    maf sblumya klo menyinggung..ane bener2 neg!!!!!!!!!!!!!

  68. zhahratul shita says:

    assalamualaikum,,,, afwan adrus, ana tidak enak dengan kata – kata antum yang mengatakan jilbab relatif yang penting hatinya. jilbab itu pakaian kewajiban, bukan masalah hati atau tidak,, jika antum hanya menunggu hati dulu untuk berjilbab, kapan berjilbabnya???? kata – kata itu yang membuat para akhwat memutuskan untuk ‘siap dulu’ padahal sampai kapan kita hanya bisa berkata demikian??? memangnya kita tahu kapan Allah mengambil nyawa kita?? diwajibkan untuk kita mencari ilmu. maka dari itu melakukan sesuatu harus tahu dulu ilmunya, agar tidak salah seperti gambar diatas. jika sudah berjilbab ikutlah tarbiah – tarbiah, halaqah – halaqah dan pengajian umum. dan jangan lupa berkumpullah dengan orang – orang shaleh.untuk akhina dede afwan berpikir positif mungkin lebih baik dari pada harus mengklaim semua akhwat seperti itu. yang antum maksud itu hanya para ahkwat yang tidak mengetahui bagaimana seharusnya mereka bersikap dan lagi pula mereka tidak mendapatkan pendidikan yang baik mengenai agama mereka. sekian dari ana… assalamualaikum..

  69. Ocelot says:

    Assalamualaikum Wr.Wb..

    Mungkin tergolong telat saya melihat blog ini. Kebetulan saat kuliah, saya melihat pemandangan serupa..
    Mahasiswi yang jelas berkerudung tapi kok (maaf) baju+celana nya (ya ampun) ngetat ya..? dalam hati saya cuma mikir “ni cewek mendingan nggak usah pake kerudung”..

    Tujuan kerudung kan menutup aurat nya wanita, kenapa ditutup? karena Islam sangat menempatkan perempuan di tempat yang mulia, menghindarkan kita dari pikiran “jorok” atau pikiran ngalor-ngidul lainnya..

    Semoga mereka terbuka hatinya (amin) dan bisa berpakaian yang lebih sopan lagi (lebih tepat, sesuai ajaran Islam)..🙂

    Wassalam..

  70. Mas Bambang says:

    Gregeten, bingung, gak habis pikir, sakligus bergairah lihat wanita remaja bahkan ibu-ibu pake jilbab tapi sexinya amit-amit. Kepala tertutup krudung. Bawahannya pake LEJING sangat ketat persis baju senam aerobik. Menampakkan sangat jelas lekuk paha dan pantatnya.
    Ini maksudnya gimana yah???.
    Apa gak pernah ngaji? Apa suaminya gak negur? Apa cuma buat gaya? Apa sangking GUOBLOGNYA???
    Kalaupun gatau, gapernah ngaji ataupun sangat goblog, yah tentunya wanita kan pasti punya NALURI dan URAT MALU.
    Tapi ini kok enjau aja. LEJING kan termasuk PAKAIAN DALAM, kok dipakai utu LUARAN???? udah gitu dipadu dengan JILBAB.
    Bikin gregeten aja, URAT MALU SUDAH PADA PUTUS ! ! !
    Gimana kalo kita bikin selebaran/brosur dan kita bagi-bagikan di tempat ramai spt mol dan pasar kususnya utk wanita yg sudah berjilbab agar mengkoreksi jilbabnya lagi.
    INI URUSAN GAWAT DAN BISA MERUSAK CITRA ISLAM.

  71. Ifada Fadlilah Putri says:

    semoga bukan sma muha deh, amin… *mendoakan almamater*

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s