phonePernah menerima telephone tanpa nomor? Hanya mucul tulisan ‘unknown’ atau ‘witheld’? What do you feel? Kesal? Marah? Atau bahkan penasaran? Mungkin saat kita sedang dalam kondisi normal, telephone seperti ini tidak akan terlalu mengganggu. Tapiiiii…jika anda sedang sibuk-sibuknya kerja, sedang menanti telephone penting, hal ini akan sangat mengganggu dan bahkan mungkin memancing emosi untuk naik.

Fasilitas untuk ‘menyembunyikan’ nomor ini memang disediakan oleh beberapa provider telephone sellular. Saya jadi berpikir…’apa manfaatnya memberikan fasilitas ini?’ . Ada yang tau alas an dibalik penyediaan fasilitas ini? Kenapa kita perlu menyembunyikan nomor telephone kita? Akhirnya jadilah saya berpikir sedikit negative, orang-orang yang memanfaatkan fasilitas ini seringkali menggunakannya untuk iseng mengganggu orang lain atau lebih parahnya digunakan untuk meneror.

Dalam pikiran sederhana saya, kalau kita mau menelpon dengan tujuan baik, tentunya kita ingin nomor kita diketahui oleh si penerima telephone, jadi tidak akan dianggap telephone iseng. Apa yang dikhawatirkan sehingga harus menyembunyikan nomor HP? Takut disadap? Takut dipublikasikan? Takut ditelp balik? (bukannya harusnya bersyukur kalau ditelp balik?🙄 ). Teman-teman sekalian ada yang pernah memakai fasilitas ini? Kalau ada, boleh saya tau apa alasannya? Kalau boleh loh yaaaaa:mrgreen: .

Pic was taken from here

About 1nd1r4

Kuhabiskan masa kecil hingga dewasa di Bali, the Island of Paradise....hidup dengan mengikuti alir yang ditentukan yang Maha Kuasa...what I want is just TO BE HAPPY!

55 responses »

  1. Muzda says:

    Gak pernah Mb’ In …
    Selain karna aku gak mau make, dan gak nemu alasan bagus kenapa harus begitu .. juga karna provider telponku gak menyediakan fasilitas itu..
    hehee😀

    –> sama dunk da, ga pernah pake plus provider telp yg aq pake ga menyediakan fasilitas ini….

  2. dafhy says:

    saya juga heran mbak. apa memang disengaja diciptakan untuk fasilitas yang tidak-tidak ya

    –> makanya itu saya penasaran apa sich kegunaan fasilitas ini sebenarnya…

  3. ifoel says:

    hehehe.. kebetulan aku hanya pakai telkomsel. dan tsel nga menyediakan fasilitas ini….🙂 iya ya..?? bingung juga akan fungsi fasilitas ini cos pernah dapat telpon yang kayak gini….

    –> tuhh kan…bang ifoel juga bingung apa fungsi fasilitas ini….🙄

  4. hedi says:

    Aku mengalaminya ……..
    Banyak alasan kenapa ” menyembunyikan ” nomornya
    hanya penelphone yang tahu alasannya apa …
    dan sangat menggangu ….. dengan adanya ” withheld ”
    apalagi ” orang ” yang hanya iseng atau neror
    lebih pantas disebut …. ” PENGECUT ATAU PECUNDANG ”
    Makasih mba iin atas tulisannya pas banget neh ……

    –> wah kebetulan banget yah….emang seperti pengecut tuh kalau telp tapi no-nya disembunyiin

  5. fanz says:

    huehueheu
    saya sering tuh pake private number
    biasanya buat ngerjain temen pas lagi kuliah😆

    –> tuh kan dipake iseng…bandel😡

  6. piepiet says:

    hai Mbk Indira..🙂
    kl pake fasilitas ini sich aq g pernah..
    tapi kl mengalaminya lumayan sering😦
    kl menurut ku sich
    orang yg nyembunyiin no tlp tuh pasti mo ngisengin kita
    jd kita g bisa telp balik..

    –> hi jg piet, itu dia…orang iseng nyebelin banget ga sich….😡

  7. walau no saya bisa memakai fasilitas hide number
    tapi tidak terlintas untuk memakai fasilitas tersebut
    nga ada kerjaan, mending nelephone pacar ya nga mba in ?😆

    –> bagus deh kalau gitu…benerrrrr…mending buat telp pacar😀

  8. geRrilyawan says:

    nggak pernah…dan nggak habis pikir buat apa sih orang nyembunyiin no-nya…
    ya iseng adalah jawaban pertama yang terlintas…
    maap buat yang suka nyembunyiin no.nya.

    –> tuh kan pada bingung…..menurut aku juga karena iseng-lah orang menggunkan fasiitas ini

  9. bocahbancar says:

    Aku ga pernah no number lowh Mbak…

    Lha numb, nya sampeyan soalnya saya ga tau he he he……

    –> nah kalau tau apa mau pake hide number????

  10. Ikkyu_san says:

    kalau dari luar negeri biasanya tertulis unidentified number. Kalau di HP aku biasanya telepon tak bernomor itu dari rumahan. Karena telepon rumahan di sini memang dari sononya diset tidak keluar nomornya. Kadang orang lupa untuk mereleasenya. Ini berkenaan dengan UU privacy protection. Nanti aku tulis deh tentang ini huh menyebalkan sekali!

    EM

    –> kalau telp dari luar negeri memang biasanya ga keluar nomornya mbak, cuma kalau lagi di Indonesia tuh….mengganggu banget yg kaya gini, apalagi kalau diem aja ga ngomong….seperti neror kan😦

  11. guskar says:

    saya tidak pernah menggunakan fasilitas itu. dengan menyembunyikan nomor, kok saya berpendapat hal itu seperti tidak menghargai relasi/teman kita ya

    –> saya juga sependapat mas….

  12. kezedot says:

    kalau blue kagak perlulah makai seperti itu.
    selain nanti bikin rasa kesal yg kita telpon jadinya
    wong kalau nomor kita ada kan sekalian promosi ya nggak ya nggak………..

    salam hangat selalu

    –> mau promosi apa blue? promosi cari cewe:mrgreen:

  13. Hariez says:

    private number ga pernah pake tapi kalo di isengin sama yang pake private number paling sering..contohnya blue..hehehehe 😀

  14. galih says:

    saya juga sering…
    adakah cara atau tips untuk membongkar private number tersebut…

  15. dariman says:

    Mungkin begini…..

    Orang tersebut bisa saja hanya iseng.
    Orang tersebut bisa saja tipe orang yang suka bikin penasaran, atua penuh teka-teki.
    Orang tersebut bisa saja tipe orang yang tidak pede, dengan keberadaan atau identitas diri sendiri.
    Orang tersebut bisa saja Teroris….. he he he he…. tapi yang ini kayaknya ndak, deh…….

  16. easy says:

    aku dari dulu ga suka menyembunyikan no hp. kalo ada orang yang nelp dgn menyembunyikan nomor tetep aku terima sih… soalnya mereka kadang lupa mengembalikan keadaan hp seperti semula..

  17. achoey says:

    Saya gak pernah pake
    Soalnya gak niat mo ngisengin orang
    🙂

  18. komuter says:

    saya belum pernah pakai fasilitas ini,
    karena memang belum perlu mungkin,,,,,,
    kalaupun perlu… keperluannya apa, belum terpikirkan….

  19. ERU says:

    Nope, never.. & I hate that feature so much >_<
    sampe selalu ignore nomor-nomor ga jelas itue…

    Private-number n witheld adalah bentuk terorisme! wkwkwk

  20. mas stein says:

    beberapa hari yang lalu saya sempet beberapa kali dapet miskol yang make witheld itu, ndak sampe mengganggu untungnya, sehari paling cuma 2 kali. pernah saya make fasilitasnya, buat iseng aja.

  21. aku paling malas kalau ada calling number yg unknown gitu, dah gitu di call balik gak bisa, sialan…

  22. sof says:

    pernah, tapi pas buat telp, malah gak pernah diangkat. dikira siluman kali🙂

  23. wahyu says:

    Kl ada private number gk pernah tak angkat. Males, paling juga kerjaan org iseng. Dibiarin aja mbak In, cuekin…

  24. Ayam Cinta says:

    Bentar, emang in blom pernah pake id witheld sebelumnya?
    +tatapan curiga…..tapi tetep charming+

    Gw pernah, alasannya ya cuma satu itu
    Jail, tapi ga seru juga sech lama2

    Sebaliknya, gw sering di kaya gituin juga. Klo gw sech cuekin aja. Bahkan klo ada number yang ga ada di phonebook gw cuekin juga, sengaja ga di divert lumayan lah buat hiburan. Itung2 ada yang merhatiin kita, walo ga tau sapa.
    Seneng kan diperhatiin?
    Whehehehehe

  25. puputs says:

    klo gw ada yang pake no number kesel… n males

  26. chrysanti says:

    aku ga pernah abis aku ga suka digituin sih.. annoying abissh..

  27. ayay says:

    aku nggak pernah pake sih mba..tapi klo ngalamin diisengin ma nich fasilitas sering bangettttt…huuh nyebelin, klo yg ngisengin aku kenal sig nggak papa ini malah rese’ ngajak kenalan lah neror lah sebelll

  28. imuhamadi says:

    berkunjung lagi mbak..
    bener kata kawan2, alasannya cuman iseng..
    saya juga sering dapat yg kayak gitu

    tapi kayaknya karena yg suka isengnya banyak,
    provider itu ngasih fasilitas..

    sistem pasar yg berlaku mbak..!
    di mana ada demand, di situ ada supply…!

    (komen sok tau:mrgreen: , bener gak yah..!)

  29. jiwakelana says:

    Aku sering di hubungi no pribadi, tp aku gak mo angkat karna dgn aku yakin diisengin.
    Gak tau napa kok ada gsm yg nyediain fasilitas tsb, mungkin asal banyak program aja dari gsm.

  30. marshmallow says:

    aku juga sering dapat telepon yang private number gitu, in. dan rasanya emang kurang nyaman, karena tidak tahu siapa yang menelepon.

    tapi menurut pengakuan teman-teman yang menggunakan fasilitas ini, terkadang mereka begitu untuk mencegah telepon mereka tidak dijawab. biasanya lagi nih, itu karena si penerima telepon udah preempt alasan menelepon dan sengaja menghindari menjawab. penelepon pun jadi antisipasi balik. hehe… bingung deh. alasan paling banyak sih iseng atau berasa keren aja kalau nomornya tersembunyi.

    aku sendiri belum pernah pake fasilitas ini. belum tertarik, tapi mungkin suatu waktu ada juga masanya kuperlukan, misalnya kalau mau nagih hutang. huehehe…

  31. emmh
    saya tidak pernah menggunakan fasilitas ID-Witheld, meski operator dan fasilitas seluler yang saya pergunakan menyediakannya. first of all, saya tidak mau melakukan pekerjaan iseng dan kurang kerjaan seperti itu. kedua, itu hanya akan membuat orang yang kita hubungi dengan mode seperti itu malas mengangkatnya…

    dan kalau ada yang menghubungi saya dengan ‘stealth mode’ seperti itu saya tidak mau mengangkatnya

  32. malam jeung
    esok kita kita kumpul di taman dekat rumahmu lho
    salam hangat selalu
    mimpi indah ya malam malamnya selalu

  33. Irfan says:

    gak pernah nyoba dan gak pernah berminat mba in…
    hape + operator saya gak mendukung.

    suka eneg sendiri kalo dapet panggilan dari no witheld gitu!
    witheld? a.n.e.h!!

  34. kawanlama95 says:

    wah , kali orang iseng aja. itumah.oke .jangan di ambil hati

    mau liat kampungku datang ya.

  35. Ade says:

    Dulu sering banget ngalamin, secara saya punya toko online.. jadi yang nelpon biasanya baru nanya2 doang jadi pake private number. Mungkin takut ntar di follow-up kali yee klo ketauan nomornya ma saya..:mrgreen:

  36. hendri says:

    emang paling kesel dengan hal yang demikian… pernah sekali, pas tariff telp masih mahal dulu… aku jebak dengan me-vakuum kan suara, alhasil dia kena 3000perak karena baru nyadar kalo kejebak setelah 31 detik.. hahahhaha

  37. nino says:

    iya nih.. aku sering dapet kaya gitu.. mending telpon,, kalo cuma miskol??

    tapi aku maklumlah, banyak fans yang mau denger suara aku..hehehehe

  38. anny says:

    Aku gak akan pernah pake fasilitas ini Iin🙂
    Sebab aku pun suka kesal jika ada yg telp pake unknown number

  39. wi3nd says:

    serin9s ban9ed tuch ind..
    kesel ju9a seeh?!!👿
    semalem baru ajah n9alamin,..

    yan9 ada di otaks neeh dasar chicken beraninya pake witheld or privete number,jan9an berharap akan menelpon baliks karna ituh nda akan daku lakukan,aku kerjain ajah,daku oke tapi diem ajah nariks pulsanya😆

  40. blue selalu datang menyapamu, jeung
    salam hangat selalu

  41. karangsati says:

    namu dulu ah…
    dah lama nggak

    ~biasanya temen yg sering ngisengin saya dgn witheld~

  42. masnoer® says:

    saya paling males kalau ada yang kaya gitu mbak

    mendingan buat yang lain

  43. HumorBendol says:

    Pernah mbak.
    Saat jengkel pada seseorang
    hehe…
    setelah itu, nomore tak buang
    hehe…

  44. apa kabar mbak?
    biasanya punya maksud spt yang mbak paparkan, tapi bisa di detekx kok nomornya pake kode tertentu

  45. Tigis says:

    wah nomer2x begini nih In yg sempet bikin gue trauma nerima telpon. Soalnya ternyata ada yg kyknya sengaja salah sambung terus minta kenalan:mrgreen:

    tp sampe skrg andaikan ada nomernya pun tp ga gue kenal ga akan gue angkat:mrgreen:

  46. Sari says:

    iyaaaa..
    sebel banget kalo macem bgitu
    apalagi kalo begitu diangkat, trus dimatiin..

    telfon lagi pake ‘withheld’
    diangkat, dimatiin lagi..

    kalo udah sebel, langsung aku reject!!

  47. memang seputar itu mbak alasannya …
    yang jlas penelpon spt itu gak gentle
    dan suka menggunakannya untuk sesuatu yang negatif🙂

  48. frozzy says:

    fasilitas yang menurut saya useless, ga jelas fungsinya apa…
    saya sendiri ga pernah manfaatin fasilitas itu, karena memang ga ada di provider yang saya pake…*ato saya yang gaptek ? * hahahaha….

  49. biasanya ke orang baru pake fasilitas itu.. karena memang saya gak mau dia tau nomer saya🙂

    tapi kalo ada unknown no masuk.. saya gpp
    soalnya kalo temen2 dr luar tlp.. biasanya nomernya gak muncul.. bingung juga napa begitu

    jadi gak pernah berburuk sangka….🙂

  50. Huang says:

    Yaah.. ini aku datang lagi.. kemarin itu udah comment,, pas mau comment eh koneksinya dudut..

    hiihih..

    btw… belakangan neh emank suka dapet nomer gitu.. tapi gak usah diambil pusing… anggapa aja kita famous😀

  51. Maria says:

    Hehe, kalo aku make ‘Unknown’ biasanya sich tujuannya buat ngisengin orang itu aja. Sabar aja lah In…
    BTW berapa no kamu In, biar aku isengin juga. Hehe…

    –> wah ternyata selama ini kamu toh pelakunya mar???😡

  52. adit38 says:

    Pusing diteror seseorang atau private number?
    Coba tips disini nih:

    http://adit38.wordpress.com/2009/03/22/advance-call-manager-untuk-mengatasi-teror-telpon/#more-646

    Atau

    http://adit38.wordpress.com/2009/03/06/mengatasi-telpon-teror-termasuk-private-number/

    jika mau balas dendam, pake tips ini saja.

    http://adit38.wordpress.com/2009/04/01/bosan-diteror-tiap-hari-baca-ini/

    Emang nga ada kerjaan tuh mba …….. semoga bermanfaat

  53. zfly says:

    sorry In…, sangat lama tak mampir nih.🙂

    Udah banyak kececer postinganmu, tapi gpp yaa…

    Witheld? Owh, nomor tak dikenal kalo nelpon itu ya? Fasilitas gunanya yaaa… buat nelpon supaya nomernya gak ketahuan😀

    Hemm… dibanding manfaat, memang sih lebih banyak isengnya ketimbang manfaatnya. Palingan bermanfaat buat ngecek seseorang yang nelpon atau sms kita, sementara nomernya gak terekam di memory hape. gitu aja In.

Leave a Reply

