Time indeed flies quickly…Daanish sudah hampir 2 tahun lohhhh😀. “Sudah bisa apa aja, In?” Wuihhhh…………….bisa panjang nih daftarnya #emak mulai agak sombong nihhh#. Tapi yang pasti Daanish dah sukses bikin bundanya ngejar-ngejar setiap kali pintu gerbang rumah kebuka, sukses bikin bundanya mikir setiap hari “dimana lagi nih sandal dan sepatu hak tinggi kudu disembunyikan?”, sukses bikin bundanya sebal sekaligus ketawa dengan segala tingkahnya😀.

Sebenarnya anak-anak terlahir sebagai peniru sejati atau bahasa bulenya copycat. Kita tidak perlu bersusahpayah mengajarkan mereka untuk menjadi seperti kita karena jika sehari-hari mereka bergaul dengan kita, otomatis apa yang kita lakukan dan katakan akan menjadi penutan mereka. Jangan buru-buru marah atau menuduh orang lain jika kita mendengar si kecil mengucapkan kata-kata yang kurang pantas seperti makian/umpatan. Mungkin saja mereka mendengarnya dari papa atau mamanya. Jangan buru-buru menyalahkan tayangan televisi  jika tiba-tiba anda melihat si buah hati memukul teman mainnya. Bukan tidak mungkin salah satu dari ayah atau bundanya pernah melakukannya. Jadi berhati-hatilah pada apa yang anda ucapkan dan lakukan di hadapan anak-anak anda. Your home is your kid’s first classroom…di rumahlah anak-anak memperoleh pelajaran pertamanya tentang hidup…merangkak, berjalan, kata pertama..dll. Karena itu hiaslah rumah anda dengan senyum, tawa dan hal-hal baik agar pelajaran pertama anak anda juga baik. Ekspresi wajah adalah hal paling sederhana yang ditiru oleh seorang anak #untung bundanya Daanish suka senyum & ketawa#.

Nggak usah terlalu cemas ya bunda…copycat itu sudah alami terjadi pada anak-anak. Imitating (meniru) sebenarnya adalah dasar bagi anak untuk membangun komunikasi secara verbal, mengumpulkan kosa kata, mengembangkan kemampuan berbahasa, dan mengumpulkan social skills yang dibutuhkan untuk berinteraksi dengan yang lain. Anak-anak seperti sponge yang menyerap segala cairan, jadi mommy and daddy pastikan ya cairan yang diserap bukan tinner atau alkohol. Misalnya nih Daanish tiba-tiba abis makan angkat kaosnya ke atas trus usap-usap perutnya :D…ini sudah pasti abinya punya ajarannnn!!!! Begitu pula dengan geal geol pantatnya……..

Jangan pernah remehkan kemampuan anak anda. Daanish mungkin belum paham sepenuhnya apa yang dia dengar, tapi dia belajar dengan melihat, mendengar dan kemudian menirunya. Saya sendiri dibuat kagum saat Daanish paham instruksi saya yang meminta dia  membawa piring kotor ke dapur dan meletakkannya di tempat cuci piring, padahal ini termasuk instruksi yang melibatkan beberapa aktifitas. Daanish juga cepat sekali meniru ucapan. Walaupun belum sempurna dalam pengucapan dia sudah bisa mengatakan ayah, mama, maem, num (minum), atuh (jatuh), cucah (susah), aik (naik), akit (sakit), jan (hujan), asah (basah), kaka (kakak), aki (kaki), cicak, uku (kadang kuku kadang buat buku juga), dudu (duduk), ari (lari) …dll. Karena Daanish sering main sama anak-anak SD…dia juga suka Cherrybelle dan bisa bilang antik (cantik) dan cucok….😀.

Image diunduh dari sini

About 1nd1r4

Kuhabiskan masa kecil hingga dewasa di Bali, the Island of Paradise....hidup dengan mengikuti alir yang ditentukan yang Maha Kuasa...what I want is just TO BE HAPPY!

8 responses »

  1. Batavusqu says:

    Salam Takzim
    Biar deh copycat Asal jangan dijadikan sebagai plagiat aja bu
    Salam Takzim Batavusqu

  2. Itu dia, bunda..
    Makanya orang tua harus ngasih contoh bagus terus sama copycat kecilnya🙂

  3. yup itu udah lumrah manget utk anak2.. mereka belajar dr situ.. skrg tinggal kitanya aja sbg org tua yg harus lebih berhati2🙂

  4. komuter says:

    jadi pengen nambah lagih……

  5. jaka says:

    Salam Kenal Ya Untuk Semuanya..🙂

  6. Deny Gnasher says:

    Wah, sama dengan keponakan saya🙂

  7. linduaji says:

    pantesan anak saya susah bangun pagi….ternyata niru…..mamahnya…..hehehehee

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s