jalan-malioboro

Hari itu saya memutuskan untuk mencoba jalan kaki dan juga Trans Jogja, dan kebetulan ada yang mau menemani πŸ™‚ . Hari itu matahari bersinar terik sekali dan sukses meninggalkan belang berbentuk sandal jepit di kaki saya. Ternyata halte Trans Jogja jumlahnya masih terbatas dan jarak antara satu dengan lainnya lumayan jauh. Saya harus berjalan cukup jauh untuk mencapai halte terdekat.

Sampai di halte terdekat (dekat MM UGM), saya membayar Rp 3000 dan segera duduk manis dalam bis ber-AC yang tidak padat penumpang ini. Cukup nyaman kok dan apa karena di Jogja ya, mbak-mbak yang bertugas mengumumkan pemberhentian bis bersuara sangat halus nyaris tak terdengar :mrgreen: . Saya turun dekat Pasar Beringharjo yang merupakan pusat penjualan batik di Jogja ini. Masuk ke dalam pasar, mata saya langsung dibuat jereng oleh deretan baju batik manis imut nan murah. Murah? Yyups…cukup murah kalau anda pandai menawar dan bermodal sedikit bahasa Jawa. Baju yang dibandrol Rp 65.000, bisa ditawar sampai dengan Rp 25.000/30.000. Syukurlah nafsu belanja ini masih bisa dikendalikan dan saya hanya membawa pulang 1 potong pakaian πŸ˜€ .

Puas berkeliling di dalam pasar, saya memutuskan untuk melepaskan dahaga dengan menikmati segelas Es Dawet seharga Rp 2500. Berikutnya, karena waktu makan siang sudah tiba, saya dan teman seperjalanan saya memutuskan untuk menikmati Sego Pecel di depan pasar. Porsinya cukup besar dan sambel pecelnya lumayan nendang pedasnya (walaupun tak sepedas pecel Madiun). Cukup dengan Rp 15.000, saya dan teman bisa menyantap nasi pecel lengkap dengan lauk tahu, tempe dan sate telur puyuh (teman saya tambah juga loh). O ya, acara makan kami tambah nikmat karena diiringi nyanyian para pengamen jalanan yang cukup merdu.

es-dawet-segar

minum-es-dawet

pedagang-pecel

sayuran

tahu-tempe-dan-telur

seporsi-pecel

mari-makannnnnnnnnnnnn

Mumpung ada di Malioboro, sekalian saja kami membeli oleh-oleh. Bagaimana kalau naik becak? Dengan Rp 5000 (PP) kami bisa santai menikmati perjalanan. Di pusat penjualan oleh-oleh khas Jogja, kami membeli Bakpia Patuk yang dihargai Rp 15.000/kotak untuk bakpia biasa, dan Rp 21.000/kotak untuk bakpia rasa keju.

naik-becak

Sampai ketemu di perjalanan berikutnya πŸ™‚

About Indira Sari Paputungan

Aku adalah penjelajah bumi Allah. Menikmati dan mensyukuri semua yang Allah hadirkan ke dunia dan ke hidupku. Mencoba menjadi bermanfaat buat diri sendiri dan orang lain.

21 responses »

  1. anny says:

    Mmmmm…..kulinernya yummy nyam..nyam….
    hu..hu…lagi lagi kamu bikin aku ngiri sista πŸ™‚

    –> hehehe…tidak brmaksud bikin iri teh πŸ™‚

  2. hedi says:

    Sego Pecelnya makyos neh ……….
    Pengen ke jogja neh … ngiler ama sego pecelnya apalagi ama peyek tambah maknyos deh ……….
    Diantosan perjalanan berikutnya πŸ™‚

    –> memang maknyos sego pecelnya πŸ˜€

  3. yande says:

    wadoh,wadoooh, indira jalan-jalan terus neeeh… ngajak2 kek, wekeke… klo kesana lagi nitip blangkon ya

    –> hehehe…mengisi liburan de πŸ™‚ …waduh telat neh titipnya..dah balik ke Bali

  4. Retie says:

    mmmm tahu n tempe bacem + pecel nya pasar beringharjo yamyamyamyam enak tenan, es dawet…. uhhhh aduh mbak aku jadi pengen nich…. kalo sore jam 5an gitu di depan pasar beringharjo ada yang jual martabak telur uenak juga, cuma aku udah lama banget ga beli ngga tau dech masih jual di sana apa ga ya πŸ˜€

    –> waduh kok baru bilang sih, tau gitu sempatin deh nyicip martabaknya πŸ˜€

  5. Utami says:

    Kangen Jogja. Banget. Hiks… Baidewei, serius kamu cuma beli baju satu biji?

    –> seriusssssssssssssss…cuma 1….temennya yang banyak πŸ˜€

  6. nh18 says:

    Pasar Beringharjo …
    Pasar yang harus dijauhkan dari penglihatan Bunda …
    Bisa kalap dia disana …

    hehehe

    –> hhahahah….tenang om, saya aja bisa ga kalap..bunda pasti juga bisa πŸ˜€

  7. senoaji says:

    wahhh pinsan aku liat pecelnya… cezzzzzz….

    lam kenal

    –> jangan pinsan dunk…tar repot ngangkatnya πŸ˜€

  8. Vibhy says:

    Jadi pengen ke Jogja ^^
    Semua yang ada di Joga emang indah ya ^^

    –> ayo ke jogja πŸ™‚

  9. mikekono says:

    Malioboro memang sudah melegenda
    Yogya memang harus diakui
    kota yang mengesankan
    dan selalu membuat rindu….
    btw, kereeen juga bergaya di beca itu
    hehehe πŸ™‚

    –> hehehe….gaya dibecak yang penting ga nyaingin si abang becak πŸ˜€

  10. nirmana says:

    baru pertama kunjung langsung suka dengan blog ini, saya belum kenal indira tapi tebakanku anda ambil jurusan study pariwisata yah?

    eniwe, linkmu sudah saya tambahkan di blogku- linkback ya ya ya…

    –> sayang tebakannya salah…jurusan pendidikan bahasa Inggris πŸ˜€ . oke aku link back deh

  11. si Dion says:

    lanjuuutttt….
    sepertinya ni blog bakal jadi ‘Panduan Berwisata ke Jogja’, mba, heheee

    –> heheheheh πŸ™‚

  12. aliefte says:

    wahh.. wista kuliner neh critanya.. πŸ˜€

    btw lam kenal ya.. :

    –> wisata segala rupa πŸ™‚

  13. easy says:

    bewww… itu tempe bacemnya menggiurkan.

    dan pose di becak itu.. teuteup, narsis !
    wakakkaka…

    –> narsis forever πŸ™‚

  14. Lex dePraxis says:

    Es dawetnya keliatan segeeeer!

    –> suegerrrrrrrrrrrrr banget

  15. DYah says:

    ah..ah…ah…foto tempe bacem pecel dan oleh2 bakpia pathuknya…bikin berdecak2 nih. Sudah malam lho padahal!

    terakhir saya ke jogja…sudah lebih dari 20 tahun yll! Waaa….

    salam kenal yaaa…

  16. atmakusumah says:

    wah jogja, kota yang baru saja aku tinggalkan, kalau terkenang jogja jadi hiks hiks… :((

    –> jangan sedih dong….kan masih bisa kesana lagi πŸ™‚

  17. Tigis says:

    waduh pecelnya sedep bener In. Ngiler gue. Ga ada tuh yg kyk gitu di sini. Ternyata jogja bersih bener ya. Ga kyk batam.

    btw, itu becak kyknya ga akan muat kalo gue naekin In :mrgreen:

    –> tau gitu gw kirimin dari Jogja πŸ˜€ …. setuju git, gw kasian banget ama tukang becaknya kalau harus bawa loe sebagai penumpang…hahahah πŸ˜†

  18. wi3nd says:

    udah lama nda ke malioboro& pasarna ituh..

    hmmm..jadi laper neeh liat pecelna..
    bun9kus ind satu:)

  19. Maria says:

    In, temen yang nemenin kamu siapa hayooo…???
    Kenapa ga ada foto dia…???

  20. devimoth asli bali says:

    huuuu….. jdi kepengen kcana age nooght

  21. DaffaAndrian says:

    Ternyata ada pecel juga to..

Leave a comment